Cara Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat Sayangilah Lambung Anda

Posted on

Cara Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat – Lambung adalah salah satu organ tubuh manusia yang berada di dalam perut. Fungsi lambung sendiri ialah sebagai tempat untuk menyimpan makanan dalam waktu tertentu. Dengan fungsi tersebut, seseorang dapat mengonsumsi makanan makanan dalam jumlah yang cukup besar dan waktu yang singkat, namun tetap di cerna dengan jumlah yang berbeda pula. Lambung dapat menyimpan sektar 1 liter hasil kunyahan makanan. ketika makanan yang masuk dalam kerongkongan seseorang, makanan makanan tersebut akan terdorong oleh dua otot melingkar atau yang biasa dikenal dengan nama sfingter. Setelah terdorong, makanan akan masuk ke lambung dan secara bersamaan dengan itu, organ tersebut juga akan mengeluarkan enzim dan asam klorida dengan fungsinya masing-masing.

Cara Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat Sayangilah Lambung Anda

Ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi dan diolah oleh lambung, namun ada beberapa juga makanan tertentu yang memiliki manfaat lebih dalam menjaga kesehatan lambung. Dan berikut adalah beberapa Cara Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat.

1.Mengonsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat, dan bernutrisi adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan lambung agar berjalan atau bekerja dengan lebih baik. Ada beberapa jenis makanan yang dapat anda masukan ke dalam menu makan anda sehari – hari.

a.Cuka sari apel

Jika merasa mual yang di akhibatkan dari munculnya bau dari lambung atau perut anda yang merasakan rasa sakit, maka dengan cuka sari apel inilah anda bisa mengatasinya. Karena cuka apel ini dapat menetralisir rasa sakit pada prut anda. Dan bahkan di dalam kandungan asam pada cuka sari apel ini mampu membuat pati turun ke dalam pencernaan, di mana fungsi pati adalah untuk menjaga bakteri – bakteri sehat yang terdapat pada usus. Cara pengonsumsiannya pun cukup mudah, dengan hanya mengambil beberapa sendok cuka sari apel setiap hari secara rutin sebagai preventif dan juga untuk pencegahan timbulnya masalah lambung.

b.Jahe

Jahe sudah di percaya sejak zaman dahulu sebagai bahan pengobatan, termasuk malah pencernaah dan mual. Efek anti-inflamasi yang ada oada jahe pun dapat di jadikan suplemen yang sangat baik bagi lambung anda yang bermasalah.

2.Makan secara teratur

Makan makanan yang sehat memang sangat penting bagi kesehatan lambung anda,. Namun bila anda makan secara tidak teratur, hal itu akan percumah. Ketika anda telat makan atau pola makan anda yang tidak teratur maka yang akan terjadi adalah munculnya beberapa penyakit yang akan menyerang lambung anda seperti maag dan lain – lain. Penyakit – penyakit tersebut di sebabkan karena pola hidup yang tidak sehat.

3.Hindari lemak

Lemak dalam perut dapat mengganggu sistem kerja dari lambung. Oleh sebab itu alangkah lebih baik bila anda tidak mengkonsumsi dan menghindari makan – makanan yang mengandung lemak yang tidak sehat. Seperti makanan junk food.

4.Olahraga

Sebuah penelitian yang di lakukan oleh Duke Unerversity pada tahun 2011 menyatakan bahwa olahraga aerobik seperti jogging, berjalan, berenang, menari, dan kickboxing adalah cara yang paling efektif untuk menyingkirkan lemak di perut. Dan hal ini bahkan dapat membantu tubuh menghilangkan lemak visceral di dalam perut dan lemak subkutan yang ada di dalam kulit. Sebenarnya untuk menjaga kesehatan tubuh terutama lambung merupakan hal yang cukup mudah, jika kita mengonsumsi makan makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Maka dari itu, mengubah pola hidup sehat merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh, terlebih bagi organ tubuh seperti lambung.

Selain itu makan secara teratur juga merupakan cara untuk terhindar dari penyakit yang akan menyerang lambung, seperti penyakit maag. Dan sebaiknya anda juga mengatur pola makan anda, seperti makan makanan yang berserat tinggi, seperti makan sayur-sayuran dan buah-buahan agar lambung anda terhindar dari segala macam penyakit lambung. Demikian lah Cara Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat semoga artikel ini membantu..

Terima kasih telah membaca artikel tentang lambung PNG. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *