Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Posted on

Apa manfaat dari Aloe vera? Sepertinya tidak sedikit orang yang sudah tau jika aloe vera atau lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Maka dari itu di dalam artikel ini akan dibahas mengenai manfaat lidah buaya untuk kecantikan. Salah satu produk kecantikaan korea dan sangat terkenal di tahun ini mengatakan bahwa jika salah satu produknya  mengandung hingga 99% aloe vera dan memiliki banyak sekali manfaat. Selain untuk kecantikan, konsumsi dari lidah buaya juga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.  Jika kalian ingin melakukan perawatanan kecantikan secara alami, kalian harus  mengetahui secara detail manfaat lidah buaya untuk kecantikan sehingga kalian bisa menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar utamanya. Berikut ini adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan yang wajib diketahui, antara lain:

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Manfaat-Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

1. Melembabkan dan mencerahkan wajah

Bagi para wanita, kulit kusam menjadi satu satu masalah yang bisa dibilang sangat mengganggu penampilan mereka. Mereka yakin, modal terbesar jika ingin memiliki penampilan yang menarik yaitu kulit yang cerah. Kandungan vitamin A dan E pada lidah buaya dapat menjadikan kulit wajah menjadi lebih cerah. Kehadiran senyawa alami tertentu seperti auksin dan gibberpel juga memberikan solusi efektif untuk mengurangi noda pada wajah yang tentu sangat mengganggu penampilan. Aplikasi biasa dari scrub wajah aloe vera buatan sendiri bisa membantu kalian untuk mengatasi beberapa kondisi kulit seperti noda atau kulit kusam yang disebabkan oleh tumpukan sel kulit mati. Kandungan lain seperti lignin yang ada pada lidah buaya juga dapat membantu melembabkan kulit wajah. Salain itu, kandungan tersebut juga dapat menjaga elastitas kulit dan mencegah terjadinya alergi kulit. Untuk itu melembabkan dan mencerahkan wajah merupakan salah satu manfaat hebat lidah buaya untuk kecantikan.

2. Mengobati dan mengurangi bekas jerawat

Adanya sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang ditemukan di dalam lidah buaya ternyata efektif untuk mengobati jerawat. Lidah buaya juga mengandung polisakarida dan zat auksin yang bisa mempercepat penyembuhan jerawat, serta kandunan vitamin C yang akan memastikan persediaan kolagen sehingga tidak ada bekas luka yang harus dikhawatirkan. Selain itu, kandungan saponin dan astrigent yang ada pada lendir lidah buaya memiliki fungsi antibakteri dan mampu menyerap timbunan lemak sehingga dapat mengindari tumbuhnya jerawat dan komedo di wajah. Manfaat hebat lidah buaya untuk kecantikan pada kondisi wajah berjerawat tentu bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin kemudahan di rumah.

3. Mencegah penuaan dini

Manfaat hebat lidah buaya untuk kecantikan yang lain adalah untuk mencegah penuaan dini. Lidah buaya atau aloe vera merupakan sumber vitamin C dan vitamin E. Kedua vitamin tersebut sangat disukai oleh kulit. Ini akan memberikan nutrisi pada kulit,  yang mana selain bisa meningkatkan kecerahan wajah juga dapat membantu menghambat munculnya garis-garis halus dan keriput di wajah. Sehingga wajah kalian akan terlihat lebih muda tanpa garis-garis halus diwajah.

4. Penyegar alami

Jika kalian biasa menggunakan kosmetik untuk menyegarkan kulit wajah, tidak ada salahnya jika kalian mencoba menggunakan aloe vera sebagai bahan alternatif penyegar wajah. Caranya mudah, kalian hanya memarut daging lidah buaya terseut lalu mengoleskannya pada wajah dan mendiamkan sekitar 10 menit sebelum di bilas. Selain memberikan rasa dingin nan alami, parutan kulit lidah buaya tidak hanya juga dapat  menutrisi kulit secara alami dan tanpa efek samping. Kandungan asam amino dan antrakuinon yang dimiliki juga memiliki manfaat untuk kecantikan yang berfungsi sebagai akselerator regenerasi sel kulit dengan sendirinya. Sehingga kulit akan tampak segar dan sehat karena sel-sel kulit mati akan terangkat dan proses regenerasi berjalan lancar. Beberapa poduk penyegar di pasaran banyak yang berasal dari aloe vera sebagai bahan utamanya tak salah jika hal tersebut dijadikan sebagai manfaat hebat lidah buaya untuk kecantikan.

5. Make up remover

Apa itu make up remover? Sambil belajar bahasa Inggris, istilah make up remover adalah penghapus atau pembersih sisa makeup di wajah. Apabila selama ini kalian biasa menggunakan produk kecantikan berbahan dasar kimia, kali ini kalian bisa mencoba menggunakan aloe vera. Gunakan sendiri atau kalian juga bisa mencampurkan lidah buaya dengan minyak kelapa, setelah itu ambil dan oleskan diwajah kemudian ambil kapas untuk membersihkan makeup. Sangat praktis dan tentu saja mudah dan alami bukan.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

6. Mengatasi sunburn

Manfaat hebat lidah buaya untuk kecantikan salah satunya yaitu mengatasi kulit yang terbakar akibat matahari. Cara yang bisa dilakukan untuk mengobati sengatan matahari yaitu dengan menjaga kulit tetap lembab. Lidah buaya mengandung banyak air yang dapat membantu kalian untuk melembabkan kulit. Sementara sifat anti inflamasi yang ditemukan di lidah buaya akan membantu mengobati lapisan kulit dan antioksidan akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Namun kalian juga harus tau, meskipun lidah buaya dapat mengobati sengatan matahari bukan berarti lidah buaya mampu mencegah kulit kalian terbakar. Mengoleskan lidah buaya ke kulit di bawah paparan sinar matahari secara langsung dapat meningkatkan risiko sengatan matahari.

7. Meningkatkan pertumbuhan rambut sehat

Rambut merupakan mahkota dari seorang wanita yang mampu menunjang penampilan mereka agar terlihat lebih cantik. Memiliki rambut yang lebat merupakan dambaan setiap orang. Ada banyak orang di luar sana yang menyatakan bahwa lidah buaya bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat, meski tidak ada bukti ilmiah untuk membuktikan pernyataan itu. Namun, ada banyak penelitian juga yang telah membuktikan seberapa efektif lidah buaya dalam mempromosikan pertumbuhan rambut yang lebih sehat karena beberapa sifat seperti vitamin B12 dan asam folat.

8. Kondisioner natural rambut

Vitamin A, vitamin C dan E adalah alasan mengapa aloe vera merupakan solusi terbaik untuk rambut mengkilap dan rambut lembut. Itulah sebabnya lidah buaya adalah kondisioner rambut alami yang bisa kalian pakai untuk menyehatkan rambut dan pada saat bersamaan juga menjaga kesehatan dan kebersihan kulit kepala. Penambahan aloe vera pada produk kondisioner rambut merupakan salah satu manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

Kalian pasti sudah tahu jika lidah buaya memiliki banyak kandungan alami yang sangat bagus untuk kulit dan rambut. Namun, itu semua juga tergantung bagaimana kalian menggunakannya. Kalian juga bisa mencampurkan atau menambahkannya dengan bahan alami lainnya seperti minyak zaitun untuk meningkatkan kemampuannya. Berikut merupakan cara membuat masker lidah buaya yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan manfaat kesehatan aloe vera untuk kecantikan.

Baca Juga : Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit

Scrub Wajah Aloe Vera

Bahan:

  • 1 sendok teh gel lidah buaya
  • ½ sendok teh minyak zaitun

Cara:

  • Campur semua bahan
  • Aduk hingga menjadi pasta
  • Aplikasikan ke wajah Anda dan biarkan selama 30 menit.
  • Bila wajah dengan air.

Scrub wajah buatan sendiri ini efektif untuk mengangkat sel kulit mati sehingga membantu mengurangi noda wajah serta membuat kulit tampak lebih segar.

Masker Rambut Lidah Buaya

Bahan:

  • 2 sendok makan gel lidah buaya
  • 1 sendok makan minyak jarak

Cara:

  • Campur semua bahan
  • Aduk bahan hingga menjadi halus
  • Aplikasikan pada kulit kepala selama ±20 menit
  • Bilas rambut dengan air hingga bersih

Perawatan rambut tersebut bisa membantu kalian untuk mengatasi beberapa kondisi rambut seperti rambut keriting hingga ketombe. Selanjutnya, campuran antara lidah buaya dan minyak jarak juga bagus untuk meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.

Itulah tadi beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan yang bisa kita dapatkan dari penggunaan aloe vera sehingga didapatkan kecantikan yang alami. Perlu diketahui juga, meskipun lidah buaya memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan, tetapi antara orang yang satu dengan yang lainnya berbeda kebutuhannya dan kemampuan kulitnya menerima penggunaan lidah buaya. Apabila ketika saat menggunakan aloe vera secara alami ternyata tidak cocok pada kulitnya maka anda dapat menghubungi dokter ahli untuk penanganan yang lebih spesifik. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.