Jenis Pisang Yang Pas Untuk Diet

Posted on

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan selain berolahraga yaitu dengan melakukan diet. Banyak sekali jenis diet yang bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan, salah satunya yaitu diet dengan menggunakan buah pisang. Banyak buah yang bisa Anda pilih untuk menu diet Anda. Salah satu buah yang baik untuk meni diet yaitu buah pisang.

Buah pisang baik untuk menu diet karena kandungannya yang kaya akan serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Selain mengandung serat yang tinggi, buah pisang mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga pas untuk dijadikan menu pengganti makanan pokok bagi Anda yang sedang diet. Selain rasanya nikmat, buah yang identik berwarna kuning ini dapat diolah menjadi beberapa bentuk olahan makanan seperti jus, es pisang ijo, mata sapi atau isi dari nagasari, pisang goreng, pisang keju dan masih banyak lagi.

Meskipun bisa diolah menjadi berbagai menu, tidak semua olahan pisang baik untuk menu diet. Cara yang paling tepat untuk mengkonsumsi buah pisang untuk diet yaitu dengan mengkonsumsinya langsung. Banyak sekali jenis dari buah pisang. Tidak semua jenis buah pisang baik untuk menu diet.  Lalu, jenis pisang apa saja yang baik untuk menu diet? Berikut ini beberapa jenis buah pisang yang baik untuk diet :

1. Pisang Cavendish

Dilihat dari tampilannya saja, buah dengan warna kulit kuning cerah ini begitu menggiurkan. Kulitnya yang cukup tebal membuat pisang ini jauh lebih awet, tidak mudah rusak serta busuk. Dagingnya yang berwarna putih kekuningan dengan teksturnya yang lembut serta rasanya yang manis membuat pisang ini dijadikan pilihan untuk menu diet. Tidak hanya itu saja, kandungan nutrisinya yang tinggi, cukup menggantikan asupan makanan selama masa diet.

Pisang cavendish memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, kandungan karbohidrat tersebut meliputi glukosa, fruktosa dan sukrosa. Pisang emas kaya akan kandungan Vitamin A, B1 dan B2 serta asam folat dan niasin. Manfaat lain pada pisang emas yaitu baik untuk kesehatan pencernaan, kesehatan ginjal, kesehatan lambung, bahkan penglihatan. Kandungan prebiotik pada pisang emas berfungsi untuk membantu menguatkan tulang pada tubuh Anda. Kandungan zat besi serta mineral pada jenis buah pisang yang satu ini dapat mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah.

2. Pisang Emas

Pisang Emas atau yang biasa disebut dengan pisang Muli, merupakan salah satu jenis pisang yang bisa dijadikan menu untuk diet. Karakteristik dari pisang ini yaitu memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan pisang yang memiliki ukuran panjang pada umumnya. Pisang emas ini memiliki kulit yang tipis dan berwarna kuning sehingga cenderung mudah rusak.

Pisang emas biasanya digunakan untuk menu makan bayi. Caranya yaitu dengan menghaluskan pisang tersebut atau bisa juga dicampurkan dengan nasi yang dihaluskan. Pisang emas ini tidak hanya cocok dijadikan menu makan untuk bayi maupun sebagai penutup makanan atau buah untuk pencuci mulut, tetapi cocok juga untuk menu diet. Pisang emas memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, kandungan karbohidrat tersebut meliputi glukosa, fruktosa dan sukrosa. Pisang emas kaya akan kandungan Vitamin A, B1 dan B2 serta asam folat dan niasin.

Manfaat lain pada pisang emas yaitu baik untuk kesehatan pencernaan, kesehatan ginjal, kesehatan lambung, bahkan penglihatan. Kandungan prebiotik pada pisang emas berfungsi untuk membantu menguatkan tulang pada tubuh Anda. Kandungan zat besi serta mineral pada jenis buah pisang yang satu ini dapat mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah.

3. Pisang Ambon

Pisang Ambon cocok untukenu diet karena kandungan senyawa pada pisang Ambon yang mampu menyerap nutrisi dengan baik. Kandungan zat pada pisang ambon berfungsi untuk mengobati serta mencegah gangguan pada usus maupun lambung. Kandungan gula pada pisang Ambon yang cukup rendah, dapat mengontrol kadar gula dalam darah sehingga mampu mencegah serta mengurangi resiko diabetes.

Pisang Ambon memiliki kandungan karbohidrat kompleks serta rendah lemak, dan dapat menurunkan berat badan sehingga cocok sekali untuk dijadikan menu diet. Kandungan asam folat yang cukup tinggi pada pisang ini, berfungsi untuk membantu perkembangan otak. Manfaat lain dari pisang ambon yaitu dapat mencegah serang jantung, mencegah tekanan darah tinggi, melancarkan pencernaan, mencegah dan mengobati hipertensi.

Dengan mengkonsumsi pisang ambon, dapat meningkatkan daya konsentrasi, karena kandungan Vitamin B yang cukup tinggi pada buah ini yang berfungsi meningkatkan aktivitas kerja sistem saraf. Kandungan zat antibodi pada pisang ambon yang berasal dari Vitamin A, Vitamin B6 serta Vitamin C, mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit atau virus.

4. Pisang Kepok

Pisang kepok merupakan salah satu jenis pisang yang sering dikonsumsi. Salah satu jenis makanan yang menggunakan bahan dasar pisang kepok yaitu pisang goreng. Pisang kepok terdiri dari dua jenis, yaitu pisang kepok dengan daging berwarna putih serta berwarna kuning. Pisang kepok ini cocok untuk menu diet karena kandungan lemaknya yang rendah serta Vitamin B yang membantu proses metabolisme sehingga dapat membakar kalori serta lemak dalam tubuh yang menjadi penyebab kegemukan.

Pisang kepok juga memiliki manfaat yang baik sebagai obat untuk penderita batuk darah. Kandungan senyawa yang terdapat pada pisang ini, mampu mengatasi masalah peradangan pada paru-paru. Kadar gula yang terkandung pada pisang kepok cukup rendah, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Manfaat lain dari pisang kepok yaitu dapat dijadikan obat bagi penderita diare, mengobati sembelit serta melancarkan pencernaan dan dapat mengobati magg.

5. Pisang Raja

Pisang raja merupakan salah satu jenis pisang yang terkenal akan rasa manisnya. Kandungan pada buah pisang ini menjadi sumber nutrisi, mineral serta vitamin yang baik untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi pisang raja, perut Anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga baik sekali untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat serta pektin pada buah inilah yang mampu menyerap air serta membuat usus menjadi lebih penuh, sehingga memberi dampak rasa kenyang yang lebih lama. Kandungan prebiotik pada pisang raja mampu mengembangkan bakteri baik pada usus yang berfungsi untuk penyerapan makanan serta baik untuk proses pencernaan. Manfaat lain dari pisang raja yaitu mengobati diare, mencegah kurangnya kalium pada tubuh, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Pisang Barangan

Pisang Barangan merupakan salah satu jenis pisang yang bisa dijadikan alternatif untuk menu diet. Kandung karbohidrat pada pisang Barangan menjadi sumber energi pada tubuh bagi yang mengkonsumsinya. Pisang Barangan kaya akan kandungan folatnya yang sangat baik untuk perkembangan otak. Kandungan lain pada jenis buah pisang yang satu ini yaitu kaya akan serat yang baik untuk pencernaan, kalium, kalsium, vitamin B dan C serta zat besi.

Terima kasih telah membaca artikel tentang jenis pisang untuk diet, Nama pisang yg bagus. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *