Sering Nyeri Perut Kiri Di Bawah Rusuk, Inilah Penjelasannya

Posted on

Sering Nyeri Perut Kiri Di Bawah Rusuk, Inilah Penjelasannya – Sakit perut itu memang biasa terjadi pada siapa saja. Walaupun begitu, rasa sakit pada perut tentu dapat meberikan rasa tidak nyaman saat melakukan berbagai rutinitas sehari-hari.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Mungkin, ada yang pernah mengalami sakit pada perut di bawah rusuk. Biasanya, sakit atau nyeri pada perut di bawah rusuk, disebabkan oleh adanya cedera, atau bisa juga karena ada penyebab lain, yang merupakan gejala atau tanda gangguan medis lainnya.

(Baca Juga : Sakit perut sebelah Kanan Bawah Sampai Pinggang)

Nyeri Perut Kiri

Sakit pada perut di bawah rusuk atau nyeri tulang rusuk merupakan hasil dari penyakit tertentu atau cedera. Namun, tingkat rasa sakit tersebut berbeda,

tergantung dari intensitas masalah dari sakit tersebut. Baik, rasa sakit dengan intensitas ringan, maupun rasa sakit dengan intensitas berat,

pada nyeri perut kiri di bawah rusuk harus segera mendapatkan penanganan medis yang tepat untuk diobati. Dan, ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan sakit atau nyeri perut kiri di bawah rusuk

Berikut ulasannya :

  • Gangguan Pada Limpa

Biasanya, sakit perut kiri di bawah rusuk yang sering terjadi selalu dikaitkan dengan terjadinya gangguan pada limpa.

Limpa merupakan organ lembut yang terdapat pada bagian perut. Dan, limpa terletak pada sisi kiri atas perut atau tepat di bawah tulang rusuk dan belakang daerah perut.

Gangguan Pada Limpa

Setiap organ, memiliki fungsi utamanya masing-masing. Begitu pun dengan limpa. Fungsi utama limpa yaitu untuk menghancurkan sel-sel darah merah yang sudah tua. Pembesaran pada limpa disebabkan oleh penyakit tertentu. Terjadinya rasa sakit perut sebelah kiri adalah salah satu gejala dari pembesaran limpa.

  • Fibromyalgia

Fibromyalgia yaitu suatu kondisi yang ditandai oleh rasa sakit atau rasa nyeri pada otot yang diakibatkan oleh kerusakan jaringan pada otot lunak.

Dan, beberapa otot yang terdapat di antara tulang rusuk atau otot-otot interkostal, mengalami kerusakan yang disebabkan oleh fibromyalgia, yang dapat mengakibatkan rasa sakit pada sekitar tulang rusuk.

  • Cedera Pada Tulang Rusuk

Untuk sebagian orang, pasti pernah mengalami sakit perut sebelah kiri bawah rusuk. Dan, merupakan salah satu hal masalah yang sering dialami.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Penyebab utama dari masalah ini adalah karena mengalami cedera yang parah atau mengalami patah tulang pada bagian tersebut.

  • Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan salah satu penyebab terjadinya sakit atau nyeri pada perut kiri dibawah tulang rusuk.

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease yaitu reflux asam lambung ke keringkongan. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya GERD yaitu termasuk kehamilan,

obat-obatan tertentu, mengalami stres, obesitas, diet lemak tinggi, dan mengkosumsi rokok atau tembakau dan alkohol.

Gejala GERD yang sering terjadi meliputi rasa panas pada area dada atau nyeri dada, perut mulas, rasa asam atau rasa pahit pada bagian belakang mulut, rasa nyeri pada perut bagian bawah, hingga gangguan pada pencernaan.

  • Kostokondritis

Kostokondritis yaitu suatu kondisi adanya gangguan pada tulang yang rawan, yang mengikat antara tulang rusuk dengan tulang payudara.

Dan, keadaan ini disebabkan oleh cedera atau adanya serangan virus. Kondisi ini dapat mengakibatkan rasa sakit atau nyeri pada daerah perut bagian bawah dada dan bagian atas.

  • Ulkus Lambung

Ulkus lambung atau yang biasa disebut tukak lambung yaitu adanya luka yang yang terjadi pada lambung dan usus 12 jari.

Penyebab terjadinya ulkus lambung atau tukak lambung yaitu karena pepsin dan asam klorida dalam cairan perut. Terjadinya ulkus lambung bisa disebabkan oleh gejala sakit maag, mulas, dan rasa terbakar pada perut.

Bila terjadi rasa nyeri pada perut bagian kiri atau perut bagian kanan bawah setelah makan, itu adalah salah satu gejala yang sering terjadi ketika terjadi suatu masalah.

Selain, beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya nyeri pada perut kiri di bawah rusuk, maka berikut ini adalah cara mengatasi nyeri perut.

Berikut ulasannya :

*Tips Dan Cara Mengatasi Nyeri Perut

Karena banyak sekali penyebab terjadinya sakit perut kiri di bawah tulang rusuk, dan pengobatan pun tergantung dengan penyebab yang mendasari rasa sakit tersebut. Untuk sebagian orang, perubahan pola makan yang baik adalah solusi utama.

Dan sementara, untuk meredakan rasa sakit perut dapat menggunakan obat pereda sakit atau antibiotik. Namun, untuk lebih baik,

gunakan antibiotik sesuai dengan saran dan anjuran dari dokter. Jangan menggunakan antibiotik yang berlebihan. Dan, biarkan dokter yang mendiagnosa penyakit tersebut.

(Baca Juga : obat sakit perut sebelah kiri bawah pada pria yang perlu diketahui)

Karena dokter lebih mengerti penyebab utama yang sebenarnya, dan mengidentifikasi alasannya, agar dapat memberikan penanganan dan resep obat yang tepat, sesuai dengan penyakit tersebut.

Jika anda mengalami gejala tersebut, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan medis, dan untuk mengetahui diagnosa yang sebenarnya. Juga agar mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan gejala yang Anda rasakan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang sakit perut sebelah kiri atas dekat tulang rusuk, sakit dibawah tulang rusuk sebelah kiri. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.