10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik

Posted on

10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik – Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, namun beberapa strategi terbaik mencakup olahraga teratur, mengurangi waktu menonton sebelum tidur, hindari bahan kimia tertentu, jadikan kamar tidur Anda tempat tidur Anda, atur jadwal makan Anda, jauhkan mata Anda dari Jam, dan banyak lagi. Artikel ini dapat membantu anda agar memiliki istirahat yang berkualitas lewat 10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Sehat dengan Cara Tidur Nyenyak

Salah satu hal yang menyatukan kita sebagai manusia adalah kebutuhan kita untuk tidur. Beberapa orang mungkin “orang pagi” atau “burung hantu malam”, namun setiap tubuh manusia memerlukan istirahat, yang datang dalam bentuk tidur. Sayangnya, dalam kehidupan kita yang serba cepat, berteknologi, dan dipenuhi tekanan, istirahat yang tepat terkadang sulit dicapai. Studi menunjukkan bahwa kebanyakan orang dewasa memerlukan tujuh sampai sembilan jam istirahat untuk berfungsinya; Hal ini dapat dicapai melalui satu pertarungan tidur, atau pola tidur yang lebih pendek ditambah dengan tidur siang. Tidur adalah hal yang rumit, dan mempengaruhi semua orang dengan sedikit berbeda. Ritme sirkadian dan kebiasaan alami Anda membentuk dasar tidur Anda. Jika jadwal Anda menyebabkan pola tidur Anda berubah secara teratur, maka Anda mungkin telah menyesuaikan diri dengan gaya hidup itu, sementara gangguan pada orang lain dapat menjadi kacau, yang mempengaruhi kemampuan mental dan fisik mereka.

Tidur yang nyenyak harus memiliki beberapa karakteristik utama: tidak terganggu, perasaan penyegaran saat bangun, kew aspadaan di siang hari, kurang mendengkur atau kecanduan bisa juga karena gangguan pernapasan, dan tidur seharusnya terjadi kira-kira dua puluh menit setelah berbaring dengan maksud untuk tidur. Jika Anda tidak mendapatkan 7-9 jam atau merasa tersiksa dan lelah di siang hari, mungkin ada beberapa alasan bagus untuk hal ini. Apakah Anda menderita insomnia, sindrom kaki gelisah, sleep apnea , atau hanya kurangnya kebiasaan tidur yang baik, ada beberapa cara untuk memperbaiki situasi Anda. Jika Anda ingin kembali ke sisi kehidupan yang berenergi tinggi, beberapa perubahan pada diet, jadwal harian, dan kebiasaan adalah semua yang Anda butuhkan. Sekarang, lihat lebih dekat 10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik.

10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik

10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik

1. Hindari late-night screen time

Di dunia berteknologi berat hari ini, nampaknya tidak mungkin untuk menghindarkan diri dari gadget. Namun, bermain di smartphone atau tablet, bekerja di komputer, atau menonton televisi larut malam membuat otak kita terdorong dan aktif, bahkan membuat kita sulit untuk tidur. Selain itu, pikiran kita sibuk dengan pemikiran kerja, pembaruan platform media sosial, dan plot drama televisi favorit kita, yang semuanya membuat pikiran kita tidak mematikan saat tidur. Maka dari itu meghindari penggunaan gadget di malam hari termasuk dalam 10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik.

2. Kamar tidur sebagai ruang untuk tidur

Jika Anda membuat kebiasaan melakukan hal-hal lain di tempat tidur, seperti makan, belajar, membaca, atau bergaul dengan pasangan Anda, maka tubuh Anda tidak akan mengasosiasikan kamar tidur sebagai ruang untuk tidur. Sebuah ruangan gelap dengan tempat tidur yang nyaman harus menginduksi tidur, tapi jika kita terus-menerus berada di kamar tidur, semakin sulit tidur karena tidur nyenyak, karena kita setengah berharap untuk mulai melakukan sesuatu yang lain kapan saja. Dengan memisahkan ruang kerja dengan kamar tidur bisa membantu anda untuk menjadikan kamar tidur anda sebagai ruang untuk tidur dan beristirahat maka dari itu termauk dalam 10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik.

3. Konsisten dalam pilihan Anda dalam mengatur jam tidur

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Meskipun beberapa orang berfungsi normal dengan jadwal tidur non-reguler, telah ditunjukkan bahwa membuat rutinitas pola tidur Anda sesuai waktu adalah kunci. Mengingat perubahan terbaru pada “hari kerja” tradisional dan prevalensi kerja, menjadi lebih mudah untuk memanipulasi jadwal kita sesuai kenyamanan kita. Apabila kita tidur dengan jadwal yang acak, hal ini bisa menyulitkan tubuh kita untuk menemukan pola yang nyaman. Cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama, bila mungkin, jika Anda menderita kekurangan tidur atau gangguan tidur. Dengan konsiten dalam pilihan anda dalam mengatur jam tidur maka termasuk dalam 10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik.

