MADU: Beragam Khasiat Untuk Kecantikan

Posted on

WikiSehat.com – Siapa sih yang gak tau sama madu? Madu merupakan salah satu bahan yang memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Selain untuk kesehatan, madu juga memiliki banyak manfaat bagi para wanita yang menginginkan kecantikan secara alami. Madu kaya akan antioksidan yang mana dapat membuat kulit dan rambut menjadi lebih sehat dan bercahaya. Kim Wallace, seorang ahli kecantikan sekaligus pendiri kimberlyloc.com mengatakan bahwa “Jika kalian mencari perawatan kulit yang murah dan memiliki manfaat hebat, maka madu murni bisa membantu kalian untuk mendapatkannnya”. Nah, kalau begitu berikut ini adalah beberapa manfaat madu untuk kecantikan kulit, bibir, dan rambut yang bisa kalian dapatkan dari pemakaian madu murni secara rutin!

Manfaat Madu Untuk Kecantikan

1. Melembabkan kulit

Madu dapat digunakan sebagai pelembab kulit kering karena komposisinya digambarkan sebagai humectant. Humectant merupakan zat yang dapat menarik air dan mengunci didalamnya sehingga membuat kulit terjaga kelembabpannya.. Menggunakan masker wajah yang terbuat dari madu terbukti memberikan manfaat bagi area kulit yang cenderung kering atau gatal karena memberi kelembaban pada area tersebut. Manfaat madu tersebut bisa kalian dapatkan bila rutin menggunakan madu sebagai masker wajah. Cara penggunaannyapun tidak sulit, hanya dengan mengoleskan madu pada kulit wajah kemudian diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air dingin. Untuk hasil yang maksimal lakukan setidaknya satu minggu 2 kali.

2. Mengatasi masalah pori-pori

Madu alami memiliki kandungan enzim dan antibakterial. Kedua kandungan tersebut dapat melawan ketidakseimbangan bakteri dan toxic. Dengan demikian, pori-pori kalian akan tetap terjaga kebersihannya. Caranya yaitu cukup siapkan madu dan 1 buah lemon segar, setalah itu belah lemon kemudian ambil air perasannya dan campurkan 3-5 sendok makan air lemon dengan madu secukupnya. Jangan lupa bersihkan wajah terlebih dahulu, setelah itu oleskan masker madu secara merata keseluruh bagian wajah, pijat kulit wajah dengan lembut selama 10-15 menitan. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Cukup mudah bukan?

3. Menyegarkan mata yang lelah

Apakah kalian pernah merasakan jika mata lelah akan membuat tampilan terlihat buruk? Yap! Ketika kalian mengalami kelelahan mata dan hal tersebut akan menyebabkan mata panda yang membuat kalian terlihat lebih tua. Madu merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu masalah tersebut. Tidak perlu sulit–sulit untuk membuatnya. Cukup taruh madu di kelopak mata kalian yang tertutup. Setelah sekitar 30 menit, bersihkan madu dengan air dingin. Dan kalian akan merasakan mata terasa segar kembali.

4. Mengencangkan kulit wajah

Siapa sih yang menolak untuk memiliki wajah yang kencang? Bahkan banyak para wanita maupun laki-laki yang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan agar mendapatkan wajah yang kencang loh. Kali ini kalian tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan wajah yang kencang, karena madu dapat membantu kalian untuk mendapatkannya. Cukup oleskan satu sendok madu yang telah dicampur dengan putih letur ke wajah kalian. Tunggu hingga masker mengering. Setelah masker kering bilas wajah dengan bersih menggunakan air hangat. Gunakan secara rutin satu kali tiap minggu untuk mendapatkan wajah yang kencang.

5. Membantu menghilangkan jerawat di wajah

Ternyata madu juga memiliki fungsi dan manfaat membunuh bakteri penyebab jerawat loh. Madu juga dapat menghilangkan noda bekas jerawat yang dapat merusak penampilan kalian. Madu dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Oleh karena itu, madu merupakan bahan dasar paling ampuh yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Tips ini dapat kalian lakukan dengan cara mencampurkan satu sendok sendok madu dengan sedikit bubuk kayu manis. Setelah itu usapkan campuran madu dan bubuk kayu manis pada bagian wajah kalian yang berjerawat atau noda bekas jerawat. Diamkan selama semalaman dan bersihkan di pagi harinya. Lakukan treatment ini berulang-kali minimal selama satu minggu secara rutin. Maka kalian akan mendapatkan wajah yang bersih dan mulus.

6. Mencerahkan kulit wajah

Kandungan yang terdapat pada madu ternyata dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah kalian sehingga dapat memutihkan kulit wajah secara efektif. Memiliki wajah yang cerah akan memberikan nilai plus untuk tampilan kalian pastinya. Berikut yang perlu kalian ialah dengan menyiapkan 1 sendok makan madu, 1 sendok makan almont, 1 sendok makan teh air lemon, serta 1 sendok makan oatmeal. Setelah itu campurkan semua bahan yang telah disiapkan lalu aduk hingga merata. Oleskan pada kulit wajah kalian dan pijat dengan pelan. Diamkan selama 10 menit agar meresap baik kewajah lalu bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk halus.

7. Mengurangi minyak berlebih

Kulit berminyak memang sangat mengganggu penampilan. Wajah juga akan terlihat kusam ketika wajah berminyak. Selain itu minyak berlebih merupakan faktor utama penyebab jerawat. Dengan menggunakan madu kalian bisa mengatasi masalah kulit berminyak pada wajah kalian. Caranya juga cukup mudah! Kalian hanya perlu mengoleskan madu secara merata ke kulit wajah. Lalu diamkan sekitar 20 menit untuk membuat madu bisa bekerja dengan baik. Selain cukup ampuh untuk menghilangkan kelebihan minyak di wajah. cara ini juga bisa membantu mencegah timbulnya jerawat. Jadi jika kalian menggunakan masker ini dengan teratur, maka kalian akan merasakan khasiatnya yang luar biasa.

8. Menghilangkan flek hitam di wajah

Flek hitam diwajah dapat muncul karena beberapa faktor, namun yang paling umum yaitu karena sinar matahari berlebih dan bekas jerawat. Tentunya flek hitam sangat mengganggu penampilan wajah kalian, bukan? Jika kalian menginginkan bahan alami untuk menghilangkan flek hitam, kalian bisa mencoba dengan madu. Agar lebih efektif dalam menghilangkan flek hitam di wajah, kalian hanya perlu menambahkan dengan buah lemon. Caranya yaitu dengan mencampurkan 2 sdm madu dengan 1 ½ sdm lemon segar. Aduk hingga merata kemudian oleskan ke kulit wajah. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas wajah hingga bersih.

9. Menjadikan rambut lebih bersinar

Enzim dan nutrisi yang melimpah pada madu murni membuat rambut yang tadinya kusam menjadi lebih bersinar. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sdm madu murni dengan 2 sdm minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut secara merata ke bagian bawah dua pertiga dari rambut yang basah. Diamkan sekitar 15­-20 menit kemudia bilas dengan bersih. Lakukan secara rutin dan rasakan hasilnya.

10. Memerahkan bibir

Kandungan madu yang kaya akan mineral, seperti magnesium, natrium, kalsium, fosfor, kalium, serta kaya akan vitamin membuat madu sangat baik untuk merawat bibir. Kandungan mineral dan vitamin pada madu juga dapat melembabkan bibir secara alami. Caranya cukup sederhana, kalian tinggal mengoleskan madu pada bibir selama 30 menit, kemudian dibilas dengan air hangat. Campuran minyak zaitun dan madu dapat memaksimalkan teratment ini. Lakukan perawatan ini pada malam hari sebelum tidur secara rutin, maka bibirmu akan merah merona secara alami.

Jadi, itulah beberapa manfaat dari penggunaan madu secara rutin yang bisa kalian dapatkan untuk kecantikan wajah dan rambut kalian. Selamat mancoba, guys!

 

Terima kasih telah membaca artikel tentang tips kecantikan menggunakan madu. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *