Cara Mengobati Cacar Air Secara Alami

Posted on

Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mengobati cacar air secara alami. Pada saat pergantian musim seringkali terjadi penurunan sistem imun yang menyebabkan tubuh rentan terhadap berbagai macam penyakit. Beberapa pengobatan secara alami dapat dilakukan di rumah. Pengobatan alami untuk cacar air bisa termasuk penggunaan baking soda, ketumbar, madu, daun nimba, oatmeal, garam Epsom, daun jarak, cuka gandum, dan minyak esensial cendana.

Cacar Air

Penyakit cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster, dan biasanya menyerang orang selama masa kanak-kanak, dan biasanya hanya terjadi satu kali dalam hidup sesorang. Cacar air awalnya berawal dari ruam kulit. Kemudian berkembang menjadi tanda kemerahan dan berair yang dapat menutupi sebagian besar area kulit. Biasanya, ruam dan bopeng terbatas pada tubuh dan kepala, tapi tidak jarang juga mempengaruhi anggota badan lainnya. Ruam bisa berlangsung dari beberapa hari sampai beberapa minggu. Namun pilihan pengobatan yang bermacam-macam mempengaruhi waktu proses pemulihan atau penyembuhan yang terjadi.

Salah satu aspek yang paling menonjol dari cacar air adalah sifat menularnya. Untuk alasan ini, sangat penting untuk mengarantina orang dengan cacar air agar virus tidak mudah menyebar. Seperti disebutkan sebelumnya, virus ini biasanya dialami di usia muda. Jarang bagi orang dewasa mengalami penyakit ini kecuali dalam keadaan imun tubuh yang sangat rendah. Kali ini akan dibahas mengenai cara mengobati cacar air secara alami, yang bisa diterapkan di rumah.

Cara Mengobati Cacar Air Secara Alami

1. Baking Soda

Salah satu solusi yang paling populer untuk cacar air adalah penggunaan baking soda. Baking soda yang dicampur dengan air akan berubah menjadi sejenis pasta. Tanpa kita sadari ternyata baking soda merupakan salah satu cara mengobati cacar air secara alami yang ampuh dan dapat diterapkan di rumah. Pasta dari baking soda ini bisa dioleskan ke kulit lalu dibiarkan mengering. Komponen aktif baking soda mengurangi gatal dan rasa sakit pada kulit yang melepuh dan dapat membantu mencegah goresan berlebihan, yang memperpanjang proses penyembuhan dan dapat menyebabkan jaringan parut pada kulit yang kemerahan dan berair.

2. Ketumbar

Salah satu pengobatan tradisional herbal yang banyak sekali dapat anda temui di rumah termasuk ketumbar, karena dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Tanpa kita sadari, ketumbar bisa menjadi salah satu cara mengobati cacar air secara alami yang dapat dengan mudah kita dapatkan. Ketumbar dapat dijadikan ramuan yang sangat kuat dengan banyak senyawa organik yang bermanfaat. Sup ketumbar dan wortel sering dipandang sebagai obat cacar air standar di banyak negara, salah satunya di Indonesia.

3. Madu

Sifat manis dan lengket dari madu tidak hanya sekedar enak tetapi juga bermanfaat bagi tubuh. Madu kaya akan senyawa alami yang secara aktif mengurangi peradangan dan iritasi. Selain itu, madu bersifat antibakteri, sehingga bisa membantu melindungi seseorang yang menderita cacar air dari infeksi sekunder yang sering terjadi jika orang menggaruknya. Madu bisa dioleskan langsung daerah tubuh yang terkena cacar air dan kemudian bisa dibasuh dengan air setelah ditunggu untuk beberapa saat. Tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan efek menguntungkan dari madu, untuk itu madu cocok dimasukkan dalam mengobati cacar air secara alami di rumah.

4. Mandi Oatmeal

Mandi oatmeal mungkin terdengar lucu dan tidak biasa untuk dilakukan di Indonesia. Namun ternyata mandi dengan Oatmel merupakah salah satu cara ampuh mengobati cacar air secara alami di rumah. Pengobatan cacar air secara klasik ini menggunakan oatmel yaitu merupakan sejenis makanan pengganti yang sangat digandrungi oleh orang barat. Sifat menenangkan bak mandi yang diisi penuh dengan oatmeal dan air secara misterius dapat mengurangi iritasi dan mempercepat proses penyembuhan cacar air. Hal ini mungkin tampak sedikit aneh, tapi ini adalah obat yang teruji dan benar untuk menghilangkan cacar air. Anda patut untuk mencobanya.

5. Daun Neem

Daun neem atau nimba sering dianggap sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada budaya timur. Salah satunya daun nimba dapat digunakan untuk mengobati cacar air secara alami. Membuat pasta daun nimba sangat mudah yaitu dengan menggiling daun nimba yang dicampur dengan air yang kemudian dapat dioleskan secara topikal ke daerah yang terinfeksi. Tidak hanya itu anda juga dapat memasukkan daun nimba ke dalam bak mandi yang kemudin dibiarkan meresap. Air mandi ini sangat ideal untuk mengobati cacar air ketika kondisi ruam dan kemerahan membaik membaik. Daun nimba dapat memastikan bahwa tidak akan ada bekas luka pada area yang teriritasi dan membuat tubuh sembuh dengan lebih cepat.

6. Garam Epsom

Mengisi bathtub dengan air dan garam epsom dapat berhasil mengeringkan bekas cacar pada tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Rendam tubuh anda dengan garam Epsom yang ada dalam bak mandi selama kurang lebih 20-30 menit, kemudian anda dapat keluar dari bak mandi anda. Tepuk lembut tubuh anda sampai kering dan jangan dengan cara mengelap, yang bisa membuat kulit iritasi atau lecet. Garam Epsom akan mengeringkan kulit, sehingga mengurangi gatal dan radang yang disebabkan oleh cacr air dan termasuk dalam salah satu cara mengobati cacar air secara alami di rumah.

7. Daun Jarak

Siapa sangka bahwa daun jarak dapat juga digunakan sebagai salah satu pengobatan herbal untuk mengobati cacar air secara alami. Ambil daun jarak sebanyak kurang lebih 5 hingga 8 lembar daun, kemudian rebus daun jarak tersebut selama 10 hingga 15 menit. Ramuan daun jarak yang sudah jadi tersebut, dapat dituangkan ke dalam bak mandi dan dapat digunakan untuk membasuh tubuh yang terkena cacar air dan dapat membantu mengurangi kemerahan dan membantu agar cepat sembuh.

8. Cuka Gandum

Mungkin cuka gandum terdengar asing di telinga orang Indonesia, tetapi ternyata memiliki khasiat dan termasuk dalam salah satu cara mengobati cacar air secara alami di rumah. Cuka gandum dapat digunakan sebagai obat untuk meringankan iritasi kulit dan jaringan parut yang sering terjadi pada orang yang terkena cacar air. Cara penggunaan Cuka Gandum dalam mengobati cacar air sangat mudah yaitu dengan mencampur cuka gandum pada air hangat yang digunakan untuk mandi. Anda dapat berendam selama 10 hingga 15 menit, kemudian keringkan tubuh anda dengan cara ditepuk halus dan tidak dengan mengelap. Hal ini akan membantu mengurangi iritasi kulit.

9. Minyak Cendana

Pernah dengar minyak cendana? Minyak cendana merupakan salah satu pengobatan herbal yang dapat digunakan sebagai cara mengobati cacar air secara alami di rumah. Minyak Cendana memiliki sebuah senyawa yang mengandung antiseptik dan antiinflamasi. Bekas Luka yang timbul pada cacar air akan memudar ketika anda menggunakan minyak cendana. Campurkan minyak cendana murni dengan satu sendok the minyak sayur dan oleskan ke bagian tubuh yang terken cacar dan ruam. Lakukan hal tersebut berulang hingga bekas luka yang ada kering.

Berikut merupakan beberapa cara mengobati cacar air secara alami di rumah. Mulai dari sekarang, jangan takut apabila ada anggota keluarga yang terkena cacar air , karena ternyata beberapa obat alami dapat ditemukan dengan mudah di rumah, Selamat mencoba.

Terima kasih telah membaca artikel tentang mandi air garam untuk sakit cacar. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *