Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Secara Permanen dan Mencegahnya Kembali

Posted on

Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Secara Permanen dan Mencegahnya Kembali – Dalam mengatasi masalah ini hal yang pertama harus dilakukan adalah mengusir kutu tersebut, lalu setelah itu menjalani perawatan dengan rutin agar kutu tidak kembali datang. Berikut ini adalah cara menghilangkan kutu di rambut secara alami pada rambut yang menyebabkan timbulnya rasa gatal, seperti yang dikutip dari Top 10 Home Remedies.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

1. Almond

Almond merupakan bahan yang paling efektif untuk menghilangkan kutu secara alami yang dapat perawatannya dapat dijalankan sendiri di rumah. Caranya sediakan 10 biji almond, lalu direndam dalam air selama semalaman. Di pagi hari, kemudian almond dikupas dan digiling atau almond ditumbuk hingga menjadi pasta pekat. Beri tambahan tiga sendok air perasan lemon atau jeruk nipis ke dalam pasta. Setelah itu, krim yang sudah jadi dioleskan pada kulit kepala juga rambut secara merata. Diamkan selama kurang lebih dua jam. Lalu bersihkan pasta yang menempel dengan menggunakan air dingin. Perawatan dengan menggunakan almond untuk menghilangkan kutu alami dapat Anda lakukan seminggu sekali selama dua bulan berturut-turut.

2. Alkohol

Untuk menghilangkan kutu, Anda dapat menggunakan alkohol yang mengandung 70% isopropil atau alkohol absolut. Penggunaan bahan ini tergolong aman dan keberhasilannya pun sangat terjamin, tergantung seberani apa Anda mencobanya. Caranya adalah sediakan wadah berupa baskom atau bisa juga mangkuk, lalu tuangkan alkohol ke dalamnya. Untuk mengusap alkohol ke seluruh dan kulit kepala, gunakanlah jari dan gosok secara perlahan. Diamkan dalam beberapa menit. Sebelum dibersihkan, tambahkan kondisioner secukupnya untuk menggosok kulit kepala Anda. Setelah itu, gunakan sisir khusu kutu untuk mengeluarkan semua kutu dari rambut. Jika semua proses sudah selesai, Anda dapat membersihkan rambut dengan cara keramas. Anda dapat melakukan perawatan ini sekali dalam seminggu selama satu atau dua bulan.

3. Jus Lemon

Hanya dengan menggunakan jus lemon, kutu di rambut akan tersiksa oleh sifat asan yang dimiliki jus lemon. Caranya sediakan buah lemon yang segar, lalu dibuat menjadi jus. Kemudian basuh rambut Anda dengan jus lemon. Biarkan selama setengah jam, setelah itu bilas dengan menggunakan cuka dan air hangat. Cara menghilangkan kutu alami dengan jus lemon dan sedikit cuka ini, dapat menghilangkan kutu dengan cepat. Cara alami ini cocok digunakan mulai dari orang dewasa hingga anak-anak, selain itu cara alami ini tidak membahayakan rambut.

4. Minyak Zaitun

Minyak hasil ekstraksi dari buah zaitun ini adalah bahan perawatan kulit yang peminatnya tidak pernah ada habisnya, hal ini karena minyak zaitun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah untuk menghilangkan kutu rambut dengan cara alami. Caranya oleskan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala serta pada tiap helai rambut sebelum menjelang tidur malam. Kemudian gunakan shower cap untuk menutup kulit kepala dan rambut, dan tidurlah dengan posisi terlentang. Pada esok harinya, bersihkan rambut dengan menggunakan air bersih, lalu akhiri dengan keramas. Anda dapat melakukan ritual kecantikan ini setiap hari, selain itu minyak zaitun tidak memiliki efek samping pada kondisi kulit rambut.

5. Bawang Merah

Bawang merah biasa digunakan sebagai bumbu dapur dan juga sebagai obat untuk sejumlah penyakit. Tapi siapa yang dapat menyangka, jika kandungan sulfur yang ada di dalam bawang merah dapat dimanfaatkan untuk membunuh kutu di rambut? Caranya sediakan 4-5 siung bawang merah, lalu diblender hingga berbentuk pasta kental. Gunakan kain untuk membalutnya dan peras sampai airnya keluar, kemudian tampung ke dalam mangkuk. Setelah itu oleskan minyak bawang merah pada kulit kepala, kemudian pijat dengan perlahan lalu tutup dengan menggunakan shower cap. Lalu diamkan selama kurang lebih dua jam. Kemudian keramas dengan shampo seperti biasanya, tetapi air yang digunakan harus hangat. Jika sudah selesai, keringkan dengan handuk secara perlahan, kemudian gunakan sisir kutu untuk menyisir dan mengusir kutu dari rambut Anda. Anda dapat melakukan perawatan ini satu kali dalam seminggu selama dua bulan berturut-turut hingga kutu di rambut Anda benar-benar hilang.

6. Mayones

Siapa yang tidak mengenal mayones? Mayones tidak hanya dijadikan sebagai pasta untuk burger dan hot dog saja, menurut The Minnesota Health Department mayones juga dapat digunakan untuk mengurangi kutu di rambut. Caranya balurkan mayones di rambut dan kulit kepala Anda secara merata juga menyeluruh. Gunakan shower cap atau plastik untuk menutupnya, jika perlu Anda dapat membungkusnya dengan handuk sebagai pelapis. Setelah itu biarkan mayones bekerja untuk membunuh kutu selama minimal 5 sampai 6 jam. Jika sudah selesai, cuci rambut Anda dengan shampo biasa dan keringkan dengan menggunakan hair dryer temperatur panas untuk memaksimalkan hasil kerja dari mayones dalam membunuh kutu. Terakhir, gunakanlah sisir kutu dengan perlahan dan lihatlah ada berapa banyak kutu yang tewas. Anda dapat menerapkan cara menghilangkan kutu alami dengan mayones sebanyak satu kali dalam seminggu selama dua bulan.

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa disamping digunakan untuk memasak juga dapat membantu menghilangkan kutu rambut. Berikut cara menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan kutu. Langkah pertama, oleskan minyak ke seluruh permukaan rambut, lalu pijat secara perlahan. Untuk menutupnya gunakan shower-cap dan biarkan selama semalaman. Lalu esok harinya, cuci rambut Anda dengan shampo. Jika sudah kering, sisir dengan menggunakan sisir khusus kutu. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari, maksimal lima hari. Jika kutu belum mati semua, teruskan lagi cara ini pada minggu berikutnya.

8. Cuka

Cuka memiliki kadar asam asetat yang sangat efektif untuk membunuh kut juga menghancurkan telur kutu yang belum menetas. Tetapi ada efek samping yang timbul dan terkadang merugikan, oleh sebab itu sebelum Anda menggunakannya untuk mengoleskannya pada rambut, sangat penting untuk menambahkan air pada cuka secukupnya.

9. Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih

Kolaborasi kedua bahan ini adalah obat kutu alami yang terbukti keberhasilannya hingga saat ini dalam memberantas kutu rambut. Caranya dua buah jeruk nipis diperas, lalu taruh ke dalam mangkuk dan tambahkan enam sendok makan minyak kayu putih. Gunakanlab tangan untuk mengusap ke seluruh rambut dan kulit kepala Anda, dan biarkan selama dua jam. Terakhir, cuci rambut Anda dengan air dan shampo hingga bersih.

10. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah tumbuhan yang sering digunakan untuk merawat rambut dan menghindari rambut dari berbagai masalah seperti, bercabang, kerontokan, ketombe dan kutu. Caranya siapkan tanaman lidah buaya yang tua yaitu berwarna hijau tua dan daun berada paling bawah, sesuai dengan ketebalan rambut. Kemudian cuci tanaman lidah buaya dengan air dan dibelah menjadi dua bagian. Lalu gosok bagian dalam dari lidah buaya pada kulit kepala dan rambut secara perlahan, pastikan  bahwa gel atau lendir dari lidah buaya mengenai kulit kepala. Kemudian ratakan lendir dengan menggunakan tangan yang sudah dibasahi air, lalu pijat selama 20 menit secara perlahan. Selang 2 sampai 3 jam, cuci rambut Anda dengan air. Terakhir, agar bau dari lidah buaya hilang, maka keramas.

11. Daun Sirsak

Air dari rebusan daun sirsak dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kutu dengan cara alami. Caranya cukup mudah, siapkan daun sirsak sebanyak satu genggam, kemudian direbus ke dalam air secukupnya. Gunakan air rebusan daun sirsak untuk keramas, tetapi sebelum keramas bersihkan rambut menggunakan air dingin.

12. Kapur Ajaib

Penggunaan kapur ajaib bukanlah metode yang alami namun terjamin hasilnya. Yang dimaksud kapur ajaib ini bukan kapur yang biasa digunakan untuk menulis di papan tulis, tetapi dimanfaatkan untuk kesehatan, tepatnya untuk membunuh serangga kecil. Kapur ajaib bisa digunakan untuk mencegah kecoa masuk ke dalam rumah, menghalangi semut yang ingin masuk ke dalam toples juga untuk membunuh kutu rambut. Caranya yaitu goreskan kapur di kulit kepala secara merata dan menyelurh, lalu diamkan selama tiga jam, dan terakhir bersihkan dengan menggunakan air dingin juga shampo. Cara menghilangkan kutu dengan kapur ajaib ini tidak boleh dilakukan dengan sering karena di dalamnya terdapat zat kimia yang membahayakan rambut.

Cara Mencegah Kutu Rambut Datang Kembali

1. Dalam waktu beberapa hari, jangan tidur satu ranjang atau berdekatan dengan orang atau anggota keluarga yang kutuan, karena kutu dapat melompat ke rambut Anda.

2. Apabila anggota keluarga Anda sudah merasa berhasil dalam mengusir kutu, coba cek sekali lagi dengan teliti untuk memastikan bahwa kutu tersebut telah hilang dengan sempurna.

3. Jika masih ada kutu yang tersisi meskipun sedikit, segera basmi dengan salah satu cara di atas.

4. Jangan menggunakan topi dan penutup kepala lainnya serta handuk yang habis dipakai oleh orang yang sedang kutuan.

5. Agar terhindar dari berbagai masalah rambut, maka terus jaga kebersihan dan kesehatan rambut Anda.

Demikianlah penjelasan mengenai tips sehat Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Secara Permanen dan Mencegahnya Kembali dengan menggunakan metode alami yang aman dan Anda pun tidak perlu merasa khawatir akan risiko atau efek samping yang mungkin bisa saja terjadi. Jika Anda ingin cara yang lebih cepat dalam menghilangkan kutu, Anda harus menyiapkan budget yang cukup untuk membeli obat untuk mengobati kutu rambut di kepala. Anda dapat membeli obat pembasmi kutu rambut di apatek atau di klinik kecantikan terdekat.

(WikiSehat.com)

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara menghilang kan kutu rambut dan tidak balik lagi secara permanen, benarkah lidah buaya bisa menghilangkan kutu permanen. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *