Sebaiknya Gunakan Resep Sehat ini Pada Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Posted on

WikiSehat.com – Bulan Ramadhan kebanyakan orang tidak bisa mengendalikan diri dari berbagai asupan makanan ketika sahur dan berbuka puasa. Bahkan tak jarang ketika berbuka puasa orang mengonsumsi makanan secara berlebihan, tentu hali ini tidak baik bagi kesehatan, terutama organ pencernaan. Tips Agar Tidak Bau Mulut Ketika Berpuasa

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

index2

Ketika sahur dan berbuka puasa dianjurkan untuk tetap memilih makananan sehat yang akan dikonsumsi. Hal ini dilakukan agar ibadah puasa tetap berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan rasa lemas atau rasa kantuk yang berlebihan. Apabila ketika sahur dan berbuka puasa memilih menu makanan yang sehat, maka tubuh akan tetap terlihat segar dan sehat.

Anda sekeluarga tentu tidak menginginkan berpuasa dengan badan yang lemas karena kekurangan gizi serta nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Oleh sebab itu mari simak menu makanan sehat yang cocok digunakan ketika makan sahur dan berbuka berikut ini.

Saat sahur

 

1.Utamakan mengonsumsi air, vitamin, serta elektrolit.

Artinya, anda dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral sedikitnya 2-3 gelas saat sahur. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang memiliki banyak kandungan vitamin, atau anda juga bisa mengonsumsi jus buah tanpa gula. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan elektrolit anda bisa mengonsumsi air kelapa. Untuk memenuhi kebutuhan air, vitamin, dan elektrolit anda bisa mengonsumsi air kelapa terlebih dahulu dilanjutkan dengan air mineral serta buah-buahan. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa anda akan kehilangan banyak cairan tubuh, oleh karena itu memulai puasa dengan restorasi cairan adalah cara terbaik yang bisa anda lakukan.

2.Pilih menu makanan utama yang berkarbohidrat

Makanan berkarbohidrat akan sangat anda butuhkan ketika makan sahur. Karena selama berpuasa tubuh tidak akan menerima asupan makanan selama 13 jam lebih. Oleh sebab itu anda harus memulai berpuasa dengan mengonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks seperti halnya nasi merah, ubi, atau bubur kacang hijau. Makanan berkarbohidrat kompleks dipilih karena bisa membuat gula darah stabil.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

3.Konsumsi makanan berserat

Makanan berserat seperti halnya sayur dan buah-buahan harus anda konsumsi saat sahur. Hal ini dikarenakan makanan berserat mampu membersihkan usus dari segala macam bakteri. Selain itu, makanan berserat juga mampu membersihkan sisa daging disela-sela usus.

4.Pilih makanan yang berlemak sehat

Hal ini dilakukan karena lemak membuat makanan lebih lama dicerna sehingga lebih tahan lapar ketika berpuasa. Namun anda jangan pernah mengonsumsi makanan yang digoreng ketika sahur karena mengandung banyak lemak dan kolesterol jahat.

Saat berbuka:

1.Awali berbuka puasa dengan air putih

Hal ini akan berguna untuk mengganti cairan yang hilang selama berpuasa. Bahkan nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk segera berbuka dengan segelas air putih.

2.Konsumsi buah-buahan

Setelah anda meminum segelas air putih, anda bisa melanjutkan berbukas dengan mengonsumsi buah-buahan yang memiliki rasa manis seperti halnya kurma. Karena kurma mengandung gula yang mudah diserap oleh tubuh, sehingga tidak mengakibatkan peningkatan kadar gula darah didalam tubuh.

3.Pilih makanan berkarbohidrat kompleks

Sama seperetri halnya ketika sahur, anda juga sangat membutuhkan makanan berkarbohidrat kompleks ketika berbuka puasa. Hindari berbuka puasa dengan menu makanan yang digoreng karena bisa mengikat oksigen dalam darah hingga 20 persen.

4.Mengonsumsi makanan yang berprotein

Yang terakhir yaitu memilih makanan yang berprotein terutama protein hewani. Namun dianjurkan hanya mengonsumsi satu jenis protein hewani saat berbuka puasa. Hal ini dilakukan agar sistem pencernaan tetap terjaga selama berpuasa.

Itulah berbagai resep makanan yang bisa anda pilih ketika sahur serta berbuka puasa. Biasakan hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan yang tepat serta bergizi. Dengan tubuh yang sehat maka anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.