Macam-Macam Vitamin Yang Mampu Menghambat Penuaan

Posted on

Macam-Macam Vitamin Yang Mampu Menghambat Penuaan. Penuaan merupakan suatu proses alamiah yang akan dialami oleh setiap makhluk yang hidup di muka bumi dan tidak dapat dihindari. Setiap manusia pasti akan menjalani proses penuaan itu dengan seiring bertambahnya usia. Namun, terkadang proses penuaan tersebut datang lebih cepat yang tidak sesuai dengan usia dan biasa disebut dengan penuaan dini. Ada banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya penuaan dini, seperti gen, gaya hidup yang tidak sehat, stres, polusi udara, kurangnya olahraga, dll. Ketika kalian merasa mengalami penuaan dini, kalian pasti akan membeli segala macam skincare atau kosmetik untuk menyamarkan atau menghilangi efek dari penuaan dini tersebut. Bahkan, dijaman sekarang banyak sekali dari mekera yang rela membayar mahal produk-produk kulit sampai rela melakukan operasi plastik untuk menghilangkan kerut-kerut di wajah.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Terlepas dari produk-produk atau skincare kecantikan, terjadinya proses penuaan tersebut dapat dihambat dengan menerapkan pola makan sehat dan yang paling penting ialah kandungan nutrisi makanan tersebut. Nutrisi atau kandungan yang dipercaya dapat menghambat proses penuaan yaitu antioksidan. Antioksidan diketahui memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya efek radikal bebas dari kerusakan sel di dalam tubuh dan kulit. Radikal bebas sendiri merupakan hasil dari proses di dalam tubuh. Namun, radikal bebas juga dapat terjadi karena efek dari paparan faktor lingkungan, seperti asap rokok, radiasi ultraviolet (UV) dari matahari. Nah, Radikal bebas itulah yang bisa mempercepat proses penuaan pada kulit.

Salah satu cara yang bisa kalian gunakan untuk menghambat atau memperlambat proses penuaan yaitu dengan konsumsi vitamin-vitamin yang memiliki sifat sebagai penetralisir radikal bebas. Vitamin memiliki peranan penting dalam memelihara kkesehatan tubuh termasuk kesehatan kulit juga. Mendapatkan asupan vitamin yang cukup akan memberikan dan menjaga kulit tetap muda.

5 Jenis Vitamin Yang Dapat Menghambat Atau Memperlambat Proses Penuaan

1. Vitamin A

Vitamin A memiliki beberapa cara dalam menghambat proses penuaan. Cara yang paling utama yaitu dengan adanya kandungan antioksidan yang dapat menetralisir efek dari oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas. Penggunaan cairan topikal dengan vitamin A (seperti krim retinol) terbukti dapat mengurangi tanda-tanda kerusakan yang diakibat paparan sinar matahari dan penuaan kulit dengan cara exfoliator kulit mati dan mengurangi garis halus dan kerutan di wajah. Selain itu, vitamin A juga dapat mengurangi lingkar hitam pada mata. Perlu kalian ketahui, bahwa vitamin A bukan berfungsi untuk menghentikan penuaan, namu konsumsi vitamin A dalam dosis yang tepat dapat membantu memperlambat penuaan. Selain menggunakan produk-produk dengan kandungan vitamin A, kalian juga bisa mendapatkan dari makanan yang kalian konsumsi yang kaya akan vitamin A seperti telur, ikan, apel, wortel, anggur, ayam, dan buah naga.

Perlu diingat! Vitamin A tidak boleh dikonsumsi lebih dari 200 persen daily value (DV) atau 10.000 IU. Seorang peneliti bernama Jibrin menjelaskan “Terlalu banyak vitamin A justru meningkatkan risiko kerapuhan tulang. Hal ini juga menyebabkan kerusakan pada sistem saraf dan fungsi hati.”

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

2. Vitamin B (Niacin)

Niacin merupakan salah satu komponen pada vitamin B (terutama B3) yang memiliki beberapa komponen yang dapat membantu memperlambat proses penuaan. Salah satu caranya yaitu dengan membantu kulit kalian untuk meningkatkan kemampuan dalam meregulasi kelembapan pada kulit. Selain terlihat lebih sehat, kulit yang lembap juga memberikan penghalang yang kuat untuk melawan virus, bakteri, atau mikroba lain. Kulit yang kering akan memberikan efek buruk seperti kulit sensitif, gatal-gatal, dan terlihat bersisik. Selain membantu untuk melembapkan kulit, niacin juga berfungsi dalam pengelupasan sel-sel kulit mati. Niacin bisa kalian dapatkan dapatkan dari makanan-makanan seperi telur, daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, dan roti yang kaya protein.

3. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Tidak hanya dengan menghasilkan antioksidan, ternyata vitamin C juga bisa membantu mengaktifkan antioksidan lain di dalam tubuh, seperti dari vitamin E. Vitamin C juga membantu kulit agar tidak keriput dengan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen sediri merupakan elemen di kulit yang bertanggung jawab atas bentuk dan kekuatan kulit. Selain itu, kolagen juga penting dalam penyembuhan luka. Kalian bisa mendapatkan sumber vitamin C dari buah-buahan seperti jeruk, mangga, jambu merah dan lainnya. Selain itu itu juga kalian juga bisa mendapatkannya dari jenis sayuran seperti kentang, bayam, dan lain sebagainya.

4. Vitamin E

Vitamin E (alpha tocopherol) merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan dapat membantu memperbaiki kulit kering dan pecah-pecah. Asupan Vitamin E membantu kulit untuk mempertahankan kelembapan kulit dan sering ditambahkan ke dalam sunscreen atau tabir surya untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UVB. Vitamin E merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat untuk membantu memperlambat penuaan akibat efek kerusakan kulit oleh radikal bebas dan oksidasi. Sumber vitamin E bisa kalian dapatkan dari beberapa makanan seperti bayam, umbi-umbian, alpukat, brokoli, minyak bunga matahari, dan minuman yang berbasis susu.

Perlu diingat! Asupan Vitamin E yang normal perhari ialah 15 mg atau setara dengan 22,4 IU untuk dosis orang dewasa. Dalam penelitian John Hopkins University, mengungkapkan bahwa mengkonsumsi vitamin E secara lebih dari 400 IU setiap hari dapat meningkatkan risiko kematian sebesar 4 hingga 6 persen.

5. Vitamin K

Semakin bertambahnya usia, menyebabkan lingkar mata atau yang biasa disebut dengan mata panda akan bisa terlihat semakin jelas. Hal tersebut akan membuat kalian terlihat lelah atau bahkan terlihat lebih tua. Mata panda dapat disebabkan oleh beberapa faktor, bukan hanya disebabkan karena usia atau kurang tidur. Faktor-faktor itu antara lain keturunan, hormon, atau alergi juga bisa menjadi penyebab lainnya. Lingkar mata hitam tersebut terbentuk akibat kapiler-kapiler yang berada di sekitar mata mengalami kebocoran atau melebar, sehingga menyebabkan pembekuan darah. Vitamin K dipercaya dapat mempersempit kapiler dan memecah gumpalan darah tersebut. Tubuh hanya menghasilkan vitamin K dalam jumlah yang banyak, akan tetapi mungkin tubuh kalin juga memerlukan vitamin K lebih dari yang dihasilkan oleh tubuh. Jadi, kalian bisa menampah asupan vitamin K dari beberapa jenis makanan misalnya bayam, kol, brokoli, kangkung, mentimun, blueberry, dan lain sebagainya.

Jadi, itulah 5 jenis vitamin-vitamin yang bisa kalian konsumsi untuk mencegah terjadinya proses penuaan dini. Perlu diingat ya, kalian juga harus merubah pola hidup kalian lebih baik lagi untuk menunjang usaha kalian dalam upaya memperlambat atau mencegah penuan dini, seperti berolahraga dan menghindari makanan-makanan tidak bergizi. Berkonsultasi dengan dokter kecantikan Anda juga perlu dilakukan ya, untuk menentukan kadar vitamin yang diperlukan tubuh agar tidak berlebihan dan malah berbalik membahayakan kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.