Penyebab Sakit Di Bawah Payudara Kiri Ternyata Banyak Sekali Penyebabnya

Posted on

Penyebab Sakit Di Bawah Payudara Kiri – Rasa sakit yang ditimbulkan pada bagian payudara, terkadang memang sangat membuat sebagian orang, khususnya perempuan menjadi cemas dan takut.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Hal ini disebabkan karena kanker payudara merupakan penyakit yang mematikan untuk kaum perempuan. Tetapi, penyebab sakit pada bagian payudara bukan hanya itu saja.

Dan, rasa sakit pada bagian payudara pun, tidak hanya terjadi pada bagian payudara saja. Tapi, juga rasa sakit bisa terjadi pada bagian di bawah payudara sebelah kiri.

Rasa sakit atau nyeri pada bagian bawah payudara sebelah kiri, bisa menjadi manifestasi di luar jaringan payudara. Dan hanya saja, rasa sakitnya terasa hingga payudara.

Di bawah payudara bagian kiri, terdapat beberapa organ, yaitu seperti kulit, otot, usus besar, jaringan lemak, limpa, dan jantung.

(Baca Juga : Sakit perut sebelah kanan bawah sampai pinggang)

Banyak faktor dan kondisi medis yang dapat menyebabkan sakit di bawah payudara kiri. Seperti masalah pada otot, pada pencernaan, jantung, paru-paru, dan esofagus.Jika, salah satu organ tersebut, mengalami gangguan, maka akan menyebabkan rasa nyeri pada bagian tersebut.

Selain itu, jika terjadi cedera traumatis pada sisi kiri dada dapat menyebabkan beberapa hal. Seperti dapat menyebabkan peradangan pada tulang, pada otot, pada ligamen, atau tulang rawan pada rongga dada.

Dan, pada akhirnya akan mengakibatkan rasa sakit pada bagian tersebut. Di mana rasa sakit tersebut, seperti di tusuk pada bagian tersebut.

Pada rongga dada, terdapat jantung dan juga paru-paru. Sehingga, dapat menghubungkan dengan organ-organ yang lainnya.

Apabila, salah satu dari organ tersebut mengalami gangguan medis, maka, dapat menimbulkan dan menyebabkan rasa sakit juga pada organ-organ lainnya,

yang saling terhubung dengan organ tersebut. Dan, rasa sakit tersebut dapat dirujuk pada organ-organ yang terdapa pada bagian perut kiri atas.

Beberapa sifat rasa sakit atau nyeri dari gejala yang juga menyertainya, dapat membantu untuk memberikan informasi yang signifikan pada dokter atau tim medis lainnya,untuk mengidentifikasi penyebab rasa sakit atau rasa nyeri pada bagian tersebut.

Faktor Penyebab Sakit Di Bawah Payudara Sebelah Kiri

Rasa sakit di bawah payudara kiri, dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang menjadi alasan, yang menyebabkan rasa sakit.

(Baca Juga : Sakit perut sebelah kiri bawah tanda kehamilan)

Berikut ini adalah beberapa faktor dari kondisi medis, yang mungkin harus bertanggungjawab, juga yang menyebabkan adanya rasa sakit pada bagian tersebut.

Cedera Pada Tulang Rusuk

Cedera Pada Tulang Rusuk
Cedera Pada Tulang Rusuk

Jika pada rongga dada memiliki trauma pada benda tumpul, maka hal ini, dapat menyebabkan rasa sakit juga peradangan pada otot-otot yang terdapat diantara tulang rusuk.

Otot-otot ini biasa disebut otot-otot interkostal. Pada tulang dada dapat terjadi memar, atau dapat retak, jika mengalami hal seperti jatuh, kecelakaan, atau cedera.

Sakit juga dapat disebabkan oleh peregangan yang terlalu berlebihan otot-otot interkostal yang berada diantara dada.

Selain itu, rasa sakit pun dapat terjadi, jika melakukan latihan yang melibatkan batang tubuh memutar dengan cepat. Karena memutar batang tubuh,

menyebabkan terjadinya peregangan pada otot interkostal. Dan, akhirnya menyebabkan rasa sakit pada dalam dan juga sekitar tulang rusuk.

Costochondritis

Costochondritis
Costochondritis

Costochondritis juga disebut nyeri pada dinding dada, yaitu suatu kondisi medis yang dapat ditandai dengan terjadinya peradangan dari kartilago kosta yang bergabung dengan ujung tulang rusuk hingga ke tulang dada.

Terjadinya trauma yang berulang pada dinding dada, dapat menyebabkan costochondritis. Dan terjadinya persimpangan pada costochondritis juga dapat menjadi merandang karena infeksi sebuah virus pernapasan, bakteri, dan juga jamur.

Karena otot-otot interkostal terlibat dengan pernapasan, dan seseorang yang terpengaruh oleh otot interkostal yang meradang, kemungkinan yang terjadi adalah akan mengalami masalah pada pernapasan.

Seseorang yang terkena akan mengalami rasa sakit yang memburuk saat batuk, bersin, atau saat mengambil napas dalam-dalam.

Hernia Hiatus

Hernia Hiatus
Hernia Hiatus

Hernia yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan adanya suatu penonjolan dari titik lemah dalam rongga pada tubuh yang memegang organ tersebut.

Seseorang yang didiagnosis terkena hernia hiatus, yaitu ketika ada bagian perut yang menonjol melalui hiatus esofagus hingga ke dalam rongga dada.

Hal ini juga dapat terjadi, jika pada ukuran pembukaan hiatus menjadi lebih besar dari yang normal. Rasa mulas merupakan gejala karakteristik dari penyakit hernia hiatus,

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

di mana rasa mulas tersebut dapat mengacu pada sensasi terbakar yang terjadi akibat regurgutasi isi lambung pada kerongkongan.

Selain itu, mengkosumsi makanan yang berlemak dan minuman berkarbonsi pun dapat memicu terjadinya hertburn.

Biasanya, orang yang terkena penyakit hernia hiatus akan mengalami rasa nyeri dada, sesak napas, atau menjadi kembung setelah makan.

Masalah jantung

Masalah jantung
Masalah jantung

Istilah pada kata “Angina Pectoris” dapat mengacu pada rasa sakit atau rasa nyeri pada dada yang menekan, atau rasa sesak yang terjadi pada dada karena akibat berkurangnya pasokan darah beroksigen pada bagian otot jantung.

(Baca Juga : Jantung berdebar kencang tiba-tiba jangan anggap sepele)

Dan, ini disebut sebagai penyakit arteri koroner. Penyakit arteri koroner yaitu suatu keadaan medis yang ditandai dengan berkurangnya suplai darah ke jantung,

dan keadaan ini terjadi karena adanya penumpukan plak pada dinding arteri, yang akan mengalami angina. Angina biasanya dikaitkan dengan kejang arteri koroner. Angina dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

Terjadinya tekanan darah tingggi

Mengalami obesitas

Karena merokok

Penyalahgunaan alkohol

Kadar kolesterol yang tinggi

Saat terjadi ganggun medis pada jantung, angina adalah salah satu gejala yang khas terjadi pada gangguan tersebut. Meskipun,

rasa nyeri yang biasa dirasakan pada bagian bawah tulang dada, rasa nyeri ini dapat menyebar hingga ke leher, ke rahang, ke bahu, atau ke punggung.

Radang Perut

Radang Perut
Radang Perut

Perut adalah salah satu bagian tubuh manusia yang di dalamnya terdapat banyak organ vital. Perut juga merupakan organ yang memiliki otot, yang letaknya pada kuadran kiri atas perut.

Secara medis, radang pada selaput perut disebut gastritis. Lapisan peru juga dapat terkena radang karena infeksi yang disebabkan oleh patogen.

Salah satu penyebab umum terjadinya penyebab gastritis adalah helicobacter pylori. Dan bakteri ini dapat menular melalui kosumsi makanan atau air yang telah terkontaminasi.

Gejala gastritis yaitu rasa nyeri pada bagian atas kiri perut, gangguan pencernaan, kembung, mual, atau muntah. Gejala gastritis sebagiannya adalah gejala yang sangat umum, yang sering ditemukan pada beberapa jenis penyakit.

Perut Kembung

Perut Kembung
Perut Kembung

Gas yang berlebihan dalam saluran pencernaan dapat menyebabkan rasa nyeri pada kuadran kiri atas perut. Salah satu faktor resiko yang menyebabkan perut kembung adalah aerophagia, yaitu yang mengacu pada menelan udara.

Dan yang sering menelan udara adalah orang yang sering minum menggunakan sedotan, atau orang yang sering mengkosumsi makanan cepat saji dan tidak mengunyah dengan benar,

cenderung mereka adalah orang-orang yang menelan udara dengan jumlah yang banyak. Mengkosumsi makanan tertentu juga dapat menyebabkan gas yang berlebihan.

Tikungan pada usus besar merupakan salah satu tempat di mana gas dapat terjebak dalam lipatannya. Lentur limpa disebut juga lentur kolik kiri,

biasanya mengacubpada tikungan yang berada di antara usus besar melintang dan usus besar menurun. Sindrom lentur limpa didiagnosis pada seseorang yang ketika gas tersebut terjebak pada dalam fleksura lienalis.

Terkait Dengan Kondisi Paru-Paru

Terkait Dengan Kondisi Paru-Paru
Terkait Dengan Kondisi Paru-Paru

Pleuritis yaitu suatu keadaan yang mengacu pada peradangan pleura. Pleura merupakan selaput yang melapisi dan juga dinding pada bagian dada.

(Baca Juga : 8 kerusakan organ tubuh apabila berlebihan mengkonsumsi gula)

Pleura juga dapat meradang karena adanya trauma, infeksi pada saluran pernapasan, atau karena terkena bahan kimia berbahaya.

Pneumonia dan pneumotoraks adalah kedua kondisi medis yang mengakibatkan rasa nyeri pada dada yang menjadi memburuk keadaannya karena gerakan.

Rasa nyeri juga dapat memperburuk keadaan saat batuk dan saat mengambil napas dalam-dalam. Jika paru-paru kiri seseorang dipengaruhi kondisi seperti ini, maka akan mengalami rasa sakit yang menyebar dari paru-paru hingga pada daerah kiri bawah payudara.

Karena rasa sakit pada bagian dada, disebabkan oleh banyak faktor, bantuan medis harus segera didapatkan oleh orang yang mengalami rasa sakit tersebut.

Biasanya, dokter akan melakukan analisa pada pasiennya, melalui riwayat kesehatan dan juga melakukan berbagai pemeriksaan fisik. Juga dengan prosedur diagnostik, agar dapat mengetahui penyebab dasar rasa sakit pada bagian tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel tentang nyeri dada sebelah kiri dibawah payudara, sakit payudara sebelah kiri bagian bawah. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.