Pengobatan Rumah Untuk Mengatasi Demam Berdarah

Posted on

Demam berdarah adalah salah satu infeksi virus terburuk yang menyerang jutaan orang setiap tahunnya. Apalagi ketika memasuki musim penghujan, penyakit ini tentu menjadi ketakutan terbesar pada beberapa negara tropik dengan sanitasi yang kurang baik. Sebanyak 50 juta hingga 500 juta orang terjangkit virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk. Penyakit tropis ini biasanya agak terbatas dalam jangkauannya, namun sejak pertengahan abad ke-20, penyakit ini telah menjadi endemik di lebih dari 100 negara. Meskipun tidak ada perawatan medis yang tersedia untuk menyembuhkan demam berdarah, ada beberapa pengobatan efektif yang meredakan gejala demam berdarah. Beberapa pengobatan rumah untuk mengatasi demam berdarah dapat diaplikasikan dengan mudah. Diantaranya penggunaan rumput barley, goldenseal, daun nimba, pepaya, jus jeruk, ketumbar, daun kemangi, air, fenugreek, dan jus delima.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Ada beberapa jenis nyamuk yang bisa menularkan penyakitnya, dimana ada lima varietas. Jika Anda bertahan hidup dengan satu jenis demam berdarah, maka biasanya seseorang memiliki kekebalan seumur hidup terhadap varietas tersebut. Apabila dikemudian hari seseorang terjangkit varietas lainnya dari nyamuk tersebut dikhawatirkan akan terjadi komplikasi lain yang lebih serius.

Gejala Demam Berdarah

Gejala demam berdarah, juga dikenal sebagai “demam patah tulang”. Biasanya tanda awalnya yaitu demam mendadak, tubuh terasa sakit, sakit kepala, nyeri otot, dan ruam kulit yang sangat mirip dengan campak. Sementara 80% kasus yang terlihat bersifat asimtomatik (tanpa gejala) atau memiliki gejalan yang ringan, sekitar 5% kasus menunjukkan gejala serius, sementara kurang dari 1% kasus terbukti berakibat fatal. Demam berdarah dengue dan demam berdarah merupakan dua bentuk demam yang serius yang tidak boleh disepelekan karena demam tersebut pertama menyebabkan pendarahan dan penurunan trombosit yang parah dan yang kedua mengakibatkan penurunan tekanan darah yang berbahaya. Meskipun tidak ada vaksinasi atau obat untuk virus dengue, pengobatan kondisi sekunder sering terjadi dimana pasien dapat bertahan hidup. Namun, karena kurangnya penyembuhan yang diformalkan atau secara medis, banyak pengobatan herbal dan rumah telah dikembangkan, yang paling populer dan efektif.

Bentuk pengobatan yang paling efektif sebenarnya adalah beberapa macam pencegahan, namun menghalau nyamuk yang mengganggu bisa sangat sulit dilakukan. Beberapa strategi pencegahan yang paling efektif adalah menghindari atau menghilangkan air yang terkumpul atau membentuk genangan, karena di situlah nyamuk bereproduksi. Paling mudah contohnya ada pada bak amar mandi. Apabila Anda tinggal atau berencana untuk bepergian ke daerah berhutan lebat atau tropis, oleskan obat nyamuk ke kulit dan pakaian yang terbuka. Jika memungkinkan, lindungi kulit dan tubuh Anda ketika beranjak tidur. Termasuk bawalah kelambuanti nyamuk yang bisa digunakan untuk melindungi diri. Namun, jika terinfeksi virus dengue, ikuti beberapa pengobatan untuk mengatasi demam berdarah di rumah berikut untuk pemulihan cepat dan pengurangan gejala Anda.

Baca Juga : Gejala Demam Berdarah pada Anak Umur 1-3 Tahun

Pengobatan Rumah Untuk Mengatasi Demam Berdarah

1. Rumput Barley

Rumput barley tanpa sadar dapat digunakan sebagai pengobatan rumah untuk mengatasi demam berdarah. Barley memiliki kemampuan unik yang secara signifikan meningkatkan jumlah trombosit darah tubuh dengan merangsang produksi lebih banyak sel darah. Anda bisa minum teh jelai atau makan rumput barley secara langsung dan melihat peningkatan jumlah trombosit yang berlangsung dengan cepat. Trombosit yang tinggi merupakan salah satu efek samping yang serius dari demam berdarah yang dapat menyebabkan tubuh mnjadi lemah serta meningkatkan kerentanan tubuh terhadap demam berdarah dengue dan adanya komplikasi lain yang lebih serius.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

2. Goldenseal

Meskipun banyak penyembuhan herbal atau alami tidak langsung disetujui atau terbukti melalui penelitian, dokter homeopati telah memuji goldenseal karena kemampuannya untuk membersihkan gejala demam berdarah dengan sangat cepat dan menghilangkan virus dari tubuh. Goldenseal tidak hanya membantu meredakan demam, menggigil, sakit kepala, mual, dan muntah, namun kemampuan antivirus alami pada dasarnya dapat menyembuhkan demam berdarah dalam hitungan hari. Maka dari itu goldenseal termasuk dalam pengobatan rumah untuk mengatasi demam berdarah.

3. Air

Air mungkin tampak seperti tidak masuk akal sebagai pengoatan rumah untuk mengatasi demam berdarah, namun karena keringat berlebihan, aktivitas tubuh, dan internal yang menyebabkan demam berdarah pada tubuh, dehidrasi ekstrim biasa terjadi. Minum sebanyak mungkin air untuk menjaga agar tubuh terhindar dari dehidrasi merupakan salah satu cara ampuh membantu meredakan gejala seperti sakit kepala dan kram otot, yang keduanya diperparah oleh dehidrasi. Tidak hanya itu, air akan membantu menjaga tubuh tubuh dan menghilangkan racun berlebih yang bisa menyulitkan dampak virus patogen.

4. Daun Nimba/Neem/Intaran

Daun nimba biasanya diresepkan untuk berbagai penyakit, dan salah satunya adalah untuk penyakit demam berdarah. Nimba yang mekar kemudian akan dibuat ramuan. Dengan meminumnya telah terbukti dapat meningkatkan jumlah trombosit darah serta jumlah sel darah putih, dua dari efek samping virus dengue yang paling berbahaya. Daun nimba yang diseduh dengan benar dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan mengembalikan kekuatan tubuh jauh lebih cepat daripada banyak pengobatan rumahan lainnya. Maka dari itu Daun Nimba termasuk dalam pengobatan rumah untuk mengatasi demam berdarah.

5. Daun Pepaya

Meski masih belum jelas, daun pepaya banyak dikenal sebagai obat alami untuk demam berdarah. Campuran nutrisi dan senyawa organik yang kompleks di pepaya dapat menyebabkan kenaikan jumlah trombosit pada tubuh. Tingkat vitamin C yang tinggi membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Antioksidan membantu mengurangi stres oksidatif dan menghilangkan racun berlebih dalam darah. Daunnya bisa hancur dan kemudian disaring dengan kain untuk mendapatkan jus murni jus murni. Walaupun belum diketahui khasiat lebih lanjutnya, tetapi daun papaya dapat masuk dalam pengobatan rumah untuk mengatasi demam berdarah.

6. Jus Jeruk

Campuran minuman antioksidan yang juga kaya akan vitamin ditemukan dalam jus jeruk. Kandungan tersebut membuatnya ideal untuk mengobati gejala sekunder demam berdarah dan menghilangkan virus. Jus jeruk membantu mempromosikan antibodi untuk sistem kekebalan tubuh, meningkatkan buang air kecil dan pelepasan toksin, serta menstimulasi perbaikan sel karena peran penting vitamin C pada pembuatan kolagen. Anti oksidan yang terkandung dalam jus jeruk dapat digunakan sebagai pengobatan rumah untuk mengatasi demam berdarah.

7. Fenugreek

Daun Fenugreek diketahui mengurangi demam dan bertindak sebagai obat penenang ringan untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan tidur nyenyak bagi pasien. Ini adalah obat rumah yang populer untuk gejala demam berdarah di berbagai tempat di seluruh dunia. Fenugreek termasuk dalam pengobatan rumah untuk mengatasi demam berdarah.

8. Kemangi

Mengunyah daun kemangi mungkin tidak terdengar hal yang akan diminati banyak orang. Namun cara ini dikenal sebagai teknik penguat kekebalan tubuh yang penting, dan telah lama direkomendasikan dalam pengobatan Ayurvedic untuk pengobatan demam berdarah. Minyak esensial kemangi juga memiliki sifat insektisida alami yang akan membuat diri Anda kurang dinikmati oleh nyamuk. Gunakan kemangi sebagai pengobatan rumah untuk mengatasi demam berdarah dan sebagai strategi pencegahan.

Meskipun kebanyakan kasus demam berdarah tidak berakibat fatal, demam dapat berkembang dengan cepat ke stadium yang lebih serius jika gejala awal tidak diobati dan tindakan pencegahan tidak dilakukan. Sebagai orangtua kita harus belajar sigap demi kesehatan keluarga. Apabila memungkinkan, carilah bantuan medis profesional jika Anda merasa terjangkit demam berdarah. Perlu diingat bahwa pengobatan rumah untuk mengatasi demam berdarah ini hanya sebagai perawatan tambahan dan bukan penyembuhan formal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.