Tips Melakukan Keramas Agar Hasil Maksimal

Posted on

WikiSehat.com – Polusi, udara, dan terik matahari, serta debu merupakan kotoran yang bisa membuat kulit kepala kalian menjadi sensitif loh, guys. Dan pada akhirnya kulit kepala kalian pun akan merasakan gatal – gatal, bahkan sampai iritasi. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut?. Sebelumnya, Kalian harus tahu jika kulit kepala yang sensitif dikarenakan oleh rambut yang kotor, sehingga akan menyebabkan ketombe di rambut kalian. Ketombe tersebut dapat membuat kulit kepala kalian memproduksi minyak yang berlebih, sehingga dampaknya kulit kepala menjadi gatal-gatal. Hal yang sering dan paling mudah untuk dilakukan agar kulit kepala tetap sehat yakni dengan keramas.

Guys, manfaat keramas selain membuat rambut kita menjadi bersih juga akan membuat tampilan semakin menarik dan membuat kalian semakin percaya diri. Dan salah satu cara termudah menjaga kebersihan rambut ialah dengan rutin melakukan keramas sesuai dengan ketentuan. Namun, Tips Melakukan Keramas Agar Hasil Maksimal Yang Perlu Diketahui Ternyata guys, untuk hanya berkeramas pun juga memiliki cara yang benar, dimana dapat mempengaruhi kesehatan dan kecantikan rambut kalian. Dan sebaliknya guys, jika kalian melakukan keramas dengan cara yang salah maka akan merusak rambut tanpa kalian sadari. Dikutip dari Style Caster, berikut ini adalah tips keramas dengan cara yang benar yang dipaparkan oleh dua professional terkemuka di bidang rambut di New York, yakni Nunzio Saviano dan Kyle White.

Cara Keramas yang Baik

1. Mulailah dengan membilas rambut

Sama halnya seperti kalian mencuci baju, rambut pun juga perlu dibilas atau dibahasi terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan shampoo. Kyle White menyarankan bahwa lebih baik menggunakan air hangat pada bilasan rambut pertama. Hal itu dinjurkan karena air hangat dapat membuka kutikula rambut sehingga memudahkan untuk menghilangkan kotoran atau sisa produk rambut yang menempel pada kulit kepala.

“Ketika kalian membilas rambut menggunkan air hangat, hal tersebut memberikan manfaat menghilangkan minyak di kulit kepala,” ujar Saviano.

2. Jika Anda memiliki rambut panjang, dahulukan conditioner

Bagi kalian yang memiliki rambut di bawah bahu, lindungi bagian ujung rambut kalian yang rapuh dari kekeringan dan kerusakan dengan memberikan sedikit conditioner terlebih dahulu sebelum menggunakan shampoo. Selain untuk menjaga agar ujung rambut tetap sehat, memakai conditioner juga akan mengisi lubang kutikula dengan kelembaban sehingga rambut tetap halus dan semakin bersinar.

 3. Keramas hanya pada kulit kepala

Saviano mengatakan bahwa kita hanya perlu keramas di bagian kulit kepala, akar rambut, hingga ujung rambut. White juga mengatakan “bagian rambut yang paling dekat dengan kulit kepala ialah rambut yang paling muda dan akan sangat berminyak, sedangkan ujung rambut ialah yang paling tua dan biasanya menjadikan bagian rambut yang paling kering serta paling rapuh”. Baik Saviano ataupun White juga menyarankan untuk tidak berlebihan dalam menggunakan shampoo.

4. Keramas dengan lembut

Ketika kalian sedang menggosok rambut saat sedang berkeramas, perlakukan rambut kalian dengan lembut guys. Kalian bisa memulainya dari akar rambut dengan cara memberikan penekanan lembut pada kulit kepala melalui pijatan vertikal bertekanan sedang. Cara ini juga bisa merangsang pertumbuhan rambut kalian serta meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Lalu, pada bagian ujung rambut dapat disisir menggunakan jari agar rambut tetap halus. Hal tersebut seperti yang dikatakanoleh White “Mulailah dari akar, kemudian ke kulit kepala dan rangsang pertumbuhan rambut dengan tekanan sedang,”. Dia juga menggaris bawahi jika jangan menggunakan gerakan melingkar yang akan membuat rambut terlihat kusut.

5. Tambahkan condisioner dari pertengahan ke ujung rambut

Setelah memekai shampoo dan selesai dibilas, peras rambut kalian sebelum memakai condisioner. Diamkan untuk beberapa saat atau kalian juga bisa meninggalnya terlebih dahulu dengan menjepitkan. Setelah itu, kalian bisa membilas kondisioner saat sesi terakhir mandi. Semakin lama konditioner menyerap pada rambut kalian, maka akan semakin baik.

6. Bilas rambut dengan air dingin

White menjelaskan jika menggunakan air dingin sebagai bilasan terakhir saat kemaras dapat menutup kutikula serta lapisan luarnya yang dapat terkena banyak cahaya yang dapat menghambat rambut tumbuh berkilau.

Nah, itu tadi adalah tips dan trik mencuci rambut dengan baik dan benar agar rambut kalian tetap terjaga kesehatannya. Dan gak cuman itu aja guys, berikut ini kita juga akan memaparkan frekuensi waktu yang tepat untuk berkeramas sesuai dengan jenis-jenis rambut. Mengapa itu perlu? Karena pada dasarnya setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda dimana juga memiliki karakteristik yang berbeda. Check it out!

Karakteristik Rambut

1. Rambut Kering

Kalian memiliki jenis rambut yang kering? Disini kalian disarankan untuk mencuci rambut yaitu dua kali seminggu. Hindari mencuci rambut setiap hari bagi kalian yang mengalami masalah rambut kering. Bila rambut kering kalian dicuci setiap hari, maka yang akan terjadi adalah menghilangkan minyak alami yang tersisa di rambut kalian. Oleh karena itu, lebih baik jika kalian keramas dua kali dalam seminggu menggunakan shampo yang ringan. Pastikan juga kalian tidak lupa untuk menerapkan kondisioner yang bisa membantu melembabkan batang rambut kalian.

2. Rambut Tipis

Bagi para wanita dengan rambut yang tipis biasanya memiliki rambut dengan tekstur yang lebih halus. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa rambut tipis dan halus cenderung menyerap minyak yang lebih banyak dari pada jenis rambut lainnya guys. Oleh sebab itu, kalian yang memiliki rambut tipis disarankan untuk mencuci rambut dengan shampo lebih sering yakni tiga kali dalam seminggu.

3. Rambut Tebal

Untuk wanita maupun pria yang memiliki rambut tebal biasanya tidak memiliki masalah dengan minyak, di karena membutuhkan waktu yang cukup untuk minyak dari kulit kepala ‘berjalan’ menyusuri helaian rambut yang tebal. Kalian dengan rambut yang tebal bisa keramas dalam frekuensi yang lebih jarang dari biasanya, misalnya saja seminggu sekali. Namun kalian juga tetap bisa mencuci rambut dua atau tiga kali dalam satu minggu untuk menjaga kesehatan rambut dan juga menyegarkan kulit kepala.

4. Rambut Panjang Alami

Hai Ladies, bagi kalian yang memiliki rambut panjang alami dan memiliki volume yang tidak terlalu tebal atau tipis, kalian bisa mengatur waktu keramas ssesuai dengan keinginan kalian. Namun, disarankan bagi kalian untuk keramas dua kali seminggu untuk menjaga kesegaran rambut kalian. Atau, kalian juga bisa menyesuaikan dengan kondisi atau keadaan rambut kalian. Jangan lupa juga untuk menggunakan kondisioner yang melembabkan sekaligus membuat helaiannya lebih halus.

Jadi, selain kalian harus tau dengan pasti bagaimana cara berkeramas yang baik dan benar agar rambut tetap sehat dan terhindar dari kerusakan, kalian juga harus mengetahui frekuesi waktu untuk berkeramas agar rambut tidak rusak hanya karena kalian terlalu sering berkeramas atau telat berkeramas. Itulah tadi beberapa hal yang bisa penulis sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Terima kasih telah membaca artikel tentang tips melakukan keramas. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *