8 Hal yang Menyehatkan Otak Secara Mudah dan Alami

Posted on

Otak adalah organ yang sangat penting di dalam tubuh kita sebagai engine intelligent. Tugas dari otak itu sendiri ialah untuk berfikir dan menetukan pengendalian tubuh organ-organ lainya. Otak juga memiliki peranan terhadap daya ingat dan kepintaran. apabilla otak yang kita miliki tidak dijaga maka akan timbul penyakit-penyakit dan pada akhirnya kita tidak bisa berfikir secara jernih. Oleh karena itu WikiSehat.com akan memberikan tips 8 hal yang menyehatkan otak kita secara mudah dan alami.

1. Tertawa dengan sahabat

Tertawa dengan sahabat akan membuat otak tidak mengalami stres dan kehidupun akan terasa lebih berwarna akan tetapi harus diingat juga tertawalah secukupnya jangan sampai tertawa yang berlebihan. Cobalah dengan mengingat-ingat hal yang lucu maka dari situ kita bisa melepaskan tawa secara otomatis tanpa kita sadari, akan tetapi apabila kita tidak bisa tertawa mulailah dengan menonton film komedi, baca buku komedian dan membayangkan hal-hal yang lucu-lucu. Apapun itu caranya mulailah dengan tertawa maka otak kita akan sehat secara alami.

2. Berhenti khawatir dengan masa depan

Manusia memang normal apabila memiliki rasa khawatir terhadap masa depannya akan tetapi tanpa disadari hal inilah yang akan membuat otak kita menurun kualitasnya karna dengan begitu otak kita secara otomatis akan bertambah beban kerja otak kita  yang semakin bertambah besar effek kedepanya adalah dapat menimbulkan strest yang berkepanjangan. Oleh sebab itu dibandingan kita harus khawatir terus menerus lebih baik ambil sisi positifnya apapun itu permasalahnya. berfikir secara positif bukan hanya menyeshatkan otak akan tetapi dapat membuat hidup terasa lebih bahagia.

3. Melakukan meditasi

Meditasi pada umumnya membuat suatu energi akan terpusat kedalam suatu pikiran dan mengeluarkan pernapasan secara teratur yang membuat tuhuh akan terasa rileks. baiknya meditasi ini dilakukan pada pagi hari karna udara yang masih fresh akan memudahkan pada saat meditasi, tidak hanya menyehatkan otak saja aktivitas-aktivitas yang lainya akan terasa lebih menyenakan dan lebih semangat.  

4. Makan makanan alami seperti buah dan sayuran

Kandungan yang terdapat di dalam buah dan sayuran banyak mengandung vitamin-vitamin serta zat-zat gizi yang mendukung untuk menyehatkan tubuh dan otak kita. Makan-makanlah buah dan sayuran dengan porsi yang sesuai dalam arti tidak kebanyakan dan tidak kekurangan. Hidangkanlah dengan porsi harian kita sehari-hari  

5. Menyantap kunyit

Kunyit mungkit sangat berkaitan eratnya dengan bumbu masak, akan tetapi kunyi memiliki khasiat yang sangat berguna bagi otak kita, according Institute of Neuroscience and Medicine Di negara Jerman, Menyatakan bahwa kunyit mengandung zat yang dapat di perlukan untuk otak kita yang dapat menyegarkan sel induk pada otak kita. Pastinya ini sangat menguntungkan bagi para pencita kari dan nasi kuning karna pada makanan tersebut mengandung bumbu yang terbuat dengan kunyit. .

6. Bermain di alam bebas dan terbuka

Bermain di alam terbuka seperti pantai bukan hanya menyenakan untuk di jadikan object traveling, pegunungan dan hutan memberikan udara yang segar dan juga terbebas dari polusi sehingga otak kita dapat berfikir secara fresh, warna dari alam sendiri dapat merilexkan pikiran seperti warna hijau pada daun dan warna biru pada air laut, yang membuat kita lebih damai, tapi perlu diingatkan juga bermain di alam bebas bukan berarti harus memaksakan waktu dan buget yang besar, mulailah dengan merencanakan tujuan wisata yang menurut sahat terjangkau untuk di kunjungi dari segi waktu dan juga budget. itulah beberapa cara agar otak kita tetap sehat secara alami, sayangilah tubuh anda karna itulah anugra dari tuhan yang harus kita tetap jaga.

7. Istirahat yang cukup

Disamping makan dan tidur atau istirahat merupakan aktivitas yang alami dalam kehidupan. Tidur akan membuat Anda merasa lebih baik, tidak hanya secara fisik namun juga dapat memperbaiki suasana hati. Tidak hanya fisik saja, otak yang telah bekerja selama seharian juga butuh istirahat. Orang dewasa sehat setidaknya butuh waktu tidur yang ideal antara 7 hingga 8 jam sehari untuk memberikan waktu bagi tubuh khususnya otak untuk beristirahat. Sementara itu perlu diketahui bahwa terdapat beberapa hormon yang hanya bekerja, ketika tidur dengan pulas di malam hari, salah satunya adalah hormon pertumbuhan atau HGH. Oleh karena itu istirahat atau tidur yang cukup sangat penting bagi tubuh kita.

8. Olah raga

Banyak sekali manfaat olah raga untuk tubuh kita, dan sudah terbukti bahwa dengan olah raga dapat memaksimalkan kinerja otak. Melalui olah raga, otak akan mendapatkan asupan oksigen yang cukup sehingga dapat mencegah risiko gangguan otak salah satunya adalah kepikunan dini.

(WikiSehat.com)

Terima kasih telah membaca artikel tentang merilexkan otak. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *