Cara Aman Berpuasa Untuk Pengidap Penyakit Maag

Posted on

Penyakit Maag

Maag adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh luka atau peradangan yang terjadi pada lambung. Penyakit ini dipicu karena mengonsumsi makanan tertentu, stress, dan pola makan yang tidak teratur. Mengingat salah satu penyebab maag adalah pola makan yang tidak teratur tentu akan menjadi penghalang tersendiri bagi para penderita ketika akan berpuasa. Namun sakit maag jangan dijadikan alasan untuk tidak menjalankan ibadah puasa.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Bagi para penderita yang berpuasa harus menjaga pola makannya agar sakit maag yang diderita tidak kambuh. Terlebih lagi ketika pusa Ramadhan dimana harus menjalankan puasa selama satu bulan penuh sehingga pola makannya harus benar-benar diatur dan dijaga. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya jika makanan menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya sakit maag. Oleh karena itu kita harus jeli memilih makanan yang akan dikonsumsi terutama ketika sedang berpuasa.

17.Sakit Maag Sebaiknya Hindari Makanan Ini Saat Puasa

Dan berikut ini adalah makanan yang wajib dihindari oleh para penderita yang sedang menjalankan ibdah puasa.

1. Cokelat

Makanan satu ini memang memiliki rasa yang cukup enak untuk dikonsumsi, maka tak heran jika coklat memiliki banyak penggemar. Namun siapa sangka jika coklat menjadi salah satu faktor penyebab naiknya asam lambung yang bisa mengakibatkan sakit maag. Hal tersebut dikarenakan coklat memiliki banyak kandungan kafein serta stimulan seperti halnya theobromine yang bisa menaikkan asam lambung.

2. Gorengan

Banyak orang yang menyukai gorengan atau makanan yang digoreng. Padahal makanan tersebut memiliki banyak kandungan lemak yang jika dikonsumsi akan berpotensi meningkatkan asam lambung. Oleh sebab itu, jangan mengonsumsi makanan yang digoreng terutama ketika melakukan ibadah puasa.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

3. Soda

Jangan pernah mengonsumsi minuman bersoda pada saat berpuasa. Hal ini dikarenakan gelembung yang dihasilkan oleh soda akan terperangkap didalam perut sehingga bisa meningkatkan asam lambung. Selain itu, minuman bersoda juga memiliki kandungan kafein yang bersifat asam sehingga dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan.

4. Susu yang tinggi lemak

Pada umumnya makanan yang mengandung banyak lemak bisa memicu naiknya asam lambung tak terkecuali susu. Meskipun susu adalah minuman yang menyehatkan, namun tetap harus anda hindari terutama susu full cream yang memiliki kandungan lemak sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis susu yang lainnya. Jika anda tetap ingin meminum susu, lebih baik pilih susu skim yang memiliki kandungan lemak sangat sedikit bahkan kurang dari satu persen.

5. Daging tinggi lemak

Jenis daging yang mengandung banyak lemak juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Daging yang memiliki kandungan lemak sangat tinggi adalah daging sapi serta kambing. Namun bukan berarti anda tidak bisa mengonsumsi daging selama berpuasa. Anda tetap bisa mengonsumsi daging dengan periode tertentu, misalnya setiap seminggu sekali untuk mengurangi resiko sakit maag ketika menjalankan ibadah puasa.

6. Cake

Ada beberapa jenis makanan yang sulit untuk dicerna oleh tubuh seperti halnya cake. Makanan yang sulit dicerna bisa menjadikan lambung bekerja lebih berat daripada biasanya. Hal inilah yang bisa menyebabkan sakit maag.

7. Makanan pedas

Sudah tidak diragukan lagi jika makanan pedas bisa menyebabkan sakit maag meskipun ketika tidak sedang berpuasa. Hal ini disebabkan karena makanan pedas bisa mengiritasi lambung terlebih lagi ketika perut kosong dalam jangka waktu yang cukup lama.
Itulah makanan yang harus anda hindari ketika sedang berpuasa. Sakit maag tidak akan terjadi jika anda pintar dalam memilih serta menjaga pola makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.