Inilah Caranya Agar Bangun Tidur Tidak Kesiangan

Posted on

Cara Efektif Bagun Tidur Pagi Tepat Waktu

 

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Bangun di pagi hari, mungkin bagi anda dan sebagian orang  menganggap hal ini sudah menjadi suatu hal yang sangat mudah. Tanpa bantuan dari pengingat atau alarm pun, terkadang mereka sudah bisa bangun pagi, bahkan hal itu sudah menjadi kebiasaan yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Namun disisi lain, masih banyak orang yang merasa bahwa bangun pagi adalah hal yang sulit. Sehingga hal hal ini merupakan kebiasaan yang tidak baik, namun perlu adanya cara yang efektif untuk bangun pagi secara rutin.

Kesulitan bangun di pagi hari ini bagi kebanyakan orang ternyata di picu oleh beberapa faktor, diantaranya terkait dengan tingkat stres, masalah psikologi, dan tinggkat emosional seseorang yang memuncak. Yang mana dari hal tersebut membuat seseorang akan menjadi sulit untuk bangun tepat waktu di pagi hari.

Maka dari itu, ada beberapa tips yang anda bisa terapkan agar bisa terbiasa bangun di pagi hari. Sehingga hal ini tidak akan menjadi momok lagi bagi anda yang kesulitan bangun pagi.

index2

Dan berikut adalah cara yang dapat anda lakukan agar bisa bangun pagi setiap hari.

 

1.    Hindari makan berat sebelum tidur malam

Hindarilah mengkonsumsi makanan  berat sebelum anda tidur. Hal ini karena bila anda langsung tidur setelah makan, hal ini akan berdampak buruk bagi tubuh anda. Yang mana makanan yang anda konsumsi itu bisa membuat sistem percanaan terpaksa bekerja lebih keras di saat anda sedang tidur. Sehingga waktu tidur anda tidak berkualitas, bahkan kebisaan yang semacam ini akan memicu terjadinya insomnia dalam diri anda. Usahakan watu untuk tidur kurang lebih dari 3 jam setelah anda makan, sehingga sistem pencernaan anda tidak lagi memproses makanan yang sedang anda konsumsi.

2.    Letakkan alarm yang jauh dari tempat tidur.

Dengan cara ini, maka secara tidak langsung ketika alarm atau pengingat anda berbunyi anda akan tidak mudah untuk mengambil alarm tersebut untuk mematikannya kembali. Sehingga mau tidak mau anda harus segera bangun pagi hari untuk melakukan aktifitas kembali.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

3.    Segera mandi setelah bangun pagi

Perlu di ketahui, hal yang paling sulit ialah mandi setelah bangun pagi. namun, dari sinilah anda bisa mendapat kunci agar bisa terbiasa bangun di pagi hari. Ini karena madi di pagi hari dengan kondisi air dalam keadaan masih dingin, sehingga akan dapat membangunkan sistem saraf dan menyadarkan anda dari kantuk yang tertinggal. Dan secara tidak langsung pula hal ini dapat membuang rasa malas dan membuat tubuh menjadi segar dan bugar di pagi hari.

4.    Kurangi aktifisat malam anda

Dengan mengurangi aktifitas di malam hari, hal tersebut akan membantu anda agar tidak bangun kesiangan. Karena bila anda terlalu menyibukkan diri di waktu malam hari, maka kemungkinan besar anda akan kesulitan bangun tepat waktu. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika anda mengurangi aktivitas malam yang bisa menguras tenaga, sehingga tidak mengganggu pola tidur anda.

5.    Berolahraga

Dengan melakukan olahraga,layaknya gerakan-gerakan senam yang simpel di rumah, maka hal itu dapat membantu tubuh anda menjadi lebih cepat aktif kembali. Sehingga hal ini bisa menyuplai adat anda bisa lebih cepat untuk bangun pagi setiap hari.

6.    Minum air putih sebelum dan sesudah tidur

hal tersebut dilakukan agar bisa mendorong anda untuk segera buang air kecil ke kamar mandi. Dengan cara yang seperti ini, maka dengan terpaksa anda harus bangun di pagi hari. Dan fungsi dari minum air setelah bangun tidur ialah untuk mengganti cairan tubuh atau cairan ion yang hilang saat anda tertidur, agar anda bisa beraktifitas dengan semangat, dan mengaktifkan lagi beberapa oragan tubuh yang terdapat dalam tubuh. Sehingga, anda tidak lagi merasa mengantuk dan bisa melakukan kegiatan di pagi hari.

Seperti yang di ketahui bersama, tidur lebih awal dan bangun lebih pagi memiliki banyak manfaat, baik secara kesehatan fisik maupun psikologi. Oleh sebab itu, sangatlah di sayangkan jika anda melewatinya dan tidak ingin berusaha untuk berubah polah hidup yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.