9 Rasa Sakit Perut Yang Tidak Boleh Diabaikan Dan Segera Harus Diobati

Posted on

9 Rasa Sakit Perut Yang Tidak Boleh Diabaikan Dan Segera Harus Diobati – Siapapun pasti pernah mengalami sakit perut. Mulai dari rasa sakit perut dengan intensitas ringan, hingga rasa sakit perut dengan intensitas yang berat.

Tentu, sakit perut dapat membuat anda merasa tidak nyaman, karena akan mengganggu aktifitas. Sakit perut memang salah satu penyakit yang tergolong tidak serius,

tapi memiliki banyak faktor yang menyebabkan sakit perut, hingga menjadi sakit yang serius. Tentu, bagaimanapun juga rasa sakit perut tidak boleh diabaikan.

Merasakan perut mulas, melilit, kram, mual mungkin sudah biasa, dan datangnya pun disebabkan oleh beberapa hal yang sudah diketahui, karena rasa sakit perut seperti ini memang sudah biasa terjadi.

Tapi, tidak pada rasa sakit perut yang tiba-tiba datang menyerang, tanpa sebab yang pasti. Rasa sakit perut yang menyerang tiba-tiba, tidak bisa diabaikan begitu saja.

Karena kemungkinan, rasa sakit tersebut adalah salah satu gejala tumbuhnya penyakit yang serius pada organ yang terdapat pada perut. Seperti yang sudah diketahui, bahwa dalam perut terdapat organ vital.

Rasa sakit pada perut pun berbeda-beda, oleh sebab itu anda harus dapat mengenali rasa sakit tersebut dengan lebih spesifik.

Sakit Perut
Sakit Perut

Karena dengan penjelasan rasa sakit pada perut yang spesifik, dapat membantu dokter untuk mengetahui dengan benar rasa sakit tersebut.Dan, anda akan mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan keluhan rasa sakit pada perut.

Berikut ini adalah gejala-gejala sakit perut yang tidak bisa diabaikan, karena mungkin ini merupakan gejala penyakit tertentu yang tumbuh pada tubuh :

  1. Merasakan sensasi seperti terbakar tepat di bawah tulang dada, setelah selesai makan besar

Kemungkinan yang terjadi ini adalah refluks asam atau mulas. Cara yang tepat dalam mengatasi kondisi seperti ini adalah dengan cara meminum obat yang sesuai dengan gejala yang dirasakan,dan untuk mendapatkan obat tersebut, carilah di apotek terdekat.

Lalu, mengurangi dan menghindari makanan yang bersifat pedas dan mengandung minyak atau berminyak dalam jumlah porsi yang besar.

  1. Merasakan sakit di sekitar dan bagian bawah pada pusar yang disertai dengan adanya gas

Kondisi keadaan seperti ini, kemungkinan disebabkan oleh konstipasi atau perut kembung. Konstipasi lebih dikenal dengan kata sembelit.

Sembelit yaitu terjadinya pengerasan pada tinja, hingga sulit untuk dikeluarkan, dan akhirnya menyebabkan rasa sakit pada perut.

Cara mengatasi sembelit yaitu dengan meminum obat pencahar atau obat anti gas, perbanyak minum air putih, lebih sering mengkosumsi sayur dan buah.

Jika, rasa sakit masih terus berlanjut hingga satu minggu, segera lakukan pemeriksaan pada dokter, karena jika penanganannya telat akan menjadi penyakit yang lebih serius dari sebelumnya.

  1. Merasakan rasa nyeri yang mendadak di sekitar pusar, yang disertai mual, demam, muntah, hingga hilangnya nafsu makan

Jika mengalami kondisi seperti itu pada perut, kemungkinan dapat disebabkan oleh peradangan usus buntu atau apendisits.

Dan biasanya, kondisi seperti ini dapat disebabkan juga karena terjadinya penekanan pada usus atau kekakuan pada otot-otot perut.

Penyakit radang usus ini harus secepatnya mendapatkan pertolongan medis, kalau tidak secepatnya mendapatkan pertolongan, maka yang terjadi adalah usus buntu akan pecah dan cairan yang terkena infeksi,

lalu menjadi bocor ke bagian perut yang lainnya. Otot yang kaku pada bagian perut adalah sebuah pertanda bahwa infeksi sudah mulai menyebar.

  1. Merasakan nyeri yang mendadak pada sisi kanan perut dan menyebar pada bagian lain dari perut atau punggung

Kemungkinan kondisi seperti ini disebabkan karena batu empedu atau sebuah peradangan kandung empedu. Kalau rasa sakit ini terus-menerus terjadi,

sakit perut

atau menjadi semakin memburuk setelah makanan yang mengandung minyak atau berminyak, maka segera lakukan pemeriksaan kondisi kesehatan Anda pada dokter.

(Baca Juga : Sakit perut sebelah Kanan Bawah Sampai Pinggang)

  1. Merasakan nyeri yang mendadak pada bagian bawah pusar dan menjalar pada kedua sisi pusar

Keadaan seperti ini, biasanya disebabkan oleh gangguan kondisi pada usus, terjadinya infeksi kemih, atau terjadi penyakit radang panggul.

Jika terjadi rasa nyeri yang terus menerus menjadi buruk, secepatnya hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan dan juga mendapatkan tes diagnostik,agar lebih cepat mendapatkan penanganan dan pertolongan medis yang tepat.

  1. Merasakan nyeri yang mendadak dekat tulang rusuk bagian bawah dan menjalar ke pangkal paha

Kondisi keadaan seperti ini dapat disebabkan oleh batu ginjal, bila disertai dengan terjadinya demam, kemungkinan yang terjadi ini adalah gejala infeksi pada ginjal atau pada kandung kemih.

(Baca Juga : Sakit perut sebelah kanan bawah inilah gejalanya yang sering terjadi)

Yang harus dilakukakan, jika terjadi kondisi sakit yang seperti ini adalah menambah atau meningkatkan asupan air putih dan hubungi dokter secepatnya.

Sebagian besar kasus pada penyakit batu ginjal dapat keluar dengan sendiri, tapi terkadang dalam penyembuhannya memerlukan operasi. Bila tubuh sudah mulai mengalami demam, maka segera hubungi dokter.

  1. Merasakan nyeri mendadak pada perut bagian bawah kiri dan disertai dengan demam, mual, dan muntah

Biasanya kondisi seperti ini, dapat disebabkan karena penyakit crohn, kolitis, diverticulitis, atau terjadi gangguan dan masalah lain pada usus besar.

Segera perikasakan diri Anda secepatnya, kepada dokter dan tim medis untuk mendapatkan pertolongan, dan kemungkinan untuk diarahkan menjalani kolonoskopi.

  1. Merasakan nyeri mendadak yang disertai dengan kondisi diare berdarah, darah dalam tinja atau muntah darah

Keadaan seperti ini biasanya disebabkan karena terjadinya penyumbatan pada usus, sehingga menyebabkan pendarahan pada usus.

Dan ini, merupakan gejala pendarahan internal, sehingga Anda harus secepat mungkin untuk mendapatkan pertolongan medis.

  1. Merasakan sakit yang ringan atau terjadinya ketidaknyamanan yang datang dengan perlahan-lahan tapi terus terjadi dan berulang-ulang hingga beberapa minggu atau bulan

Jika mengalami keadadaan seperti itu, dan terkadang kondisi tersebut disertai diare, perut kembung dan sembelit, kemungkinian ini dapat disebabkan oleh sebuah penyakit kronis,

seperti pengakit intoleransi laktosa, penyakit sindrom iritasi usus, penyakit maag, mengalami intoleransi makanan, penyakit Crohn, ulcerative colitis atau penyakit celiac.

(Baca Juga : sakit perut sebelah kiri bawah tanda kehamilan)

Segeralah periksakan kondisi keadaan diri Anda pada dokter, yang akan mengarahkan Anda untuk melakukan pemeriksaa ke gastroenterologist dan penanganan yang lebih lanjut.

Terima kasih telah membaca artikel tentang rasa mules yg tdk boleh di abaikan. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *