Tips Agar Mata Tetap Sehat saat Sering Lama di Depan Komputer

Posted on

WikiSehat.com – Di jaman yang serba teknologi seperti pada saat ini akan membuat kita bergantung pada teknologi-teknologi yang semakin berkembang dengan sangat pesat. Pada saat ini, setiap harinya kita tidak dapat lepas dari teknologi seperti ponsel smarthphone dan juga komputer ataupun laptop untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Anda pasti mengetahui bahwa menghabiskan waktu selama kurang lebih 5 jam dalam sehari di depan layar komputer ataupun ponsel adalah hal yang tidak sehat dan sangat berpengaruh sekali pada kesehatan mata. Apalagi jika memiliki pekerjaan yang sering dilakukan di depan layar komputer hingga 9 jam per hari. Mata mungkin akan merasa sakit akibat mata lelah. Mata lelah yang terjadi akibat terlalu dalam didepan komputer merupakan hal yang umum terjadi.

Biasanya gejala akibat mata lelah adalah berupa gatal-gatal, pusing, dan mata menjadi panas. Mata lelah merupakan suatu kondisi yang tidak cuku serius, namun jika sering terjadi maka tidak menutup kemungkinan dapat terjadi gangguan mata seperti mata minus atau rabun jauh akibat radiasi yang terpancar dari monitor komputer.

Terkadang mata lelah membutuhkan tenaga medis untuk mengatasinya jika merasakan mata lelah secara berkepanjangan, dapat pergi ke dokter untuk berobat dan mengkonsultasikannya.

Kenapa Mata Lelah saat Terlalu Lama di Depan Layar Komputer?

Pertanyaan tersebut sering muncul dibenak semua orang. mata lelah akibat terlalu lama berada didepan komputer umum terjadi pada semua orang. mata lelah akibat terlalu lama didepan layar komputer dianggap sebagai suatu sindrom penglihatan komputer atau bisa juga disebut dengan computer vision syndrom. Menurut penelitian terdapat sekitae 10 juta orang yang melakukan pemeriksaan mata setiap tahunnya akibat terkena sindrom penglihatan komputer ini. Kondisi ini dapat mempengaruhi sekitar 50 hingga 90 persen pekerja yang menghabiskan waktunya di  depan komputer.

Pertanyaan yang muncul adalah mengapa mata menjadi lelah saaat berada terlalu lama di depan komputer? Hal ini terjadi akibat kita kurang berkedip pada saat melihat terlalu lama layar komputer. Dengan berkedip  secara alami kita dapat me-refresh mata kita karena kedipan mata dapat memproduksi air mata yang ada di kelenjar mata sehingga mata kita akan lembab dan tidak kering. Umumnya seseorang akan berkedip sekitar 18 kali kedipan dalam 1 menit. Sedangkan pada saat kita berada di layar komputer kita hanya berkedip sekitar 9 kali kedipan di setiap menitnya. Hal ini akan membuat mata menjadi lebih kering dan lelah akibatnya mata biasanya akan terasa panas, gatal, kering, dan lelah.

Gejala Akibat Mata Lelah

Secara umum gejalan umum yang terjadi akibat mata lelah adalah sebagai berikut:

  • Mata menjadi iritasi dan otot mata menjadi tegang
  • Akan merasa sulit fokus
  • Mata kering atau beair
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Sensitivitas terhadap cahaya mengalami peningktana
  • Terasa nyeri pada bagian leher, punggung, dan pundak

Gejala-gejala yang ditimbulkan karena mata lelah dapat mengurangi produktivitas dalam melakukan aktivitas sehari –hari terutama dalam hal bekerja. Untuk mengatasi masalah dan gejala mata lelah dapat menguranginya dengan beristirahat dengan tidur agar mata mendapatkan nutrisinya lagi dan dapat bekerja seperti biasa keesokan harinya.

Tips Mencegah Mata Rusak Akibat Komputer

Mata yang lelah akibat terlalu lama berada di depan layar komputer dapat merusak penglihatan dan juga dapat mengganggu aktivitas. untuk mencegah agar mata tetap sehat walaupun berlama-lama di depan komputer sebenarnya cukup mudah untuk diterapkan dengan cara mengubah kebiasaan yang dilakukan ketika berada di depan layar komputer. Berikut ini tips agar mata tetap sehat meskipun berlama-lama di depan layar komputer.

1. Buat layar komputer bersahabat

Cara agar mata tetap sehat walaupun berlama-lama di depan komputer salah satunya dapat dilakukan dengan membuat layar komputer lebih bersahabat dengan mata misalnya dengan menggunakan cara-cara berikut ini:

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]
  • Meredupkan sinar komputer

Untuk menjaga agar mata tetap sehat di depan komputer, akan lebih baik jika mengatur sinar layar komputer menjadi lebih gelap karena layar komputer dengan sinar yang terang aka akan membuat mata menjadi lelah akibat pancaran sinarnya.  Hal ini karena sinar pada layar komputer sangat mempengaruhi tingkat fleksibelitas mata. untuk itu harus menyeimbangkana antara layar monitor komputer dengan cahaya lampu atau cahaya yang ada di sekitar ruang kerja.

  • Gunakan Filter atau pelindung layar Komputer

Cara selanjutnya untuk membuat komputer lebih bersahabat dengan mata adalah dengan cara mengurangi radiasi yang dipancarkan oleh komputer. Anda dapat menggunakan filter/pelindung glass monitor untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata sehingga dapat membuat mata lelah saat sering lama di depan komputer.

  • Atur letak/posisi layar komputer dengan baik

Untuk mencegah mata lelah akibat terlalu sering di dapan komputer dapat mensiasatinya dengan mengatur letak layak monitor dengan baik. Letakkan layar monitor dengan membentuk sudut 10 hingga 15 derajat, sesajarkan dengan pandangan lurus mata. Posisi layar yang tidak tepat dapat membuat mata menjadi cepat lelah. Cara ini juga dapat bermanfaat untuk menjaga bahu, leher, dan punggung menjadi tisak sakit dan aman saat bekerja terlalu lama di depan komuputer.

  • Menjaga jarak pandang mata dengan layar komputer

Agar mata terhindar dengan sinar radiasi yang tidak menyehatkan mata akibat terlalu lama di depan komputer. Anda juga dapat hindari dengan menjaga jarak pandang dengan layar. Jangan menggunakan layar komputer dengan jarak yang terlalu dekat, antara jarak pandang mata dengan layar komputer adalah 50 sampai dengan 100. Selain itu jangan memandangi layar komputer sambil berbaring karena hal itu juga dapat memicu mata menjadi lelah karena jaraknya yang terlalu dekat dengan mata.

  • Bersihkan monitor komputer

Terkadang debu ataupun bekas sidik jari yang menempel pada layar komputer akan mengganggu penglihatan saat berada di depan layar komputer dan mengakibatkan mata lelah. Untuk itu bersihkan layar komputer secara rutin.

2. Ubah lingkungan kerja

Anda dapat mengubah lingkungan kerja agar sesuai dengan pencahayaan yang ada di layar komputer:

  • Sesuaikan penerangan ruangan agar jangan sampai terlalu terang dan jangan sampai terlalu gelap. Hal tersebut akan membuat mata menjadi lelah akibat cahaya yang kurang seimbang antara lingkungan dan layar komputer.
  • Gunakanla kursi dengan ketinggian yang bisa diatur, hal ini dapat mengurangi mata lelah akibat terlalu sering di depan layar komputer.
  • Letakkan tumbuhan yang berwarna hijau di sekitar ruangan, untuk menghindari mata lelah dapat dilakukan dengan melihat hal-hal yang berwarna hijau untuk menyegarkan kembali mata Anda.

3. Jangan hanya bekerja.

  • Mata juga perlu berkedip untuk mendapatkan mata yang sehat. Berkedip dapat membuat mata menjadi lembab sehingga dapat mengurangi mata lelah dengan melakukannya agar mata tidak kering.
  • Coba aturan 20-20-20, maksudnya adalah lihatlah sesuatu dengan jarak 20 kaki selama 20 detik setiap 20 menit.

4. Lakukan perawata kecil untuk mata

  • Basuh mata dengan menggunakan air bersih. Hal ini dapat mengurangi mata lelah akibat terlalu sering di layar komputer karena mata akan merasa segar kembali.
  • Gunakan tetes mata agar mata tidak kering
  • Gunakan pembersih ruangan yang dapat menyaring debu yang ada di sekitar. Hal tersebut dapat berfungsi meningkatkan kelembapan udara sehingga mata tidak kering.

Itulah beberapa tips agar mata tetap sehat saat sering lama di depan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.