Cara Kerja Ginjal Pada Tubuh Manusia

Posted on

WikiSehat.com – Cara kerja ginjal secara singkat setidaknya menjadi hal yang harus dan wajib diketahui oleh semua orang. Ginjal merupakan bagian dari organ tubuh yang sangat penting. Ginjal memberikan sumbangsih yang cukup besar bagi kesehatan tubuh. Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk membantu proses ekskresi dalam tubuh. Di dalam tubuh kita, ginjal berfungsi sebagai tempat penyaringan sari-sari makanan. Banyak sekali orang-orang yang tidak tahu menau tentang ginjal dan fungsinya serta kondisi ginjal yang harus kita perhatikan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi singkat dari cara kerja ginjal, anda bisa memulainya dengan memperhatikan artikel ini, karena kami akan membahas tentang topik ini.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]
Cara kerja ginjal
Letak Ginjal Pada Tubuh Manusia

Cara Kerja Ginjal Pada Tubuh Manusia

Ginjal merupakan bagan dari sistem ekskresi pada tubuh manusia. Untuk itu, organ ini memiliki peranan yang besar dalam menjaga keseimbangan tubuh manusia. Seperti yang kita ketahui, bahwa ginjal manusia terdiri dari sepasang ginjal; ginjal kiri dan ginjal kanan. Dengan berat sekitar 150 gram, ginjal yang manusia miliki ini tersusun oleh jutaan nefron atau yang bisa kita kenal sebagai penyaring kecil yang ada terhadap ginjal.

Cara kerja ginjal
Cara kerja ginjal

Ginjal Sebagai Penyaring Darah Dari Sisa Metabolisme

Kita semua pasti tahu bahwa ginjal memiliki fungsi utama yaitu sebagai penyaring darah. Darah yang disaring di sini yaitu darah sisa dari proses sebelumnya, yaitu proses metabolisme.Cara kerja ginjal secara singkat dimulai dari darah yang merupakan sisa dari proses metabolisme masuk ke dalam ginjal melalui pembuluh darah nadi, setelah itu, darah diproses melalui nefron atau yang kita sebut sebagai penyaring kecil ginjal. Setelah itu, simpai bowman dalam nefron lah yang menyaring darah tersebut kemudian menjadi urin sebagai bentuk dari sisa ekskresi manusia.

Ada Beberapa Zat Dalam Darah Yang Tidak Bisa Di Saring Oleh Ginjal

Ada zat-zat yang tidak dapat disaring oleh ginjal secara keseluruhan. Cara kerja ginjal secara singkat tersebut memang hanya menjelaskan bagaimana darah masuk ke ginjal kemudian ginjal bekerja untuk menyaring darah tersebut. Tetapi kita juga perlu ingat bahwa kita pasti tahu bahwa tidak semu zat bisa disaring oleh ginjal dengan lancarnya. Ada zat-zat tertentu yang bisa berbahaya bagi tubuh kita jika ginjal tidak bisa menyaring bahan-bahan tersebut. Untuk itu, kita perlu waspada dan perhatian terhadap apa yang kita konsumsi sehari-hari.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Penyebab Seringnya Ginjal Rusak Oleh Beberapa Makanan

Cara menjaga kesehatan ginjal pada tubuh kita tentu saja dimulai dari apa yang menjadi asupan makanan dan minuman kita dalam keseharian. Jangan memakan makanan yang mengandung zat yang tidak bisa disaring begitu saja oleh ginjal, karena itu bisa marusak ginjal atau dengan kata lain juga akan membahayakan tubuh kita sendiri. Beberapa hal yang membahayakan Fungsi Ginjal:

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi Pewarna Makanan
  2. Terlalu banyak mengkonsumsi soda yang mengakibatkan terkikisnya kalsium tulang dan hasil dari pengikisan tulang tersebut mengendap di dalam ginjal, jika sudah terlalu lama maka akan membuat ginjal mampet dan fungsi ginjal menurun.
  3. Kafein yang berlebihan, beberapa kasus gagal ginjal juga disebabkan oleh minum kopi yang dimana kopi tersebut terlalu banyak mengandung kafein.
  4. Terlalu banyak mengkonsumsi gula, gula yang terlalu banyak di konsumsi tidak hanya bahaya untuk ginjal, namun juga bahaya untuk organ lainnya seperti jantung dan otak.
  5. Terlalu sering minum obat, hal ini terjadi kepada pasien sakit jantung, obat untuk sakit jantung sangat banyak sewaktu di resepkan, dan tidak jarang orang yang rutin minum obat banyak untuk jantung juga pada akhirnya mengalami gagal ginjal, hal ini karena terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa ada zat-zat yang tidak bisa tersaring dengan baik oleh ginjal sebaiknya jarang dikonsumsi. Cara kerja ginjal secara singkat tersebut di atas memberikan kemungkinan bahwa zat-zat tersebut bisa berbahaya bagi tubuh kita jika kita tidak mengkonsumsi makanan yang sehat. Untuk itu, kita tentu saja telah mengenal beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan ginjal, seperti contohnya batu ginjal. Untuk menghindari penyakit semacam itu, tentu kita harus menjaga pola makan kita, bukan?

Harga Cuci Darah Mahal Ketika Sudah Kena Gagal Ginjal

Cuci darah penderita gagal ginjal bisa sangat mahal, untuk sekarang kurang lebih Rp500.000 – Rp1000.000 untuk sekali cuci darah, dan itu dilakukan seminggu sekali atau paling sering seminggu 2 kali. Jadi lebih baik merawat ginjal jika anda memang tidak ingin kesulitan dalam hidup anda. Gejala Penyakit Ginjal dan Cara Pengobatannya

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang ginjal dan juga kinerjanya bagi tubuh manusia. Jika kita perhatikan, ginjal memiliki peranan yang begitu vital dalam tubuh manusia. Untuk itu, ginjal sangatlah penting untuk dijaga. Ya, kesehatan ginjal bukalah sesuatu yang bisa dipermainkan. Kita harus bisa menjaga kesehatan ginjal kita demi tubuh kita sendiri. Setelah mengetahui cara kerja ginjal secara singkat dan beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gagal ginjal, diharapkan kita bisa menjaga setia asupan yang kita makan demi kesehatan kita sendiri.

Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara kerja ginjal, kerja ginjal. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.