Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil

Posted on

Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil – Mangga adalah buah yang sebenarnya dengan mudah bisa didapat. Dan manga menjadi salah satu buah yang merakyat karena harganya juga tidak tergolong mahal. Mangga dapat menjadi salah satu makanan keluarga, buah favorit keluarga. Akan tetapi dibalik kegunaan tersebut ternyata, buah manga juga mengandung banyak manfaat untuk ibu yang hamil. Apa saja manfaat mangga untuk ibu hamil ?

 

Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin A sendiri akan sangat bermanfaat untuk ibu karena ada beberapa manfaat vitamin A , yang perlu ketahui, manfaat mangga diantaranya :

  1. Mampu menjaga ketahanan tubuh sang ibu. Ketahanan ini sangat diperlukan karena ketika ibu mengalami kehamilan, ibu rentang terhadap penyakit apapun. Sehingga ini penting.
  2. Ibu memerlukan vitamin A untuk kesehatan mata bayi kelak. Vitamin A yang banyak terkandung dalam manga diperlukan untuk kesehatan bayi kelak.
  3. Ibu memerlukan vitamin A untuk menjaga kekebalan tubuh. Karena kekebalan tubuh ini sangat diperlukan untuk melangsungkan kegiatan dengan sehat dan positif.

 

Vitamin B6

Selain rasa yang manis juga menyegarkan , mangga ternyata mengandung salah satu asupan yakni vitamin B6. Ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan sangat membutuhkan makanan yang sehat, dan ibu perlu makanan yang mengandung vitamin B6. Kekurangan vitamin B6 dalam tubuh akan menyebabkan resiko. Resiko ini seperti resiko cacat yang lebih tinggi pada janin anda . Manfaat vitamin B6:

  1. Mangga menjadi salah satu sumber vitamin B6 yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi daya kognitif bayi.
  2. Ibu hamil membutuhkan nutrisi vitamin B6 dalam manga untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.
  3. Mengurangi mual, muntah dan lemah yang biasanya terjadi pada trimester pertama saat ibu hamil .
  4. Vitamin B6 dalam mangga penting menambah sel darah merah dalam tubuh.

 

Vitamin C

Vitamin C juga memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan kehamilan dan janin yang ada dalam kandungan. Vitamin C menjadi salah satu agen antioksida. Agen antioksida adalah agen yang membentuk sistem kekebalan tubuh yang mencegah ibu hamil dari infeksi bakteri dan kuman. Berikut kandungan vitamin C.

  1. Vitamin C yang terdapat dalam buah mangga menjadi salah satu nutrisi penting untuk menolak berbagai penyakit.
  2. Vitamin C yang terkandung dalam buah mangga akan menjadi salah satu tameng yang bisa mencegah penyebab kanker pada ibu hamil dan janin.
  3. Seperti vitamin B6, Mangga ternyata juga mendorong perkembangan dan fungsi dari sistem kognitif bayi.

 

Folat dan Kalium

Ternyata buah mangga juga mengandung folat dan kalium. Berikut ini manfaat kalium dan folat yang ditemukan dalam buah mangga.

  1. Kalium yang terdapat dalam buah mangga ternyata memiliki peran aktif untuk membantu peredaran darah dan sistem detak jantung pada ibu hamil dan janin.
  2. Kalium yang terdapat dalam buah mangga juga amat penting untuk menjaga jumlah elektrolit dalam tubuh ibu.
  3. Kalium akan membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih nyaman dan mengurangi kelelahan.

(baca juga: Khasiat buah merah papua sangat berguna untuk kesehatan tubuh)

Melawan radikal bebas

 

Buah mangga banyak mengandung vitamin C termasuk dalam kategori antioksidan. Senyawa ini akan melindungi tubuh terhadap ancaman penyakit kanker. Karena antioksidan sangat berguna dalam membasmi serangan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi oleh berbagai sistem kimia di dalam tubuh, asap rokok,

radiasi sinar matahari dan berbagai pengaruh lingkungan sekitar. Radikal bebas ini dapat memicu hambatan pada perkembang janin. Karena radikal bebas sangat sulit untuk dihindari. Oleh karenanya antioksidan sangat diperlukan oleh ibu yang menyusui.

Nah, demikian lah Manfaat Mangga Untuk Ibu Hamil . Semoga artikelnya membantu dan bermanfaat buat anda !

Terima kasih telah membaca artikel tentang buah utk ibu hamil. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *