Sakit Perut Sebelah Kiri Atas Yang Sering Terjadi Tanpa Sebab

Posted on

Sakit Perut Sebelah Kiri Atas – Mendiagnosa sakit perut memang bukan lah perkara mudah. Namun, anda juga perlu untuk mewaspadai gejalah sakit perut yang sedang anda alami.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Sebab, jika gejalah sakit perut itu terjadi terus menerus dan tidak mendapat pertolongan atau pengobatan yang baik di khawtirkan akan menjadi penyakit yang membahayakan.

(Baca Juga : Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Tanda Kehamilan )

Bagian perut sebelah kiri dibagi menjadi dua bagian. Yakni, bagian atas dan bawah. Adanya perbedaan ini yang menjadi pembeda antara rasa sakit yang sedang anda rasakan.

Sakit Perut Sebelah Kiri
Sakit Perut Sebelah Kiri

Untuk itu anda harus dengan teliti merasakan rasa sakit pada bagian perut anda. Rasa sakit pada bagian perut kiri atas dengan bagian perut kiri bawah memiliki penyebab yang berbeda-beda.

Penyebab sakit perut sebelah kiri atas

Artikel berikul ini akan membahas tentang sakit perut sebelah kiri atas. lalu apa saja penyebab sakit perut sebelah kiri bagian atas tersebut? Biasanya penyebab rasa sakit perut pada bagian sebelah kiri atas adalah:

  1. Akibat dari cedera
  2. Terjadi infeksi ginjal
  3. Terdapat batu ginjal
  4. Impaksi tinja atau tinja yang mengeras
  5. Usus besar yang robek
  6. Gastritis atau yang lebih sering disebut radang pada lapisan lambung
  7. Divertikulitas atau terdapat kantong pada usus besar
  8. Peradangan pankreas

Gejalah dengan kondisi-kondisi di atas adalah salah satu penyebab serius dari sakit perut sebelah kiri. Namun, ada pula beberapa kondisi ringan yang dapat menyebabkan anda merasa sakit perut sebelah kiri, seperti masuk angin, konstipasi, kram karena sedang menstruasi, dan keracunan makanan.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Dengan berbagai penyebab mulai dari yang ringan hingga yang berat lalu bagaimana cara mengatasi sakit perut bagian kiri atas tersebut?

Untuk menangani bagian Sakit Perut sebelah kiri tersebut harus disesuaikan dengan penyebabnya. Ada yang dapat ditangani di rumah dengan cara yang sederhana untuk penyebab ringan.

Namun, untuk penyebab yang sudah parah harus mendapat penanganan dari tim medis. Sebab jika tidak segera ditangani nantinya dapat lebih membahayakan kondisi kesehatan anda.

Sakit Perut Sebelah Kiri
Sakit Perut Sebelah Kiri

Sebagai bentuk langkah penanganan awal, anda bisa mengurangi rasa sakit tersebut dengan melakukan hal-hal sederhana di rumah seperti:

  1. Ketika rasa sakit menyerang perut anda sebelah kiri atas anda harus mengehntikan segalah kegiatan aktivitas yang sedang anda lakukan. Berbaringlah sejenak hingga rasa sakit yang sedang anda raskan sudah berkurang. Sambil berbaring tadi anda dapat mengompres bagian perut sebelah kiri atas dengan handuk hangat.
  2. Untuk mengurangi dan mencegah timbulnya rasa sakit pada perut sebelah kiri atas, anda harus mengkonsumsi air putih. Hindarilah beberapa minuman yang mengandung alkohol dan kafein serta makanan yang pedas.
  3. Anda juga harus menghindari untuk tidak mengkonsumsi obat antiinflamsi non steroid seperti aspirin dan ibuprofen.
  4. Bukan hanya makanan yang bercita rasa pedas saja, makanan dengan kandungan lemak yang tinggi juga dapat membuat anda merasa sakit lebih parah.

Dalam kondisi sehari-hari tentunya hal ini akan sangat mengganggu. Maka anda perlu menjaga pola makan hidup sehat agar tidak terserang sakit perut ini.

Jika anda memiliki aktivitas yang cukup padat, anda harus mengatur pola makan yang seimbang dengan kegiatan anda. Konsumsilah makanan yang lembut seperti, nasi, pisang, roti dan buah serta sayur untuk menyeimbangkan pencernaan di perut anda.

Cobalah untuk makan dengan pola konsumsi dalam jumlah sedikit agar perut tidak bekerja terlalu berat. Semoga Artikel Sakit Perut Sebelah Kiri Atas Dapat membantu kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published.