5 Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah Secara Alami

Posted on

Dapat menghilangkan flek hitam di wajah bukanlah masalah yang mudah. Akan tetapi, bukan berarti flek hitam tidak dapat dihilangkan. Terdapat berbagai cara untuk mengatasi dan menghilangkan flek hitam di wajah. Memang benar, flek hitam di wajah ini sangat mengganggu penampilan seseorang dan membuatnya menjadi tidak nyaman karena kurang percaya diri.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Penyebab utama flek hitam yaitu karena sekresi yang berlebihan dari melanin. Selain itu, flek hitam disebabkan oleh beberapa faktor seperti : hormon tidak seimbang, kehamilan, menopause, asupan dari jenis obat-obatan tertentu, kekurangan vitamin, kekurangan mineral, gangguan pada usus dan mengalami stress. Terdapat berbagai jenis produk pemutih wajah yang tersedia klinik kesehatan, namun obat-obatan tersebut terbuat dari bahan kimia yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan flek hitam di wajah, selain mudah didapatkan, harganya juga terjangkau dan tidak mimiliki efek samping sehingga aman untuk digunakan.

Cara Menghilangkan Flek Hitam

Jika saat ini Anda sedang memiliki flek hitam di wajah yang cukup membandel hingga susah dihilangkan, maka simaklah tips di bawah ini :

  1. Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Lemon Atau Jeruk Sitrun

Di dalam lemon terdapat kandungan asam sitrat, dan asam sitrat ini memiliki manfaat yang besar untuk kecantikan. Tidak hanya membantu meluruhkan sel-sel kulit yang telah mati, tetapi asam sitrat juga mampu menumbuhkan sel-sel baru dan membuat kulit menjadi lebih cerah. Manfaat lemon yaitu dapat mengatasi flek hitam pada wajah, bintik-bintik penuaan, mengatasi masalah jerawat hingga mengatasi keriput. Tetapi, lemon memiliki sedikit efek samping yang terjadi saat menggunakannya, yaitu seperti mengalami sedikit rasa terbakar, kesemutan, dan kulit mengalami kemerahan dalam sementara waktu.

Cara Menggunakannya : Anda siapkan lemon dan kapas bola terlebih dahulu, peras lemon secukupnya ke sebuah wadah, kemudian tuangkan perasan lemon ke kapas. Kapas yang sudah tercampur dengan perasan air lemon, maka usapkan ke wajah Anda dengan merata, lalu tunggu beberapa menit hingga mengering, kemudian Anda bilas dengan menggunakan air yang bersih. Saat sedang melakukan proses ini, jangan berada di bawah sinar matahari, karena akan membuat kulit Anda menjadi sensitive.

  1. Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Buah Pepaya

Di dalam pepaya terdapat kandungan papain, yaitu enzim yang mengeksfoliasi kulit, mndorong terjadinya produksi sel-sel baru, sehingga membuat kulit menjadi terlihat lebih segar. Selain itu, papain juga dapat menghambat tirosinase enzim, yaitu sel-sel kulit yang menghasilkan pigmen yang digunakan untuk meproduksi melanin. Pepaya yang masih hijau memiliki kandungan papain yang lebih tinggi dibandingkan dengan pepaya yang sudah matang. Namun, jika digunakan untuk kulit akan terasa sedikit menyengat. Pepaya yang matang juga baik untuk digunakan, Anda dapat memilihnya sendiri.

Cara Menggunakan : Haluskan pepaya terlebih dahulu hingga menjadi seperti bubur, lalu gosokkan pada bagian kulit yang terdapat flek hitam. Selain itu, Anda juga dapat memberikan campuran perasan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Anda juga dapat memanfaatkan kulit pepaya sebagai scrub yang sangat baik untuk bagian lutut dan siku.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]
  1. Mnghilangkan Flek Hitam Dengan Minyak Vitamin

Vitamin E merupakan antioksidan yang sangat bagus untuk menyembuhkan luka. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, bahwa vitamin E dapat menembus bagian dermis atau bagian lapisan tengah kulit yang berada di bawah epidermis, dan membuat produksi kollagen menjadi stabil.

Cara Menggunakannya : Campurkan minyak vitamin E dengan minyak jarak atau castor oil, kemudian oleskan pada bagian bekas jerawat atau flek hitam yang terdapat di kulit wajah. Anda dapat menunggunya beberapa menit, setelah itu dibilas hingga bersih. Selain itu, Anda juga dapat mengkombinasikan minyak vitamin E dengan lidah buaya sebagai masker wajah. Anda dapat membeli minyak vitamin E dan minyak jarak di apotik terdekat.

  1. Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Kentang

Kentang selain kaya akan vitamin, tetapi juga kaya akan kandungan mineral, asam lemak essensial dan berbagai fitokimia seperti karotenoid dan polifenol. Dengan semua kandungan yang terdapa di dalam kentang, seperti vitamin C, B kompleks, serta kandungan mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor, dan seng, kentang juga dapat memberikan rangsangan pada kolagen dan elastin sintesis. Bahkan, untuk mengatasi masalah bintik-bintik hitam pada kulit, jus kentang adalah solusi terbaik untuk menghilangkan bintik-bintik tersebut.  Kandungan vitamin C yang terdapat pada kentang berfungsi untuk mengelupaskan sel-sel yang mati, dengan demikian bintik-bintik hitam pada kulit pun dapat berkurang.

Cara Menggunakannya : Anda cukup menyiapkan 2-3 buah kentang, kemudian kentang diparut, tambahkan sedikit air, lalu peras hasil parutan kentang dengan menggunakan saringan yang bersih, berikan beberapa tetes madu dan ½ sendok madu. Jika semua proses telah selesai, lalu oleskan pada bagian flek hitam di kulit Anda, diamkan hingga 20 menit dan bersihkan.

  1. Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Kulit Semangka

Salah satu obat untuk menghilangkan flek hitam yang sudah terkenal adalah semangka, Buah semangka kaya akan serat, vitamin A, B dan C. Buah semangk yang dingin dan rasa yang manis dapat membantu untuk mengurangi bintik-bintik hitam pada kulit yang disebabkan karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Namun, Anda tidak perlu menyimpan buah semangka untuk menghilangkan flek hitam pada wajah Anda. Karena untuk menghilangkan flek hitam, Anda menggunakan kulit semangka.

Cara Menggunakannya : Buah semangka diiris terlebih dahulu dan ambil kulitnya, lalu gosokkan bagian dalam kulit semangka ke wajah Anda hinga sari dari semangka tersebut meresap ke dalam kulit Anda. Lakukan cara tersebut selama beberapa menit dan kemudian diamkan dalam beberapa waktu, kemudian Anda dapat membilasnya hingga bersih. Anda dapat menggunakan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Untuk dapat menghilangkan flek hitam pada wajah membutuhkan waktu dan proses yang tidak singkat, maka jangan pernah putus asa jika flek hitam pada wajah Anda belum menghilang. Terus berusaha dan kosisten, praktikkan cara menghilangkan flek hitam dengan alami ini dengan rutin.

Terima kasih telah membaca artikel tentang daun kemangi untuk menghilangkan flek hitam, cara menghilangkan flek hitam dengan daun pepaya. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.