Cara Melatih Konsentrasi yang Terbaik

Posted on

Cara Melatih Konsentrasi yang Terbaik – Tampaknya meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan konsentrasi adalah pencarian konstan di dunia modern kita, dan beberapa strategi lebih baik daripada yang lain. Beberapa cara terbaik untuk meningkatkan konsentrasi termasuk mengatur perhatian Anda, hindari masukan sensorik yang konstan, prioritaskan, tetapkan jadwal, pengaturan diet Anda, dan makan makanan yang meningkatkan otak.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Tanpa terlalu ilmiah, konsentrasi adalah kekuatan untuk memilih apa yang Anda patuhi dan apa yang Anda abaikan. Konsentrasi adalah aspek mendasar dari kehidupan sosial, profesional, dan pribadi kita, dan mendorong sebagian besar dari apa yang kita lakukan. Jika kita tidak dapat berkonsentrasi di jalan, kita tidak akan mampu dan tidak aman untuk mengemudi. Jika kita tidak dapat berkonsentrasi pada sebuah proyek atau buku teks, maka kita tidak dapat berfungsi secara normal. Oleh karena itu, di dunia berperforma tinggi saat ini, dengan arus input sensorik yang tampaknya konstan yang bersaing untuk perhatian kita, pertanyaan bagaimana cara melatih konsentrasi cukup penting. Konsentrasi terutama dikendalikan oleh daerah depan otak, dan sangat terkait dengan memori kerja kita.

Cara melatih konsentrasi agar dapat konsentrasi kita dapat meningkat, tidak ada pil ajaib yang bisa Anda ambil atau prosedur yang bisa Anda jalani. Dengan cara ini, konsentrasi adalah masalah yang jauh lebih tidak nyata untuk memperbaiki kesehatan kita. Memang, ada gangguan perhatian tertentu yang berdampak negatif terhadap konsentrasi, seperti ADD dan ADHD, antara lain. Kondisi ini disebabkan oleh bagian frontal otak yang lebih lambat atau terbelakang yang mengendalikan perilaku perhatian kita. Masalah ini bisa dimediasi melalui pengobatan. Namun, ada banyak strategi dan metode perilaku yang dapat membantu Anda meningkatkan konsentrasi Anda, apakah Anda menderita gangguan perhatian yang sebenarnya, atau hanya ingin meningkatkan kekuatan perhatian Anda. Dengan kata lain, mari kita lihat lebih dekat beberapa cara melatih konsentrasi.

Cara Melatih Konsentrasi yang Terbaik

1. Hindari Input Sensitif secara Konstan

Ini sepertinya sangat sulit untuk dimulai, tapi mungkin yang paling penting, mengingat keadaan dunia modern kita saat ini. Kami terus-menerus dibombardir dengan masukan sensorik, dari iklan di setiap bangunan dengan permintaan bip dari ponsel dan tablet. Kehidupan sehari-hari memaksa kita untuk terus mengalihkan fokus dan perhatian kita, yang diyakini banyak orang menyebabkan peningkatan gangguan perhatian. Seiring bertambahnya usia, kita mempelajari perilaku tertentu, dan sebagai bukti dengan meroketnya diagnosis ADHD, orang muda sangat rentan terhadap kebiasaan konsentrasi buruk. Letakkan telepon Anda, hindari masukan konstan, dan berlatih berkonsentrasi pada satu hal untuk sekali ini saja!

2. Tetap Tenang

Stres menyebabkan tubuh kita memasuki keadaan kesadaran yang tinggi, karena pelepasan hormon dan neurotransmiter tertentu saat kita “stres”. Sisa tenang, bahkan dalam situasi yang berpotensi tegang, bisa sangat sulit, namun membangun rasa tenang dalam hidup Anda akan membantu pikiran Anda melompat dari satu pemikiran ke pemikiran berikutnya. Anda perlu membangun pola pikir yang damai sebelum berkonsentrasi pada satu hal.

3. Belajar Merenungkan

Salah satu cara melatih konsentrasi yang paling santai dan menyegarkan Anda adalah dengan bermeditasi. Ada banyak bentuk dan filosofi yang berbeda untuk meditasi, yang melampaui cakupan artikel ini, namun dengan membersihkan pikiran Anda dan berfokus pada “tidak ada apa-apa” atau mantra tunggal, Anda melatih otak Anda untuk menghilangkan gangguan dalam kehidupan normal Anda. Ini bisa sangat ampuh jika Anda berjuang untuk tetap fokus.

4. Mengelola Perhatian Anda

Anda harus mencoba untuk tetap hadir dan terlibat dalam satu tugas atau gagasan tanpa kehilangan perhatian dan tersesat dalam pemikiran lain. Dengan “mengelola” perhatian Anda, Anda dapat memperbaiki kekuatan organisasi Anda, baik secara mental maupun fisik. Niat ini untuk tetap hadir dan fokus tidaklah mudah dilakukan, tapi ini akan mengingatkan Anda akan apa yang Anda cari – keterampilan konsentrasi yang lebih baik.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

5. Praktik Memprioritaskan

Sangat sering, hidup terasa luar biasa karena terlalu banyak hal yang harus dilakukan. Daftar Tugas Anda terus berkembang dan Anda merasa sulit berkonsentrasi pada satu tugas tanpa memikirkan lusinan hal lain yang perlu dilakukan pada akhir bulan ini. Memprioritaskan dapat menghilangkan sumber stres itu, jadi pilihlah “tenggat waktu” atau “tanggung jawab” terpenting atau paling penting, apakah itu mendapatkan belanjaan, menyelesaikan tugas, atau menjemput seorang teman dari pekerjaan, dan perlahan-lahan mengetuk yang paling penting satu dengan satu. Ini akan memberi Anda lebih banyak kendali atas jadwal dan pikiran Anda, daripada membiarkan tanggung jawab mengendalikan Anda!

6. Mengatur Diet Anda

Makan memiliki dampak besar pada cara kita berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda biasanya melewatkan makan karena jadwal yang tidak pasti, atau jika Anda cenderung makan berlebihan dalam situasi stres, Anda membuatnya lebih sulit untuk berkonsentrasi . Tubuh dan pikiran membutuhkan nutrisi yang tepat dan asupan energi reguler agar berfungsi dengan baik. Jika Anda “goyah” dan memikirkan betapa Anda ingin makan siang, Anda tidak akan bisa fokus pada apapun sampai Anda mendapatkan camilan.

7. Tetapkan Jadwal

Membuat jadwal hidup menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang, dan tidak mungkin untuk membayangkan orang lain. Namun, jika Anda ingin mengatur hidup Anda sedikit lebih lama, bahkan dengan waktu yang ditentukan untuk tidur dan bangun, tubuh Anda akan mengalami ritme lebih tinggi dan tingkat stres Anda akan menurun. Ini akan membantu Anda berkonsentrasi pada tatanan normal hari Anda, daripada mencoba menyusun rencana Anda setiap pagi, terganggu oleh ribuan kemungkinan.

Baca Juga: Cara Tidur yang Baik

8. Makan Makanan yang Mendorong Otak

Hal-hal yang Anda pilih untuk makan juga berdampak pada konsentrasi Anda. Makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan senyawa organik tinggi yang merangsang tubuh dan pikiran sangat bagus untuk konsentrasi, sementara kandungan lemak jenuh tinggi, gula buatan, dan kalori kosong tidak akan membantu Anda saat Anda mencoba memusatkan perhatian. Cobalah menambahkan teh hijau, blueberry, salmon, oatmeal, dan telur ke diet mingguan Anda dan lihat apakah otak Anda tidak mendapat sedikit dorongan!

9. Kelilingi Diri Anda dengan Orang Terfokus

Konsentrasi keterampilan bahkan dapat dikembangkan dengan memperhatikan orang lain. Jika Anda berjuang untuk tetap fokus saat bekerja, cobalah bekerja sama dengan seseorang yang berkinerja tinggi, atau yang sepertinya tidak pernah stres untuk tenggat waktu. Anda dapat melihat kekuatan konsentrasi yang kuat di mana-mana dari bioskop sampai pekerjaan kantor Anda, jadi perhatikan tanda fisik, gerakan, fokus visual, dan gelembung fokus yang sepertinya ada di sekitar orang-orang ini. Meniru sifat-sifat yang sama untuk meningkatkan konsentrasi Anda sendiri.

10. Tetapkan Sasaran yang Jelas

Mengejar impian tertentu dan membuat tujuan dan tenggat waktu yang kuat akan membantu membuat Anda bertanggung jawab terhadap tugas yang ada. Tanpa bekerja menuju sesuatu, motivasi untuk bekerja lebih cepat atau lebih efisien hilang. Anda perlu memberi diri Anda alasan untuk fokus dan tetap berdedikasi pada satu konsep atau gagasan, jika tidak, ada kemungkinan gangguan lain yang muncul mungkin cukup untuk menghancurkan konsentrasi Anda.

11. Gunakan Latihan Konsentrasi

Ada sejumlah latihan sederhana yang bisa memperkuat otak dan kekuatan konsentrasi Anda. Anda dapat mencari banyak panduan latihan ini secara online, dan sebagian besar strategi dan “latihan” dapat diselesaikan dalam beberapa menit setiap hari. Melatih otak Anda seperti melatih tubuh Anda; Anda tidak akan melihat perbaikan kecuali Anda mengerjakannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.