Cara Mengobati Varises Secara Alami

Posted on

Untuk para wanita tentu saja penampilan adalah hal utama agar terlihat menarik di depan lawan jenis. Tentu saja guratan-guratan seperti varises pada kaki akan menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan untuk dipandang. Di bawah ini terdapat beberapa cara mengobati varises secara alami yang paling efektif dan mudah untuk dilakukan di rumah seperti, penggunaan minyak zaitun, bawang putih, cabe rawit, cuka sari apel, witch hazel, peterseli, kastanye kuda, minyak biji anggur, kulit pinus, marigold, dan berbagai macam perubahan gaya hidup.

Pembuluh Mekar atau Varises

Varises sendiri merupakan salah satu bentuk vena yang sering terlihat dan berwarna biru yang sangat tidak enak dipandang mata. Sering kali varises ditemukan di kaki, yang telah menjadi bengkok atau membesar, mencegah aliran darah yang tepat ke ekstremitas dan memaksa sistem kardiovaskular Anda bekerja lebih keras untuk mencapai aliran darah searah yang tepat. Seiring bertambahnya usia, atau jika mereka memiliki profesi yang membuat mereka bertahan dalam jangka waktu yang lama, pembuluh darah seringkali menjadi tidak teratur, dan peredaran darah searah menjadi tidak normal. Ketika darah mulai mengalir ke arah yang berlawanan, hal itu akan sangat menyakitkan, ketika seseorang berdiri atau tidak.

Varises jarang mengakibatkan komplikasi yang mengancam jiwa. Namun masih dapat bermanifestasi dalam bentuk pembengkakan kaki, edema, eksema vena, penebalan kulit, dan simpul vena yang terlihat di kaki atau daerah yang terkena. Sementara penderitaan ini paling sering mempengaruhi kaki, karena di situlah tubuh harus bekerja paling keras untuk mengatasi gravitasi dan memompa darah kembali ke dada, hal itu juga bisa terjadi pada bagian tubuh yang lain.

Gejala varises meliputi kaki yang sakit, pergelangan kaki atau lutut bengkak, kelelahan yang tidak dapat dijelaskan di kaki, waktu penyembuhan yang lambat pada luka kecil atau luka pada kaki, kram, dan perubahan warna kulit atau iritasi pada betis atau kaki. Jika Anda yakin bahwa Anda menderita varises, ada beberapa perawatan di rumah sakit yang dapat meringankan beberapa gejala, namun ini seringkali hanya bersifat sementara dan mahal. Bagi orang yang takut akan operasi, sebagai gantinya mereka akan memilih pengobatan secara alami. Puluhan pengobatan herbal telah dikembangkan, diuji, dan dapat diandalkan selama bertahun-tahun untuk menghilangkan varises, mengobati gejalanya, atau mengendalikannya dengan cara yang sehat dan efektif. Di bawah ini akan dibahas cara mengobati varises secara alami yang mungkin dapat kita aplikasikan di rumah.

Cara Mengobati Varises Secara Alami

Cara Mengobati Varises Secara Alami

1. Biji Kastanye

Mungkin biji kastanye sangat jarang ditemui di Indonesia. Padahal ekstrak dari biji kastanye dianggap sangat efektif melawan varises, karena biji kastanye bersifat astringent dan mengandung senyawa kuat yang disebut aescin, yang menghambat enzim destruktif yang merusak dinding kapiler. Pasien yang menderita varises dapat mengalami pengurangan pembengkakan dan nyeri saat ekstrak dikonsumsi. Namun, hanya ekstrak yang bisa dikonsumsi, karena biji kastanye mentah mengandung senyawa lain yang sebenarnya beracun. Karena khasiatnya untuk itu konsumsi biji kastanye termasuk dalam salah satu cara mengobati varises secara alami.

2. Grapeseed Oil

Grapeseed oil adalah jenis minyak alami yang sangat kuat yang telah lama digunakan untuk meredakan peradangan dan nyeri otot saat dioleskan dengan cara topikal. Ekstrak biji anggur juga bisa dikonsumsi, karena rasanya yang tidak enak seringkali membuat orang lebih memilih minyak topical sebagai pilihan utama pemakaian. Proantosianida yang terkandung dalam minyak dapat memperkuat dinding kapiler, menahan degradasi, sekaligus mengurangi peradangan dan bahkan mendorong aliran darah sehat ke ekstremitas. Ekstrak biji anggur ini juga termasuk cara mengobati varises secara alami.

3. Marigold

Marigold merupakan salah satu bunga yang sangat terkenal di India, kaya akan senyawa antioksidan dan vitamin C, yang keduanya sangat penting untuk melindungi kulit dan menjaga kesehatan serta kekuatan pembuluh darah dan kapiler. Anda bisa makan kelopak bunga marigold secara langsung. Tetapi ada cara lain yang lebih dianggap efektif yaitu mendidihkan kelopak bunga, kemudian celupkan kain panas ke dalam air matang. Hal ini dimaksudkan agar dapat menyerap bahan kimia yang bermanfaat yang dihasilkan dari kelopak bunga Marigold. Oleskan kain itu ke area yang terkena pada kaki anda yang mengalami pembengkakan berkurang. Tidak hanya itu Marigold dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit. Adanya proses transfer kolagen dapat membantu tubuh anda membangun kembali kapiler serta pembuluh darah yang rusak untuk mencegah penyebaran varises dari vena. Tidak heran Marigold menjadi salah satu cara mengobati varises secara alami.

4. Ekstrak Kulit Pinus

Senyawa proantosianid yang ditemukan dalam biji anggur juga ada pada kulit pohon pinus. Selain senyawa tersebut banyak senyawa unik lainnya ada dalam ekstrak kulit pinus yang membantu memperkuat dinding kapiler, mengikat kolagen ke pembuluh darah, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, bahkan dapat juga membantu menurunkan tekanan darah. Ekstrak kulit pinus banyak tersedia dan dapat digunakan dengan aman untuk jangka waktu yang lama jika masalah terus berlanjut. Tidak heran ekstrak kulit pinus termasuk dalam salah satu cara mengobati varises secara alami.

5. Peterseli

Ramuan umum ini adalah yang paling populer untuk varises karena mudah untuk ditemui. Tingkat vitamin C yang tinggi pada peterseli mendorong penciptaan kolase dan perbaikan pembuluh darah yang rusak. Rutin adalah senyawa organik kuat yang terdapat dalam peterseli dan secara langsung dapat mempengaruhi kekuatan kapiler. Peterseli juga dapat dijadikan sebagai ramuan kunci yang dapat ditambahkan ke makanan anda jika anda menderita varises dan termasuk salah satu cara mengobati varises secara alami.

6. Cuka Sari Apel

Dalam hal mengobati varises, mengonsumsi cuka sari apel telah terbukti mendetoksifikasi darah. Tidak hanya itu, cuka sari apel menetralkan peredaran darah dan mengurangi peradangan. Ketiga faktor ini bersama-sama menjadikannyaherbal yang ideal untuk kondisi vena varises. Anda dapat mencampur dua sendok teh cuka sari apel dalam segelas air dan meminumnya dua kali sehari. Anda juga bisa mencampurkan cuka sari apel yang tidak diencerkan dan dengan lotion badan dan mengaplikasikan ke area varises, dengan sedikit olesan halus. Ternyata hal itu sangat efektif dan termasuk salah satu cara mengobati varises secara alami.

7. Cabai Rawit

Siapa yang menyangka, si kecil pedas ini dapat digunakan sebagai salah satu obat untuk mengatasi varises. Bioflavonoid dan vitamin C yang ditemukan di cabe rawit mampu meningkatkan aliran darah sehat dan mengurangi rasa sakit pada sendi bengkak atau sakit pada otot kaki. Rasa sakit varises seringkali lebih buruk daripada penampilannya. Ternyata mengkonsumsi cabai rawit atau mengoleskannya secara topikal dapat membantu meringankan rasa sakit atau tidak nyaman tersebut. Maka dari itu cabai rawit termasuk dalam salah satu cara mengobati varises secara alami.

8. Minyak Zaitun

Seperti minyak ekstrak biji anggur, minyak zaitun mampu meningkatkan kesehatan Anda secara signifikan. Anda dapat menggosok minyak zaitun di daerah yang terkena dan membiarkan campuran kaya senyawa organik yang dapat menenangkan peradangan dan rasa sakit. Minyak zaitun dapat merangsang perbaikan kapiler dan pembuluh darah yang rusak atau terdegradasi. Minyak zaitun termasuk salah satu obat yang mudah ditemukan di Indonesia sehingga bisa menjadi salah satu cara mengobatii varises secara alami.

9. Bawang putih

Bawang putih dapat membantu mengurangi varises dan bisa memecah racun di dalam tubuh dan merangsang pelepasannya. Selain itu dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi sehat ke seluruh tubuh. Menambahkan bawang putih ke makanan secara teratur juga sangat disarankan. Tidak hanya itu coba oleskan bawang putih ke varises yang ada. Hal ini dapat digunakan guna mengurangi gurat-gurat varises yang mengganggu penampilan dan ketidaknyamanan.

10. Perubahan Gaya Hidup

Sejumlah kebiasaan gaya hidup dapat memperburuk varises, seperti lamanya anda menderita varises, adanya olahraga berat, kelebihan berat badan, kegemaran memakai sepatu hak tinggi, ataupun kebiasaan anda untuk duduk dalam jangka waktu yang lama tanpa menggerakkan kaki. Tidak hanya itu adanya kebiasaan hidup seperti konsumsi alkohol berlebih dan merokok dapat memperlambat sirkulasi darah ke tubuh. Sehingga adanya perubahan gaya hidup merupakan salah satu cara mengobati varises secara alami yang sangat disarankan untuk anda.

Semoga artikel cara mengobati varises secara alami ini sangat membantu anda dalam mengatasi rasa sakit. Juga meningkatkan rasa percaya diri anda akibat berbagai macam ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh varises. Semoga hal ini dapat membantu.

Terima kasih telah membaca artikel tentang kain agar kaki tidak kram. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *