15 Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda

Posted on

15 Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda – Beberapa cara terbaik untuk menjaga diabetes tetap terkendali termasuk berhenti merokok, secara teratur pergi ke ahli diet, memeriksa kaki Anda sering, tetap aktif, menjaga kesehatan mata Anda, mencatat latihan Anda, makan makanan lebih sedikit lebih sering, meningkatkan asupan serat Anda, dan banyak lainnya.

Terlepas dari kenyataan bahwa diabetes adalah epidemi modern dan mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, tidak ada obatnya, jadi begitu penyakit ini berkembang, penting untuk mengelolanya dengan baik, karena menyembuhkannya tidak mungkin dilakukan. Diabetes merupakan perubahan dramatis dalam kehidupan seseorang dan membutuhkan ketekunan yang konstan untuk mempertahankan kualitas hidup yang tinggi. Hal ini sangat mungkin dilakukan, namun memahami apa yang dapat dilakukan penyakit ini, apa yang harus Anda lakukan untuk mengendalikannya, dan pilihan gaya hidup dan pilihan diet mana yang harus Anda buat sangat penting.

Efek samping diabetes mempengaruhi segala hal mulai dari penglihatan dan pembengkakan sendi hingga kesehatan ginjal dan proses pencernaan. Oleh karena itu, menerapkan rencana gaya hidup komprehensif sangat penting. Pada artikel ini, kami menjelaskan beberapa Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda agar terhindar dari dampak negatif pada kehidupan Anda dalam kondisi yang mengerikan ini. Jika Anda mengikuti beberapa atau semua saran ini, Anda akan bisa menjalani kehidupan yang lebih bahagia, lebih sehat, dan berkualitas lebih tinggi dengan diabetes.

15 Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda

15 Cara Menjaga Diabetes di Bawah Kontrol

1) Berhenti Merokok – Meskipun situasi stres biasanya membuat orang merokok lebih banyak, ini bisa menjadi pilihan yang sangat buruk bagi penderita diabetes, terutama penderita diabetes tipe 2. Merokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang membatasi sirkulasi baik ke ekstremitas. Selain itu, penelitian merokok telah menunjukkan bahwa hal itu meningkatkan resistensi insulin, yang merupakan kebalikan dari apa yang diinginkan pasien diabetes.

2) Melacak Pola Latihan Anda – Mudah untuk berpikir bahwa resimen latihan Anda solid dan konsisten, namun mencatat secara aktual tentang kebiasaan olahraga Anda selama beberapa minggu akan memberi Anda catatan nyata untuk membantu Anda membuat perubahan fisik pada gaya hidup Anda secara lebih baik. Yang benar-benar kamu butuhkan

3) Hilangkan Makanan Cepat – Membuat makan siang / makan sendiri di rumah adalah salah satu Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda dan merupakan pilihan terbaik bagi penderita diabetes. Menghentikan makanan cepat saji atau makan di restoran berarti Anda tidak bisa mengetahui asupan gula, garam, dan kalori dari makanan Anda, yang bisa sangat berbahaya untuk menjaga keseimbangan gula darah. Makanan cepat saji juga mengandung kandungan garam tinggi dan r ecent study menunjukkan bahwa asupan makanan dengan kadar garam tinggi meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular pada penderita diabetes . Selain itu, makanan cepat saji dikemas dengan lemak jenuh dan kalori tersembunyi yang berkontribusi terhadap obesitas. Membuat makanan Anda di rumah dan membawa mereka bekerja juga merupakan cara terbaik untuk menghemat uang!

4) Pahami Penglihatan Anda – Diabetes secara serius dapat mempengaruhi kesehatan penglihatan Anda, dan kebutaan adalah salah satu efek samping diabetes jangka panjang yang paling serius dan menakutkan. Mendapatkan penglihatan Anda secara teratur mungkin merupakan cara terbaik untuk mencegah retinopati, sementara juga mengukur dampak diabetes terhadap sistem perifer Anda sebagai ukuran seberapa baik Anda menangani dan mengelola penyakit ini.

5) Kurangi Kopi – Mengubah rutinitas pagi Anda terasa seperti hal kecil, tapi ini bisa berdampak besar pada kualitas hidup Anda sebagai pasien diabetes. Kopi mewah dari kedai kopi khusus sering dikemas dengan gula, yang dapat menyebabkan fluktuasi insulin dan glukosa di tubuh Anda, selain dari kecacatan kafein yang sering terjadi. Buatlah sendiri secangkir kopi di rumah sehingga Anda bisa mengendalikan berapa banyak gula yang Anda minum setiap pagi untuk memulai hari Anda.

6) Tetap Aktif – Ini mungkin pilihan gaya hidup yang paling jelas untuk pasien diabetes. Diabetes memperlambat aliran darah ke ekstremitas Anda dan diperparah oleh gaya hidup dan obesitas yang tidak banyak. Tetap aktif akan membuat Anda dalam kondisi lebih baik, meningkatkan metabolisme Anda, dan meningkatkan proses pengambilan insulin Anda sehingga Anda akan merasakan efek diabetes jauh lebih sedikit.

7) Gunakan Pedometer – Serupa dengan melacak kebiasaan olahraga Anda untuk meninjau dan menyesuaikannya dengan tepat, mengenakan pedometer memberi Anda gambaran yang jelas tentang seberapa banyak Anda benar-benar bergerak setiap hari. Jika angka Anda terlalu rendah, mungkin akan memotivasi Anda untuk naik tangga, berjalan-jalan saat istirahat makan siang, atau berjoget setelah bekerja, semuanya membantu keseluruhan gambaran kesehatan Anda.

8) Cobalah Buah dan Sayuran Baru – Tubuh setiap orang bereaksi terhadap makanan secara berbeda, dan itu terutama berlaku untuk buah dan sayuran, yang merupakan elemen diet penting bagi orang-orang yang menderita diabetes. Dengan mencoba buah dan sayuran baru, Anda kemudian dapat memeriksa gula darah Anda dan melihat bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap pilihan makanan baru ini. Ini bisa membantu Anda membentuk rencana makanan yang lebih bermanfaat dan membantu kadar gula darah Anda tetap stabil.

9) Tingkatkan Asupan Serat Anda – Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda selanjutnya adalah meningkatkan asupan serat Anda. Serat adalah bagian penting dari diet diabetes. Serat yang tidak larut membuat proses pencernaan Anda berjalan lancar dan memudahkan penyerapan nutrisi, sementara serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda dan benar-benar memperbaiki pengelolaan glukosa darah Anda. Karena itu, kedua jenis serat itu harus ditambahkan ke diet Anda setiap hari; Di antara 25 dan 40 gram per hari dianjurkan untuk pasien diabetes. Serat juga membuat Anda merasa kenyang, jadi Anda cenderung tidak mengonsumsi makanan ringan dan mengeluarkan gula berbahaya dan tidak sehat.

10) Kunyah Permen Karet – Permen Karet membuat mulut Anda sibuk dan benar-benar merasakan lapar. Secara psikologis, tindakan mengunyah bisa membuat kita mendambakan makanan lebih sedikit, tapi pastikan bahwa Anda mengunyah permen karet bebas gula, meski hanya secukupnya, karena beberapa pemanis buatan permen karet bebas gula dapat menimbulkan malapetaka pada sistem pencernaan Anda!

11) Gunakan Piring yang Lebih Kecil – Trik psikologis lainnya adalah menyiapkan makanan Anda di piring yang lebih kecil. Anda lebih mungkin untuk mempertahankan kontrol porsi yang tepat dan mengurangi tingkat asupan kalori dan gula Anda, sementara juga memiliki makanan untuk nanti dan menghemat uang dalam jangka panjang.

12) Lakukan Penelitian Anda – Sebelum pergi ke restoran atau menambahkan produk baru ke daftar belanjaan Anda, luangkan waktu dan lakukan penelitian Anda. Cari tahu apa pilihan ramah diabetes di restoran dan periksa produk apa yang mungkin harus dihindari di supermarket. Juga, bawa pulang menu dari restoran baru yang Anda coba sehingga Anda bisa melihat-lihat mereka di waktu luang Anda untuk waktu berikutnya, yang ingin Anda makan sebagai makanan sehat!

13) Uji Gula Darah Anda Secara Reguler – Banyak orang memiliki jadwal yang ditetapkan untuk memeriksa gula darah mereka, namun seringkali, mereka melakukannya setelah atau sebelum makan. Menyebarkan lebih banyak cek sepanjang hari dapat memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang responsivitas tubuh terhadap makanan dan tingkat penyerapan glukosa sehingga Anda dapat menyesuaikan gaya hidup Anda dengan tepat.

14) Periksa Kaki Anda – Masalah sirkulasi di ekstremitas, terutama pada kaki, umum terjadi pada orang yang menderita diabetes. Hal ini juga bisa mengakibatkan mati rasa atau kurang sensasi, jadi luka atau goresan mungkin sama sekali tidak diketahui. Kerusakan saraf ringan semacam ini bisa berbahaya dan bisa menyebabkan infeksi atau masalah kaki yang lebih serius, terkadang malah membutuhkan amputasi. Periksa kaki Anda setiap hari dan buat catatan tentang perubahan sensasi atau sirkulasi yang jelas. Diskusikan catatan ini dengan dokter Anda pada pemeriksaan berikutnya.

15) Makan Makanan yang Lebih Kecil Lebih Sering – Dengan menyebarkan 5 atau 6 makanan sepanjang hari, daripada memiliki 3 makanan besar pada waktu yang ditentukan, tubuh Anda akan tetap aktif dalam proses pencernaannya, yang meningkatkan sensitivitas insulin. Selanjutnya, Anda akan memiliki sedikit lonjakan gula darah dan tetes jika asupan kalori dan gula menyebar selama sehari. Berbicara kepada seorang ahli diet juga merupakan cara yang bagus untuk membuat rencana makan dan jadwal yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda. Juga, penelitian terbaru menunjukkan bahwa sarapan dengan energi tinggi dan makan malam dengan energi rendah membantu mengurangi hiperglikemia pada penderita diabetes tipe 2.

Demikian artikel kesehatan 15 Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda. Semoga bermanfaat, salam sehat!

Terima kasih telah membaca artikel tentang tanda penderita diabetes diusia muda. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *