Apakah Buah Srikaya Boleh di Makan Saat Hamil

Posted on

WikiSehat.com – Kehamilan adalah merupakan tahap yang sangat penting dalam suatu kehidupan seorang wanita. Untuk menjaga sang janin tetap sehat dan tetap terjaga kandunganya agar tidak keguguran dan bayi bisa lahir secara prematur, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang bergizi, nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi ibu hamil sangatlah berperan penting dalam masa kehamilanya. Selain itu juga saat di masa kehamilan kamu harus tetap ekstra berhati-hati dalam memila dan memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi.

Buah srikaya adalah buah yang memiliki daging buah berwarna putih dan memiliki rasa yang sangat manis. Dengan biji-bijian yang ada didalamnya bentuk srikaya hampir menyerupai sirsak akan tetapi tidak memiliki duri duri seperti buah sirsak. Buah srikaya ini menyimpan sejuta khasiat untuk kesehatan, buah yang sering disebut custard apel oleh elaut inggris ini adalah memiliki khasiat untuk kecantikan.

merupakan salah satu jenis makanan tepat yang dapat kamu pilih untuk dikonsumsi saat hamil, tak hanya rasanya yang manis, akan tetapi buah ini menyimpan banyak sekali manfaat bagi ibu hamil. Buah ini juga sangat bagus sekali untuk dikonsumsi tubuh manusia juga baik untuk pertumbuhan. Sebelum itu kita harus mengetahui terlebih dahulu Apakah ibu hamil diperbolehkan makan buah srikaya, apakah aman untuk kesehatan ibu hamil dan janin? Lihat jawabannya di bawah ini!

Nilai Gizi Yang Ada Di Buah Srikaya

Sebelum mengetahui apakah ibu hamil boleh makan buah srikaya atau tidak boleh, ibu perlu tahu jenis informasi buah ini dengan lengkap beserta kandungan nutrisinya. Srikaya, adalah buah yang kaya nutrisi. 82kc air dan mneral, 1,6 g protein, 35mg kalsium, 45mg fosfor, 36mg vitamin C, dan banyak vitamin B yang sangat baik untuk kesehatan.

Jelas, ibu hamil bisa melihat srikaya sebagai sumber vitamin C yang hebat. Buah rata-rata bisa memberi seper lima kebutuhan vitamin C harian, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap virus. Vitamin yang terkadung dalam buah ini tak hanya baik untuk sang ibu hamil, akan tetapi juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin yang ada dikandungan ibu hamil. Mengkonsumsi buah ini dapat membantu membangun saraf janin dan baik untuk pertumbuhan sang bayi yang sedang ibu hamil kandung.

Sumber potasium, serat, karbohidrat yang terkandung dalam buah ini juga sangat sehat dan penuh dengan nutrisi. Keunggulan lainnya adalah lemak jenuh dan kolesterol, kandungan sodium rendah, sehingga tidak menyebabkan diabetes, kolesterol atau tekanan darah tinggi. Buah ini juga kaya akan kalori, bagi wanita yang sedang mengandung akan membutuhkan asupan kalori ekstra demi kemajuan kondisi fisik sang janin.

Oleh karena itu buah srikaya ini adalah pilihan yang sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan kalori ekstra, karena memang buah ini memiliki banyak kandungan kalori yang lumayan tinggi. Buah ini lumayan ideal bagi kamu yang ingin meningkatkan berat badan yang kamu alami.

Membantu memerangi susahnya sembelit, tak hanya kaya akan kalori namun buah srikaya juga memiliki serat yang lumayan tinggi, keran anugrah tersebut buah srikaya ini akan membantu ibu hamil untuk dapat mengatasi sembelit yang menjadi salah satu permasalahan umum selama masa kehamilan sang ibu. Tidak cukup sampai disitu buah srikaya ini juga menjadi sumber energy yang instan bagi seorang ibu hamil yang tubuhnya mengalami kelelahan dan juga merasa lemah. Ini karena serat yang dimiliki buah srikaya membantu tubuh meningkatkan dalam mensuplai darah.

Anda dapat menemukan kandungan antioksida dalam buah manis ini yang dapat membantu tubuh ibu hamil menghilangkan racun dalam tubuh. Kandungan antioksida ini juga dapat membantu kamu mengatasi kesakitan di pagi hari maupun mengubah suasana hati yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Selain itu buah ini dapat membantu ibu hamil untuk mengontrol mengidam makanan atau minuman saat hamil.

Masalah gigi adalah hal biasa yang akan dialami oleh ibu hamil selama masa kehamilanya, ibu hamil biasanya gampag sekali menderita radang gusi atau sakit gigi. Jangan khawatir karena buah ini dapat mengatasi masalah pada gigi, perbanyak saja mengkonsumsi buah srikaya ini. Cara ini merupakan cara yang amat ampuh untuk mengatasi radang gusi dan masalah gigi lainya.

Dengan kandungan yang dimiliki oleh buah srikaya ini yang kaya akan kalori dan vitamin, serat juga antioksida tentu menjadi pilihan yang tepat untuk anda konsumsi saat hamil, buah ini tidaklah bahaya untuk masa kehamilan namun buah ini termasuk buah yang ideal untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Apakah Buah Srikaya Boleh di Makan Saat Hamil

Dengan nutrisi yang disebutkan di atas dan saran dari para ahli dari lembaga, nutrisi yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil, srikaya memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut:

  • Sistem kardiovaskular yang stabil: Jumlah natrium dan keseimbangan kalium dalam buah srikaya ini membantu mengatur tekanan darah dan denyut jantung sang ibu hamil. Selain itu, kandungan antioksidan dan vitamin C yang melimpah dalam buah dapat membantu mencegah radikal bebas menyerang tubuh sang ibu hamil, meningkatkan ketahanan, efek positif pada jantung dan memperbaiki fungsinya. kardiovaskular
  • Berdasarkan dari pengalaman seorang ibu hamil yang setiap pagi mengkonsumsi buah srikaya, beliau menyebutkan bahwa setelah mengkonsumsi tidak terjadi masalah kesehatan yang dialami namun sebaliknya pencernaan yang dialami juga semakin lancar dan menambah kesehatan bayi didalam janin, tubuh sang ibu juga semakin bugar dan terasa fresh karena rasa sakit yang sering dialami ibu hamil tidak dirasakan oleh ibu ini.
    Namun jika anda masih meragukan buah ini anda bisa saja menanyakanya pad dokter pribadi anda supaya tidak ada keraguan lagi saat mengkonsumsi buah srikaya.
  • Bagus untuk otak: Vitamin B6 berlimpah pada buah sangat bermanfaat bagi otak ibu. Vitamin ini memantau tingkat GABA neuromuskularisme, menghilangkan stres, menenangkan sistem saraf yang sensitif selama kehamilan, dan juga mengobati depresi.

Bolehkan ibu hamil mengkonsumsi buah srikaya? ibu hamil bisa makan buah ini, tapi harus dicatat, ibu tidak boleh atau jangan sampai memakan bijinya. Jika selama makan, buang bijinya dengan hati-hati, karena butiran tebal dan keras akan mencegah agar kernel tidak bekerja.

Selain itu, jika ibu bertanya apakah ibu hamil makan banyak buah srikaya itu bagus, menurut ahli gizi dan dokter kandungan, buah ini sangat manis, ibu hamil sebaiknya tidak makan terlalu banyak! Karena memang yang berlebihan itu tidaklah baik. Jika anda makan terlalu banyak dan kmeudianmencapai fase kenyang dan anda belum memakan makanan yang lainya hanya memakan buah srikaya saja itu tidak baik karena seorang ibu hamil sangat membuthkan gizi yang seimbang dikarenakan ada janin yang sedang dikandung.

Terima kasih telah membaca artikel tentang amankah ibu hamil makan srikaya, apa boleh ibu hamil makan srikaya. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *