Hal yang Harus di Hindari Untuk Mencegah Penyakit Liver

Posted on

Tips Dan Cara Mencegah Penyakit Liver Secara Alami – Hati atau Liver adalah salah satu organ yang paling penting dalam tubuh manusia. Letaknya berada di bawah tulang rusuk, namun sedikit lebih rendah di sisi kanan. Fungsi utama  liver atau hati ini adalah untuk pembantu tubuh untuk membersihkan darah. Selain itu, liver juga berguna unutk mengusir atau menyingkirkan bahan-bahan kimia yang berada yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu liver juga bekerja sama dengan cairan empedu, yang nantinya akan bisa mencegah lemak berlebih dalam tubuh.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Selain itu, fungsi liver atau hati untuk tubuh manusia masih ada banyak. Misal sebagai distributor lemak ke seluruh tubuh yang ada pada tubuh yang nantinya akan menjadi energi bagi tubuh, penyimpan gula yang berbentuk glukosa, dan memproduksi protein penting bagi tubuh,  yang nantinya memiliki tugas yang lebih kompleks. Seperti untuk proses pembekuan darah, transportasi cairan keseluruh tubuh dan lain sebagainya. Melihat begitu pentingnya liver atau hati bagi tubuh, sudah sepantasnya bila setiap orang merawat dan melindungi kesehatan liver dengan baik. Ada beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang penyakit hati, dan diantaranya adalah hepatitis, sirosis dan infeksi. Penyakit-penyakit tersebut dapat menyerang dapat menyerang kapan saja dan dalam keadaan yang tidak terduga.  Maka dari itu, sebelum semua terlambat, ada baiknya bila anda menerapkan beberapa cara mencegah penyakit liver seperti berikut.

1.    Membatasi cairan sodium

Perlu anda ketahui, bahwa cairan sodium dapat mengakibatkan peningkatkan resistensi cairan serta menimbulkan pembengkakan jika mengonsumsinya secara berlebihan. Ketika seseorang sudah berada dititik dimana liver atau hati mulai terkena serangan penyakit, terkadang kemampuan darah untuk mempertahankan cairan akan sangat berkurang. Hal tersebut disebabkan oleh sistesis protein yang menurun di dalam liver.

2.    Hindari Lemak Jenuh

Biasanya penyakit liver hadir bersamaan dengan menurunnya berat badan. Selain itu, penyakit liver juga bisa saja menyebabkan fungsi empedu menjadi menurun. Ketika melemahnya kinerja empedu, maka tubuh membutuhkan sedikit lemak sabagai cadangan energi. Maka dari itu, pasien penyakit liver biasanya akan diberi asupan lemak. Namaun perlu di ingat lemak di sini adalah lemak sehat, seperti minyak zaitun, minyak canola, dan alpukat. Dan anda harus tetap berusaha untuk menghindari lemak jenuh serta trans lemak.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

3.    Bawang Putih

Adalah rempah dapur yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia, salah satunya adalah kemampuan untuk mengaktifkan enzim di dalam liver yang nantinya berguna untuk membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Salein itu, bawang putih mengandung senyawa allicin dan selenium yang mampu membantu pemberihan hati.

4.    Sayur-sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah bahan alami yang sangat baik dan mampu menjaga kesehatan liver dari serangan penyakit. Sayuran hijau bisa anda ola menjadi jus yang segar, mengonsumsinya dalam keadaan masih mentah ataupun di masak terlebih dahulu. Kandungan klorofil yang sangat tinggi pada sayuran mampu menghisap racun di dalam aliran darah. Dan secara bersamaan, sayuran hijau mampu menghilangkan logam berat  dan bahan kimia berbahaya lainnya, sehingga fungsi hati akan bekerja semakin baik dan maksimal.

5.    Jeruk Bali

Kadar antioksidan dan vitamin C yang tinggi yang terkandung dalam jeruk bali sanaga cocok di gunakan sebagai cara mencegah penyakit liver. Kedua kandungan senyawa tersebut sudah diteliti dan di percaya mampu membersihkan hati secara alami. Hanya perlu mengonsumsi segelas sari jeruk bali dan tubuh akan meningkatkan jumlah produksi enzim yang dapat membersihkan tubuh sehingga proses flush atau pengeluaran racun serta karsinogen akan semakin meningkat.

6.    Wortel

Kandungan senyawa dalam wortel seperti beta-karoten serta flavonoid yang mampu membantu merangsang serta meningkatkan fungsi liver secara keseluruhan dalam tubuh.

7.    Teh Hijau

Sejak masa silam teh hijau sudah di percaya sebagai minuman terbaik bagi hati anda. Kandungan anti oksida yang tinggi pada tanaman ini yang di beri nama catechin memiliki fungsi yang sanagat baik untuk membantu kinerja liver. Selain itu, secara keseluruhan teh hijau sangat baik untuk diet anda. Itulah beberapa cara mencegah penyakit. Anda masih bisa mengonsumsi makanan lainnya untuk menjaga hati agar tetap berfungsi dengan baik, seperti buah apel, biji-bijian, lemon, kubis kenari dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published.