4. Hindari stimulating chemicals

Kita sering mengandalkan kopi untuk membangunkan kita di pagi hari, dan mungkin mendorong kita sepanjang hari. Minuman dan suplemen energi juga menjadi sangat populer untuk memeras setiap tetes energi dari hari ke hari, tapi ini juga bisa menghubungkan kita dengan waktu tidur terjadwal kita. Kita mungkin perlu bangun pada waktu yang sama di hari berikutnya, tapi bahan kimia yang telah kita tanam dengan tubuh kita tidak akan membiarkan kita tertidur. Potong kembali secangkir kopi ketiga di sore hari dan hilangkan minuman energi untuk melihat apakah pola tidur Anda kembali normal. Dengan menghindari minuman bersuplemen penambah energi maka itu termasuk dalam 10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik.

5. Berolahraga secara teratur

Mengeluarkan energi berlebih akan meningkatkan tuntutan tubuh untuk beristirahat, dan dapat mengurangi beban pikiran andayang sering sekali membuat anda tetap terjaga. Jika Anda berolahraga secara teratur di pagi atau sore hari, tubuh Anda akan siap dan butuh tidur nyenyak di malam hari. Berolahraga secara tertur termasuk dalam 10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik.

6. Membiasakan tidak menggunakan alarm saat membangunkan

Suara jam alarm yang menggelegar bisa sangat mengganggu pola tidur dan memulai hari dengan cara yang tidak nyaman. Dengan pola istirahat yang terus menerus sama tanpa sadar tubuh akan terbiasa. Akhirnya, tubuh Anda bahkan mungkin melatih diri untuk bangun beberapa menit sebelum waktu alarm yang ditetapkan, yang merupakan cara yang paling damai dan alami untuk bangun. Untuk itu membiasakan tidak menggunakan alarm saat membangunkan termasuk dalam 10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik.

7. Meditasi dan visualisasi

Jika Anda menderita masalah tidur, beberapa solusi alternatif dapat dilakukan meditasi dan visualisasi. Meditasi membantu menenangkan pikiran dan menghilangkan pikiran yang mengganggu, sementara visualisasi bisa menjadi alat yang ampuh di tempat tidur saat pikiran Anda melaju sejuta mil per jam. Visualisasikan damai, diikuti oleh kenyamanan kemudian tidur nyenyak akan segera datang. Meditasi dan visualisasi termasuk dalam 10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik.

8. Biasakan tidur siang

Tidur siang sepanjang hari, bila tubuh Anda menuntutnya, bisa bermanfaat, terutama jika Anda sulit tidur 8 jam. Kapsul ini dapat memberi energi pada kita untuk hari ini, menghilangkan kebutuhan akan stimulan kimiawi, dan juga memastikan bahwa tidur pada akhir hari yang kita dapatkan cukup menyegarkan. Membiasakan tidur siang adalah salah satu solusi untuk orang yang sering terjaga di malam hari dan termasuk dalam 10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik.

9. Kurangi alkohol dan rokok

Alkohol dapat membuat Anda pingsan, tapi itu bukan tidur nyenyak, dan memiliki dampak kesehatan lainnya yang sebaiknya dihindari. Demikian pula, sifat menenangkan dari rokok mungkin tampak ideal sebelum Anda menutup mata Anda, tapi rokok dan nikotin adalah stimulan, secara teknis membuat lebih sulit untuk tidur. Maka dari itu dengan mengurangi konsumsi alkohol dan roko termasuk dalam 10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik.

10. Makan dengan bijaksana

Makan makanan besar larut malam tidak bijaksana karena metabolisme tubuh akan sangat berat, tapi ada beberapa makanan penginduksi tidur yang bisa membantu jika Anda menatap langit-langit setiap malam. Makanan tinggi magnesium dan nutrisi penting lainnya (seperti trytophan) dapat menyebabkan pelepasan neurotransmitter yang membuat Anda langsung tertidur. Cobalah menambahkan keju cottage, buah, yogurt, susu, atau biskuit ke menu larut malam Anda.

Cukup beragam bukan, ternyata untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas sangat susah didapatkan oleh orang-orang belakangan ini. Maka dari itu 10 Tips dan Cara untuk Tidur yang Baik semoga dapat membantu agar anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.