Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

Posted on

Karang Gigi
Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Bahan Alami – Sebaik apapun Anda menjaga kebersihan dan merawat gigi, bakteri tetap saja bisa menyerang dan bersarang di rongga mulut. Kemudian bakteri tersebut mencampurkan protein dan sisa makanan untuk membuat lapisan bertekstur lengket. Lapisan tersebutlah yang dinamakan plak, kemudian plak tersebut yang menutupi permukaan gigi dan bakteri yang ada didalam gigi akan merusak email sehingga terjadilah gigi berlubang.

Tapi jangan khawatir untuk menghilangkan atau membersihkan plak, caranya sangat gampang, Anda juga bisa menegah kerusakan gigi permanen serta mengatasi masalah yang terjadi di gusi. Jika plak di gigi tidak segera dibersihkan, lama kelamaan akan mengeras dan terbentuklah karang gigi. Jika karang gigi tidak segera diatasi bisa mengakibatkan gusi kendur dan bengkak, oleh karena itu rutinlah untuk menjaga kebersihan gigi, jangan sampai Anda menunda untuk membersihkan karang gigi. Jika tidak segera diatasi nanti akan menimbulkan gangguan gusi seperti gingivitis atau periodonitis.

Cara Membersihkan karang Gigi dengan Bahan Alami

Jika Anda suah melakukan pencegahan karang gigi dengan cara mengosok gigi secara rutin namun tidak ada hasilnya, Anda bisa melakukan beberapa cara menggunakan bahan alami, berikut cara membersihkan karang gigi menurut WikiSehat.com.

Baking Soda

Baking soda biasanya digunakan untuk bahan pembuat mouthwash alamai untuk menyegarkan dan membunuh bakteri yang ada pada mulut, selain digunakan sebagai bahan pembuat mouthwash, baking soda juga sangat bermanfaat untuk membersihkan karang gigi. Cara menggunakan banking soda untuk membersihkan karang gigi adalah dengan mencampurkan banking soda dan air putih secukupnya lalau teteskan minyak esensial lemon, gliserin, dan lidah buaya. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur 1-2 kali dalam sehari, lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Baking Soda

Namun sebelum menggunakan campuran tersebut sebaiknya Anda tersebih dahulu mengosok gigi dan membersihkan menggunakan air garam. Perlu kalian kethaui, hampir semua pasta gigi menggunakan gliserin, namun banyak dokter mengatakan penggunaan gleserin pada gigi bisa menyebabkan tekstur gigi menjadi lembah dan akan berdampak pada proses remineralisasi.

Strawberry dan Tomat

Tomat dan trawberry memiliki banyak kandungan vitamin C, dimana kandungan antioksidan yang ada pada tomat dan straoberry bermanfaat untuk menyegarkan rongga mulut. Untuk menggunakan bahan alami ini caranya cukup mudah yaitu dengan mengosokan tomat atau stawberry pada bagian gigi dan diamkan selama 5 menit agar kandungan vitmain c yang ada pada kedua bahan almai tersebut mampu membuat timbunan karang gigi semakin lemah.

Setelah menunggu selama 5 menti, segeralah berkumur menggunakan air hangat yang sudah Anda campurkan dengan banking soda untuk mengapus plak yang ada di gigi, sehingga gigi Anda akan semakin putih dan bersinar. Jika Anda tidak memiliki tomat atau strawberry Anda juga bisa menggantinya dengan buah berry, paprika, lemon, pepaya, jambu biji atau jeruk. Untuk mendapatkan hasil yang di inginkan lakukan cara ini secara teratur dan rutin, gunakan sebelum Anda tidur. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kulit jeruk untuk membunuh bakteri yang bersarang pada gigi dan tidak perlu diblas.

Pewarna Makanan

Pewarna makanan juga bisa Anda gunakan untuk mendeteksi keberadaan plak di gigi. Caranya, bubuhkan sedikit petroleum jelly ke bibir untuk mencegah bibir terkena pewarna makanan, lalu teteskan sedikit pewarna makanan ke ddalam air putih dan berkumurlah menggunakan campuran tersebut selama 1 menit. Setelah itu bersihkan pewarna makanan yang ada pada mulut dengan menggunakan air bersih sampir perhatikan area yang berwarna lalu fokuslah untuk mengosok gigi yang berwarna untuk menghilangkan karang gigi. Menggunakan cara ini lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan cara diatas.

Keju

Sering mengkonsumsi keju juga merupakan salah satu cara untuk mencegah timbulnya karang gigi karena keju memiliki kandungan yang bersifat asam dan berfungsi untuk menetralkan asam yang menimbulakn plak. Semakin lama keju yang digunakan akan semakin bagus.

Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan keju kalian bisa mengatikan dengan kacang mentah karena sama-sama memiliki kandungan yang bersifat asam sebagai penetral untuk menghilangkan plak yang ada di gigi.

Mengkonsumsi buah

Mengkonsumsi buah juga merupakan salah satu cara yang paling berguna untuk mencegah munculnya karang gigi. Sering-seringlah mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh, selain untuk mencegah karang gigi buah-buahan ini juga memiliki manfaat lain untuk tubuh. Buah yang disarankan adalah appel, melon, worterl, dan batang seledri. Gunakanlah salah satu buah tersebut dan kunyahlah selama 1 jam setelah itu bersihkan mulut. Selain itu manfaat mengunyah dalam waktu lama juga bisa memperkuat gigi dan gusi.

Biji Wijen

Cara membersihkankarang gigi dengan menggunakan bahan alami selanjutnya adalah dengan mengunyah biji wijen namun jangan sampai Anda menelannya, setelah menyunyah biji wijen segeralah mengosok gigi pada saat biji tersebut masih berada di dalam mulut, biarkan biji tersebut menjadi scrub alami.

Buah Ara

Buah ara juga memiliki manfaat lain seperti dijadikan sebagai bahan alami untuk membersihkan karang gigi, cara menggunakan bahan ini ialah dengan mengunyah buah ara yang bermanfaat untuk merangsang produksi air liru dan membersihkan krang gigi dari plak yang memandel.

Hidrogen Peroksida

Bahan alami untuk membersihkan karang gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan antiseptik mouthwash dengan hidrogen peroksida lalu gunakan campuran tersebut untuk berkumur. Gunakanlah bahan alami ini untuk berkumur secara rutin satu kali sehari setelah makan.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang memiliki manfaat yang banyak untuk mengatasi masalah rambut namun selain itu manfaat lainnya juga sangat berguna untuk mengilangkan karang gigi dan cara menggunakannya sangat gampang sekali dengan cara Kulum 1 sdm minyak kelapa murni selama lebih kurang 15-20 menit. Setelah meludahkannya, gosok gigi seperti biasa, ulangi setiap hari saat pagi hari sebelum Anda makan.

Aloe Vera

Salah satu penelithan yang dilakukan oleh Oral Health dan Dental Management pada tahun 2014 mengatakan bahwa lidah buaya akan memberikan efek serupa seperti yang diberikan oleh mouthwash berbahan chlorexidine. Cara menggunakannya dengan mengosokkan potongan lidah buaya langsung ke gigi dan batas gusi, diamkan selama 10 menit lalau bilas menggunakan air dingin, lakukan secara rutin selama 2 kali sehari.

Cengkeh

Tak hanya bermanfaat untuk meredakan sakit gigi, cengkeh juga bermanfaat untuk melawan mikroba yang penyebabkan munculnya plak dan karang gigi yang bersarang di mulut. Cara menggunakannya, Anda tinggal mencampurkan cengkeh dengan minyak zaitun, lalu aplikasikan campuran tersebut ke gigi Anda. Diamkan beberapa menit setelah itu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Cuka Putih

Cuka putih memiliki kandungan asam asetat yang bermanfaat untuk mencegah deminerdlisasi email sekaligus untuk pembentukan plak. Selain itu manfaat lain dari cuka putih ialah membuat agen antibakteri. Kombinasi zat tersebut akan bermanfaat dan mempermudah untuk membersihkan karang gigi. Cara menggunakannya dengan mencampurkan cuka putih dengan garam ke dalam air hangat dan gunakan campuran tersebut untuk membilas mulut. Gunakan campuran tersebut secara rutin 1-2 kali dalam sehari sampai karang gigi mengilang

Arang Aktif

Dulu sebelum pasta gigi diproduksi, banyak orang menggunakan arang untuk membersihkan gigi karena arang memiliki kandungan karbon aktif yang bermanfaat untuk membersihkan gigi. Cara menggunakannya dengan mencampurkan arang yang sudah dihaluskan (menjadi bubuk) dengan minyak kelapa mentah dan tambahkan sedikit tetes minyak esensial peppermint. Aduk bahan tersebut hingga terbentuk pasta, gunakanlah pasta arang untuk menyikat gigi.

Memang tidak smua bahan alamai bisa mengilangkan garang gigi dengan cepat namun jika Anda rutin dalam menggunakan cara diatas, saya jamin dalam beberapa minggu kerang gigi dan plak yang ada pada gigi akan menghilang dan membuat gigi Anda menjadi cerah dan putih.

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara gigi kuning. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *