Tips Agar Tidak Bau Mulut Ketika Berpuasa

Posted on

Bau mulut memang menjadi masalah yang kerap terjadi saat berpuasa. Bau mulut yang tak sedap juga bisa mengganggu aktifitas seperti halnya dalam pergaulan dan interaksi sosial. Dalam istilah kedokteran, bau mulut disebut denga halitosis.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Banyak hal yang dapat menyebabkan halitosis, diantaranya adalah akibat dari merokok, gangguan ginjal, serta penyakit dalam yang lainnya. Faktor lain yang menjadi penyebab bau mulut adalah bakteri yang berkembang didalam mulut. Terlebih lagi jika menjalankan ibadah puasa, mulut akan semakin kering karena tidak ada asupan makanan serta minuman selama hampir 14 jam. Hal inilah yang menyebabkan bakteri bau mulut semakin mudah untuk berkembang. Selain itu, gigi berlubang juga bisa menimbulkan bau mulut karena banyaknya bakteri pada sisa-sisa makanan yang tertinggal disela-sela gigi yang berlubang.

Meskipun bau mulut orang yang sedang berpuasa menurut Allah lebih wangi dari minyak kasturi, namun tentu hal ini tetap mengganggu ketika sedang berbicara dengan orang lain. Maka dari itu semua orang pasti ingin bisa menghilangkan bau mulut terlebih lagi saat sedang berpuasa.

index4

Untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap, anda bisa mengikuti beberapa tips berikut.

1.Menggosok gigi

Inilah cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap. Rutin menggosok gigi dua kali sehari terbukti ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Namun ketika berpuasa anda lebih baik menggosok gigi setelah makan sahur dan setelah berbuka puasa. Selain itu, anda juga bisa menggunakan obat kumur agar bau mulut lebih wangi meskipun sedang berpuasa

2.Mengonsumsi air putih

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Ketika sahur usahakan untuk meminum air putih sedikitnya 2 sampai 3 gelas. Minum banyak air mampu menjaga mulut agar tidak terlalu kering saat berpuasa, sehingga bau mulut dapat dicegah. Selain itu, minum banyak air putih juga bisa membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi

3.Olahraga ringan

Meskipun sedang berpuasa jangan pernah malas untuk berolahraga. Karena olahraga ringan yang dilakukan sebelum berbuka puasa terbukti mampu mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam tubuh termasuk bakteri penyebab bau mulut. Selain itu hindari juga tidur terlalu lama, karena hal tersebut bisa menyebabkan bakteri pada mulut semakin berkembang dan menimbulkan bau mulut.

4.Minum teh hijau

Cara selanjutnya yaitu dengan meminum teh hijau. Bagi anda yang ingin menghilangkan bau mulut bisa mencoba untuk meminum teh hijau tanpa gula ketika sahur. Kandungan polyphenol yang terdapat dalam teh hijau sangat berguna untuk membersihkan bakteri dimulut serta saluran pernapasan. Teh hijau juga sangat berguna bagi perokok karena mampu mengurangi gangguan pernapasan serta peradangan pada rongga dada.

 

5.Mengonsumsi buah dan sayur

Air liur menjadi pembunuh bakteri alami pada mulut. Oleh sebab itu anda harus mengonsumsi sayur serta buah ketika sahur dan berbuka karena bisa meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Jenis buah yang terbukti ampuh menghilangkan bau mulut yaitu strawberry, bengkoang dan juga apel.

 

6.Hindari mengonsumsi makanan tak sedap

Makanan tak sedap seperti halnya jengkol, pete serta durian akan menjadikan mulut anda semakin berbau. Oleh sebab itu jangan mengonsumsinya selama berpuasa jika tak ingin memiliki bau mulut yang tak sedap.

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba untuk menghilangkan bau mulut selama berpuasa. Menjaga kebersihan mulut memang sangatlan penting, tidak hanya saat berpuasa namun juga dalam kesehariannya. Memiliki nafas yang segar tentu akan meningkatkan kepercayaan diri anda ketik sedang berinteraksi dengan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.