8 Kerusakan Organ tubuh Apabila berlebih Mengkonsumsi Gula

Posted on

8 Kerusakan Organ tubuh Apabila berlebih Mengkonsumsi Gula – Gula adalah salah satu bahan makanan yang hampir disukai semua orang. Dengan rasanya yang manis dan menenangkan membuat bahan makanan tersebut digemari semua kalangan tidak peduli tua ataupun muda,

Gula Pasir
Gula Pasir

baik wanita ataupun pria. Tetapi apakah anda sudah mengetahui bahwa dengan mengkonsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan terhadap kesehatan tubuh kita.

Memang gula berbentuk Kristal-kristal putih yang indah, tetapi keindahan tersebut dapat menjadi keburukan jika dikonsumsi secara berlebihan. Banyak sekali dampak buruk dari mengkonsumsi bahan makanan tersebut secara berlebihan. Berikut adalah 8 Kerusakan Organ tubuh Apabila berlebih Mengkonsumsi Gula:

  1. Dapat merusak jantung.

Kebanyakan mengkonsumsi gula ternyata dapat membuat terganggunya kinerja jantung anda, yaitu sebagai pemompa darah ke seluruh bagian tubuh kita. Pendapat tersebut dihasilkan dari penelitian yang dirangkum dalam Journal of American Heart Association yaitu pada tahun 2013.

(Baca Juga : Penyebab Jantung tiba – tiba Berdebar kencang )

Hasil studi tersebut menyatakan bahwa molekul yang terdapat dalam gula yaitu glukosa ternyata dapat menyebabkan otot jantung berubah dan jika kebiasaan memakan makanan manis tetap dibiarkan maka dapat meningkatkan risiko terkena gagal jantung.

  1. Gangguan pada hati.

Dengan mengkonsumsi gula secara berlebihan ternyata juga dapat meracuni hati pemilik kebiasaan tersebut sehingga dapat menyebabkan kerusakan organ tersebut.

  1. Meningkatkan risiko terkena penyakit Diabetes.

Risiko terserang penyakit ini akan semakin besar jika seseorang tidak dapat mengontrol kebiasaan mengkonsumsi makanan yang manis. Hal ini dikarenakan dapat membuat sistem insulin dalam tubuh akan terganggu. (Baca Juga : Penyebab dan Mencegah Penyakit Diabetes Dibahasa Secara Lengkap )

  1. Otak

Akibat buruk mengkonsumsi gula secara berlebihan berikutnya ada kaitanya dengan otak. Menurut hasil sebuah penelitian yang dilakukan pada sekitaran tahun 2009 menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi gula secara berlebihan maka berkaitan erat dengan terjadinya penuaan yang terjadi terhadap sel-sel otak

  1. Kecanduan

Tidak hanya rokok saja yang menyebabkan kecanduan, ternyata gula juga memiliki efek tersebut. Hal ini dapat ditandai dengan rasa lapar yang terus menerus dan selalu memiliki keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis.

  1. Merusak gigi

Jika tidak ingin gigi anda rusak maka batasilah konsumsi makanan manis yang mengandung kadar gula yang cukup tinggi terutama minuman kaleng.

(Baca Juga : Cara Menyembuhkan Sakit gigi Berlubang Secara Alami )

Menurut perkumpulan Asosiasi Dental Amerika atau dapat disebut juga dengan ASA menuturkan bahwa makanan dan minuman yang memiliki kandungan yang sangat tinggi dapat menimbulkan karang dan meningkatkan risiko lubang kecil pada gigi yang berujung pada sakit gigi.

Hal ini dikarenakan, makanan manis tersebut merupakan makanan yang dikonsumsi bakteri dan dapat menghasilkan asam yang akhirnya membuat gigi kita berlubang. Maka dari itu batasi konsumsi gula terutama bagi anak-anak yang sangat menyukai makanan manis dan selalu sikatlah gigi tiap 2 kali/hari yaitu pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

  1. Kanker

Bagi para penderita kanker, jika mereka mengkonsumsi makanan manis alias gula dengan jumlah yang tidak wajar maka akan membuat kesempatan atau umurnya semakin relative singkat, terutama bagi para penderita kanker payudara dan kanker usus besar.

  1. Obesitas

Seperti yang kita semua ketahui, penderita obesitas di dunia semakin mengkhawatirkan saja. Mengapa hal ini terjadi ? karena kebanyakan orang tidak memperdulikan gaya hidupnya atau dapat dibilang hanya ingin mendapatkan hasil tanpa melihat konsekuensinya saja.

(Baca Juga : Lakukan Diet ini Maka Akan Cepat turun Hingga 1-7 Kg dalam seminggu )

Gula disini adalah salah satu penyebab banyaknya penderita penyakit tersebut. Minuman kaleng adalah yang memiliki kadar gula paling banyak, hal ini juga telah banyak diungkapkan oleh awak media baik lokal maupun luar negeri.

Semoga Artikel 8 Kerusakan Organ tubuh Apabila berlebih Mengkonsumsi Gula menjadi bahan Referesi untuk tetap menjaga kesehatan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang makan yang berlebihan cita rasa yang rendahkualitas yang rendahmengandung kuman-kumankualitas dan kuantitas yang buruk. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *