Pengobatan Herbal Efektif Untuk Penyakit Gangguan Pernafasan

Posted on

WikiSehat.com – Biasanya untuk masalah pernafasan orang lebih suka untuk mengatasinya dengan menggunakan obat-obatan yang banyak di jual di apotek ataupun toko obat. Padahal selain obat-obatan tersebut, beberapa pengobatan herbal efektif untuk penyakit gangguan pernafasan banyak ditemui seperti penggunaan ginkgo, mullein, echinacea, licorice, cannabis, thyme, oregano, peppermint, dan elecampane, antara lain.

Pengobatan Herbal Efektif Untuk Penyakit Gangguan Pernafasan

Penyakit Gangguan Pernafasan

Klasifikasi masalah pernafasan sebenarnya mencakup berbagai macam penyakit dan gangguan yang mempengaruhi paru-paru dan sistem pernapasan. Dua kategori besar di antaranya adalah masalah pernapasan bagian atas dan bawah. Masalah pernapasan bagian atas mencakup hal-hal yang sederhana seperti flu biasa, atau gangguan hidung, sinus, mulut dan tenggorokan lainnya. Ini biasanya lebih mudah diobati daripada masalah pernapasan bagian bawah, yang mempengaruhi tabung bronkial dan paru-paru. Kebanyakan orang menderita satu atau dua infeksi pernafasan setiap tahun, yang biasanya tidak serius, tapi mengganggu dan mengganggu kehidupan normal.

Beberapa gejala dan masalah umum pada sistem pernapasan termasuk radang tenggorokan, batuk, sakit tenggorokan, kesulitan bernafas, nyeri dada, nafsu makan yang buruk, demam, mengi, tekanan sinus, pilek, sakit telinga, dan semua gejala flu dan flu yang tidak menguntungkan lainnya. Meskipun sebagian besar masalah ini tidak berlanjut ke tingkat yang serius, masalah pernapasan kronis dapat meningkatkan peluang Anda terkena pneumonia dan kerusakan jangka panjang pada saluran pernafasan. Sementara banyak orang menyarankan antibiotik untuk infeksi pernafasan, penggunaan antibiotik yang ekstensif dalam beberapa tahun terakhir telah menghasilkan banyak strain resisten antibiotik yang sangat sulit untuk dinetralisir.

Hal ini menyebabkan banyak orang beralih ke pengobatan alami atau herbal untuk masalah ini. Bukti anekdot dan tradisional untuk banyak dari solusi ini terdokumentasi dengan baik, dan bagi mereka yang mencari pilihan alami untuk membersihkan masalah pernafasan, maka dalam artikel ini akan dibahas pengobatan herbal efektif untuk penyakit gangguan pernafasan yang mungkin dapat kita gunakan sebagai panduan.

Pengobatan Herbal Pernafasan

1. Licorice

Salah satu solusi all-around terbaik untuk masalah pernafasan adalah akar licorice, karena sifat antibakteri, antivirus, ekspektoran, anti-inflamasi, dan penenangnya. Kehadiran saponin membantu mengeluarkan lendir dari saluran, di mana banyak bakteri dan patogen virus dapat ditemukan. Selanjutnya, antioksidan mencegah stres oksidatif dalam pembuluh darah dan mengurangi radang saluran udara untuk membantu Anda bernafas saat menderita masalah pernafasan. Licoricce atau yang di Indonesia sering disebut akar manis, dan sering kita jumpai atau dengar sebagai tambahan dalam permen ataupun penyegar mulut. Licorice merupakan salah satu pengobatan herbal efektif untuk masalah pernafasan.

2. Echinacea

Penelitian telah menghubungkan potensi antioksidan echinacea dengan pengurangan bronkitis kronis (PPOK), yang dapat sangat melemahkan paru-paru dan sistem pernapasan. Dengan menambahkan beberapa teh echinacea ke ramuan herbal mingguan atau harian, maka dapat dengan cepat membersihkan saluran pernafasan dan menenangkan peradangan, sehingga mengurangi keinginan untuk batuk dan sesak pada sistem pernafasan lebih jauh. Echinacea atau coneflower merupakan salah satu pengobatan herbal efektif untuk gangguan pernafasan yang sering kita jumpai di jamu herbal atau obat-obatan yang digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bagian tanaman Echinacea yang dapat dimanfaatkan meliputi akar, biji, bunga dan bisa juga semua bagian tanaman itu dibuat menjadi jus. Fungsinya yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh tentu sangat menguntungkan. Menurut monografi WHO selain untuk mengobati infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan, Echinacea juga dapat mengobati demam dan gangguan pada saluran kemih.

3. Ginkgo

Jika Anda menderita gangguan pernafasan yang sebenarnya, seperti asma, maka masalah pernafasan atau penyakit tambahan bisa menjadi sangat serius. Ekstrak ginkgo telah dikaitkan untuk mencegah serangan asma dengan menghambat faktor kimia tertentu (PAF) di dalam tubuh, sehingga menenangkan naluri hingga batuk dan mengi, serta memberikan kelegaan bagi mereka yang sudah berjuang untuk bernafas dengan normal. Ekstrak gingko selain digunakan sebagai pengobatan herbal efektif untuk penyakit pernafasan dapat juga digunakan untuk mempertahankan daya ingat dari seseorang, biasanya yang digunakan adalah ekstrak dari bijinya.

4. Mullein

Meski bukan ramuan yang paling sering dikonsumsi atau diresepkan, daun mullein mengandung ekstrak dengan kemampuan anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat yang membantu menghilangkan lendir (ekspektoran) dan menenangkan saluran tubuh yang radang dan kering, termasuk tenggorokan. Cara paling populer untuk mengkonsumsi mullein adalah dengan menyeduh teh yang kuat dari 1-2 gram mullein kering dan minum ini sekali sehari. Nama mullein tentu terdengar asing tetapi tanaman ini cocok sebagai salah satu pengobatan herbal efektif untuk penyakit gangguan pernafasan karena teh mullein sendiri dapat digunakan untuk meredakan semua jenis batuk, dan yang paling cocok adalah batuk kering yang disertai nyeri pada dada.

5. Peppermint

Menthol, bahan aktif terpenting dalam peppermint, mampu membersihkan jalur pernafasan, menenangkan radang, menetralisir radikal bebas, dan mencegah serangan alergi (efek antihistamin). Pendekatan komprehensif untuk mengobati masalah pernafasan dan infeksi membuat peppermint sebagai salah satu obat herbal yang paling populer. Teh peppermint adalah salah satu strategi pengobatan herbal efektif untuk masalah pernafasan atau dapat juga menggosok dada dengan minyak esensial peppermint yang membantu melegakan pernafasan.

6. Thyme

Dengan khasiat antibiotik, antivirus, dan anti jamur, sangat sedikit yang tidak dapat dilakukan thyme sehubungan dengan masalah gangguan pernafasan. Dengan menambahkan ramuan ini ke makanan, sebagian dapat membersihkan infeksi, namun pendekatan yang lebih manjur dan langsung dapat digunakan yaitu minyak esensial thyme, yang sangat kuat dan dipercaya sebagai bantuan pernapasan. Thyme merupakan salah satu pengobatan herbal efektif untuk penyakit pernafasan, yang merupakan salah satu jenis rempah yang berasal dari Mesir dan sangat terkenal di sana, aromanya sangat harum dan orang Yunani sering menggunakannya sebagai tanaman herbal.

7. Oregano

Hampir serupa dengan thyme, oregano memiliki minyak esensial dan asam penting yang membuatnya efektif untuk masalah pernafasan. Asam rosmarinat yang ditemukan di oregano memiliki efek antihistamin yang kuat dan merupakan dekongestan, disertai dengan sifat antibakteri yang kuat. Ini tidak hanya bisa menghilangkan lendir, tapi juga membunuh bakteri penyebab infeksi di tempat pertama, cepat mempercepat pemulihan. Oregano sering kita jumpai di berbagai macam masakan terutama yang berasal dari Italia. Selain untuk pengobatan herbal efektif untuk penyakit gangguan pernafasan, oregano juga memiliki kandungan vitamin A, mangan, Vitamin C yang tentu saja sangat baik untuk kekebalan tubuh. Oregano juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan pada mulut, iritasi pada gusi hingga meredakan nyeri yang didapat saat menstruasi.

8. Elecampene

Bagi orang yang rentan terhadap infeksi paru-paru atau pernafasan, elecampene telah lama menjadi solusi tradisional. Selama ribuan tahun, minyak esensial elecampene dan tincture sederhana dimana daun dibiarkan dalam air, telah diresepkan untuk melonggarkan lendir dan menghilangkan nyeri dada dan sesak yang terkait dengan kondisi ini. Elecampene merupakan tanaman herba yang dapat digunakan sebagai pengobatan herbal efektif untuk masalah pernafasan yang sering digunakan untuk membersihkan paru-paru. Tanaman herbal ini sering dijumpai di Asia, Inggris, Eropa Tengah dan Eropa Selatan yang dapat membantu menghilangkan lendir berlebih hingga membunuh bakteri yang sering menginfeksi paru-paru.

9. Chaparral

Chaparral adalah ramuan yang biasa ditemukan di Amerika Serikat bagian barat daya, namun tincture dan teh yang dibuat dengan tanaman ini memiliki sifat antibakteri, dekongestan, dan antihistamin yang kuat yang membuatnya menjadi obat yang populer dan mudah diakses untuk berbagai macam masalah paru-paru dan masalah pernapasan. Maka dari itu Chapparal dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan herbal efektif untuk gangguan pernafasan.

10. Lobelia

Lobelia merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai pengobatan herbal efektif untuk penyakit pernafasan. Tanaman berbunga ini tumbuh di daerah tropis, dan merupakan salah satu pengobatan tradisional untuk mengatasi asma, seorang herbalis abad ke 19 yaitu Samuel Thompson mengenalkannya sebagai tanaman untuk mengatasi masalah pernapasan seperti asma bronkial, adanya dahak berlebih dan banyak lagi. Tetapi tanaman ini tidak disarankan dikonsumsi oleh orang hamil dan anak-anak karena sering menyebabkan pusing.

Masalah pernafasan kronis dapat sangat membahayakan sistem kekebalan dan integritas sistem pernapasan sehingga membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap masalah lain yang lebih serius, dan bahkan mengancam jiwa. Jika terus menderita masalah pernapasan kronis, pastikan untuk menemui dokter dan pastikan bahwa pendekatan antibiotik tidak diperlukan untuk memastikan kesehatan jangka panjang. Semoga artikel pengobatan herbal efektif untuk penyakit gangguan pernafasan ini dapat membantu memperbaiki kualitas hidup Anda.

Terima kasih telah membaca artikel tentang obat herbal untuk gangguan pernapasan. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *