Obat Sakit Perut Melilit Untuk Anak, Diare & Masuk Angin

Posted on

Obat Sakit Perut Melilit Untuk Anak, Diare & Masuk Angin – Saat anda mengalami sakit perut yang melilit seperti mules atau dalam medis dikenal dengan nama “ Gastro Oesophageal Reflux ”, maka anda perlu mencari obat untuk menangani hal itu segera, jika tidak maka akan sangat mengganggu aktifitas anda. Obat sakit perut dibedakan menjadi 2, yaitu sakit perut karena masuk angin yang indikasinya membuat perut kembung, atau bisa juga sakit perut karena diare, jika hal ini terjadi pada anak, anda bisa mengikuti beberapa tips dari saya untuk penanganannya dengan bahan alami.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

obat sakit perut melilit untuk anak

NNah, akan kita bahas satu persatu, yang pertama adalah sakit perut karena masuk angin, dan yang kedua adalah sakit perut karena diare, berikut ulasannya.

Sakit Perut Melilit Karena Masuk Angin

Penyebab Sakit Perut Melilit Karena Masuk Angin

obat sakit perut melilit untuk anak

Gastro Oesophaegeal Reflux merupakan rasa sakit yang amat pada daerah bagian perut. Rasa mulas biasanya timbul akibat perut yang membesar dari dalam sehingga akan mempersempit ruang bebas yang ada didalam perut. Rasa melilit yang ditimbulkan biasanya membuat penderitanya ingin segera buang air besar, bersendawa ataupun juga bisa ingin buang angin secara terus menerus. Perut melilit yang diakibatkan karena masuk angin asalnya dari perkumpulan gas yang tersebar secara tidak merata yang terjadi pada seluruh tubuh.

Perlu diketahui bahwa melilit yang disebabkan karena masuk angin biasanya memiliki kesamaan dalam gejala dan penyebabnya dengan penyakit flu. Dari bahasa medis masuk angin merupakan bagian dari gejala flu yang diakibatkan oleh pergantian cuaca yang sering berubah – ubah secara tidak menentu. Namun biasanya masuk angin disebabkan karena udara dingin yang berlebihan seperti misalnya karena terkena AC yang terlalu dingin, cuaca yang dingin, kehujanan, terlalu lelah, atau bisa juga karena salah makan. Obat sakit perut melilit masuk angin kembung pada anak, bagi anda yang mempunyai anak kecil dirumah pasti kebingungan dengan kerewelan anak ketika merasakan sakit perut. Anak memang cenderung lebih memilih menangis daripada meminum obat yang menurut mereka pahit.

Obat Sakit Perut Karena Masuk Angin Dengan Bahan Alami

Namun anda tidak perlu cemas jika anak anda mengalami sakit perut yang diakibatkan karena masuk angin tersebut. Karena ada banyak bahan alami untuk obat sakit perut melilit masuk angin kembung pada anak yang bisa diberikan kepada buah hati untuk mengatasi perut kembung tersebut.

Berikut ini adalah bahan alami yang bisa anda pakai untuk anak anda.

  1. Air Jahe Hangat, Untuk Menghangatkan Badan dan Perut

Dengan menghangatkan tubuh menggunakan air jahe hangat anda bisa mengatasi masalah perut kembung akibat masuk angin. Minuman ini bisa dibuat sendiri dirumah menggunakan jahe yang direbus bersama dengan air yang dicampur gula aren. Atau bisa juga di beli di toko-toko tempat jualan herbal, biasanya banyak yang menjual, atau bisa juga minuman jahe hangat yang biasanya ada di jual di jajanan angkringan. Jahe memiliki kandungan yang dapat membuat tubuh dan perut menjadi hangat, hal ini akan mengurangi rasa kembung yang terjadi di perut

  1. Jeruk Nipis Campur Minyak Telon, Dapat Menjadi Obat Oles

Perasan jeruk nipis yang dicampurkan minyak telon juga bisa anda gunakan sebagai Obat sakit perut melilit masuk angin kembung pada anak. Untuk minyak telonnya sendiri dapat membuat perut menjadi hangat dari luar, dan jeruk nipis bermanfaat untuk mempercepat efek penyembuhan, untuk cara penggunaannya cukup mudah yaitu hanya dengan mengolesan perasan jeruk nipis yang ditambah minyak telon tadi ke perut anak anda.

  1. Air Hangat Untuk Kompres, Jika Perlu Penanganan Lebih Cepat

Air hangat ternyata juga bisa menyembuhkan perut anda yang merasa begah akibat perut kembung. Air hangat akan membuat perut anda menjadi lebih hangat dibagian luar, diharapkan gas yang terdapat di perut anda akan menjadi lebih cepat keluar dengan cara “buang angin”, dan dengan air hangat pun anda juga dapat dengan mudah memperolehnya. Nah, untuk cara penggunaannya adalah cukup tempelkan kain yang telah dicelupkan dengan air hangat ke perut anda.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]
  1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga telah dipercayai oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi perut melilit akibat kembung. Minyak kayu putih bisa kita temui diberbagai warung atau toko serta merupakan benda yang dapat dibawa kemana saja. Caranya pun tinggal oleskan saja dan usapkan beberapa kali ke perut anda hingga perut terasa hangat

Bahan alami untuk mengobati sakit perut akibat masuk angin begitu mudah didapat dan dibuat. Apa salahnya anda sebagai orang tua lebih memilih bahan alami yang walaupun sedikit merepotkan namun tidak menimbulkan efek samping serta mudah digunakan untuk anak anda yang merasa kesakitan karena sakit perut yang melilit daripada menggunakan obat sakit perut kimia yang walaupun praktis, tapi mengandung bahan kimia serta tidak mudah diminum anak karena rasa pahitnya.

Sakit Perut Melilit Karena Diare

obat sakit perut melilit untuk anakDiare Tergolong Kronis

Coba perhatikan, apakah diare anda termasuk golongan diare ringan, biasa, atau diare yang sudah kronis. Penaganannya pun berbeda-beda. Untuk mengatahui apakah itu ringan, biasa atau kronis bisa dilihat dari lamanya penderita terkena diare dalam berapa lama dan juga berapa kali penderita buang air. Jika sudah lebih dari 2 hari maka diare sudah termasuk kronis, mengapa begitu?, karena biasanya penderita akan lemas, dan diharuskan di infus agar kondisi dapat dengan cepat pulih, namun penggunaan infus hanya bertujuan untuk mengganti cairan yang terbuang melalui feses cair.

Selanjutnya anda diharuskan ke dokter apabila sudah termasuk yang kronis, namun untuk yang level yang ringan dan biasa, anda dapat menggunakan beberapa cara dibawah ini.

Diare Tergolong Ringan dan Biasa

Apabila diare masih tergolong ringan atau biasa, maka langkah penanggulangan bisa dengan cara-cara dibawah ini, anda tinggal pilih saja mana yang sesuai untuk anda, saya akan membuat nomornya secara prioritas, dari yang ampuh dan simpel hingga ke bahan-bahan alami lainnya yang agak sulit ditemukan. Sebelum melanjutkan kepembahasan selanjutnya, wikisehat sudah membahas mengenai Tanda Tanda bayi susah BAB.

1. Telur Asin dan Air Teh Sangat Ampuh Untuk Diare

Ini adalah pengalaman dari penulis sendiri, silahkan konsumsi air teh dan juga telur asin ketika makan dan minum ketika anda menderita diare, dalam 2 hari jika anda banyak mengkonsumsi telur asin dan teh maka kesembuhan mudah-mudahan akan di dapat. Hal ini sudah penulis buktikan sendiri.

2. Oralit, Air Putih dan Air Mengandung Elektrolit

minum air putih yang banyak, hal ini dimaksudkan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang bersama feses (kotoran) yang cair, karena biasanya diare menyebabkan pasien dehidrasi. Ada baiknya jika air putihnya dicampur dengan elektrolit, elektrolit dapat dengan mudah di temukan di toko-toko, misalnya saja minuman sehabis olahraga yang ada di iklan-iklan.

Atau bisa juga dengan pemberian oralit, biasanya tersedia di apotek, namun jika anda sulit menmukan oralit, anda dapat membuatnya dengan bahan-bahan alami pembuat oralit yaitu :

  1. Segelas (200 ml) (seukuran belimbing bintang) air matang atau biasa disebut air putih.
  2. sediakan juga 2 sendok teh gula pasir.
  3. dan juga 1/2 sedok teh garam dapur.

Campurkan ketiga bahan tersebut lalu minumkan pada penderita diare, namun untuk penggunaannya ada aturan penggunaan dosis sendiri yaitu:

  1. Jika usia kurang dari 1 tahun maka obat dapat diberikan setelah 3 jam diketahui mengalami diare, berikan sebanyak 1 1/2 gelas, lalu pemberian oralit dilanjutkan setelah BAB, silahkan berikan sebanyak 1/2 gelas kepada penderita diare.
  2. Untuk usia anak antara 1 – 4 tahun, maka memberikan obat dilakukan setelah 3 jam diketahui diare, berikan sebanyak 3 gelas, lalu setelah itu diberikan lagi setelah BAB, dan takarannya sebanyak 1 gelas.
  3. Untuk Usia anak antara 5 – 12 tahun, maka memberikan obat sebanyak 6 gelas setelah 3 jam diketahui diare, dan kemudian dilanjutkan 1 1/2 gelas lagi setelah BAB. Untuk orang dewasa, maka diperlukan sekitar 12 gelas obat diare, diminum setelah 3 jam diketahui, dan kemudian 5 gelas lagi pemberian obatnya sehabis BAB.

Sekian ulasan tentang obat sakit perut melilit karena masuk angin dan diare pada anak semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel tentang obat sakit perut anak, Obat masuk angin anak. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

One thought on “Obat Sakit Perut Melilit Untuk Anak, Diare & Masuk Angin

Leave a Reply

Your email address will not be published.