Cara Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah Menggunakan Bahan Alami

Posted on

Cara Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah Menggunakan Bahan Alami – Pernahkah Anda mengalami telapak kaki pecah-pecah? Jika pernah ini ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk mengatasinya, bahan yang digunakanpun cukup mudah untuk didapatkan dan yang paling penting menghemat biaya. Namun sebelum kita membahas mengenai cara mengatsi telapak kaki pecah-pecah, sebaiknya Anda perhatikan beberapa faktor atau penyebab telapak kaki pecah-pecah, seperti dikarenakan cuaca dingin, pemilihan alas kali yang salah, kurang perawatan untuk telapak kaki, dan terlalu lama berdiri. Selain yang sudah disebutkan ada pula beberapa faktor penyebab lainnya, antara lain :

  • Mandi menggunakan air yang terlalu panas
  • Sering berjalan tanpa alas kaki
  • Disebabkan oleh penyakit kulit seperti eksim, psoriasis dan lain-lain
  • Menggunakan sabun non-pelembab
  • Disebabkan oleh penyakit lain seperti diabetes atau penyakit tirodi
  • Dikarenakan cuaca yang terlalu dingin
  • Hidup di lingkungan yang kelembaban rendah
  • Dikarekan usia
  • Banyak menghabiskan waktu dibawah sinar matahari

Walapun disamarkan menggunakan kaos kaki atau ditutupi oleh sepatu, masalah telapak kaki pecah-pecah tetap harus segera diatasi karena bisa merusak penampilan Anda serta menurunkan rasa pecara diri. Apalagi untuk Anda yang sering makan dilesehan yang diharuskan untuk melepas alas kali tentunya, telapak kaki pecah-pecah akan merusak suasana makan Anda.

Cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah

Agar kondisi telapak kaki kembali mulus, silahkan Anda menggunakan beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah menggunakan bahan alami.

Mengatasi Telapak Kaki Pecah-pecah

Minyak Sayur

Cara pertama yang bisa kalian gunkan adalah minyak sayur, terserah minyak sayur apa yang Anda miliki, bisa juga menggunakan minyak zaitun, wijen, kelapa atau yang lainnya (sudah mengalami proses hidrogenasi). Semua minyak sayur yang disebutkan bisa kalian gunakan untuk mencegah masalah telapak kaki pecah-pecah, untuk mendapatkan hasil yang di inginkan kalian bisa menggunakan cara ini sebelum tidur agar minyak yang digunakan bisa meresap dalam kulit.

Cara Penggunaan :

  • Pertama Anda rendam telapak kaki menggunakan air sabun lalu gosok tumit dengan batu apung dan keringkan
  • Gosokan minyak sayur yang ada pada bagian tumit dan telapak kaki
  • Pasangkan kaos kaki setelah minyak dioleskan secara merata dan diamkan selama semalaman selagi Anda tidur.

Setelah menggunakan cara ini secara teratur Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih mulus daripada yang Anda alami sekarang ini.

Tepung Beras

Tepung beras juga dipercaya mampu mengatasi telapak kaki pecah-pecah karena kandungan yang ada pada tepung beras berkhasiat mengelupas sel mati yang ada dikaki sekaligus mencegah datang kembali. Untuk penggunaannya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan tepur beras secukupnya dengan madu dan cuka apel lalu aduk hingga berupak menjadi pasta. Jika tekstur telapak kaki sangat parah Anda juga bisa mencampurkan dengan menggunakan minyak zaitun atau almond. Sebelum menggunakan cara ini sebaiknya Anda merendam telapak kaki menggunakan air hangat selama 10 menit lalu oleskan campuran tepung beras secara merata pada telapak kaki yang pecah-pecah. Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang cepat.

Lemon

Lemon juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa mengatasi telapak kaki pecah-pecah dikarenakan kandungan yang ada pada lemon bemiliki kandungan asam yang sangat efektif untuk melembutkan telapak kaki kasar yang akan memicu timbulnya telapak kaki pecah-pecah pada telapak kaki. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu rendap telapak kaki Anda menggunakan perasan air lemon selama 15 menit. setelah itu gosok tumit atau kaki yang pecah-pecah menggunakan batu apung lalu keringkan menggunakan air dingin tapi perlu kalian tahu saat menggunakan cara ini jangan sekali-kali merendam atau membilas telapak kaki menggunakan air hangat karena bisa membuat telapak kaki bertambah parah.

Air Mawar dan Gliserin

Campuran air mawar dan gliserin merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah dan manfaat dari gliserin adalah bisa membuat telapak kaki menjadi lebih halus, Air mawar memiliki kandungan vitamin A, Vitamin B3, Vitamin C, Vitamin D dan Vitmain E yang berperan penting sebagi antioksidan, antiradang dan antiseptik. Cara menggunakannya, campurkan gliserin dan minyak mawar secukupnya lalu gosokkan pada telapak kaki setiap hari sebelum tidur dan bilas telapak kaki pada pagi harinya. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan lakukan cara ini secara rutin sampai telapak kaki sudah terlihat hasilnya.

Pisang

Menggunakan pisang sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah merupakan cara efektif untuk menghemat biaya. Cara menggunakannya tinggal menghaluskan pisang secukupnya hingga pisang menjadi pasta. Oleskan pisang yang sudah dihaluskan pada bagian telapak kaki pecah-pecah selama 15 menit agar nutrisi yang ada pada buah pisang meresap sempuran. Setelah itu cuci telapak kaki menggunakan air hangat dan rendam kembali menggunakan air dingin selama 10 menit. Lakukan cara ini selama beberapa minggu untuk mengambalikan tekstur telapak kaki yang lemut dan mulus.

Madu

Madu memiliki kandungan pelembab sekaligus bisa digunakan sebagai antibakteri yang mampu merawat kulit kering dan pecah-pecah. Cara menggunakan cara ini dengan mencampurkan secangkir madu dengan air hangat dan rendam telapak kaki menggunakan campuran tersebut selama 20 menit sabil mengosok telapak kaki perlahan-lahan. Lakukan setiap hari atau beberapa minggu sekali sampai telapak kaki kembali halus.

Petroleum Jelly atau Vaseline

Cara selanjutnya dengan menggunakan bahan alami seperti petroleum jelly yang berfungsi untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah karena kandungan yang ada didalamnya berkhasiat untuk melembabkan telapak kaki dan membuatnya menjadi mulus. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan merendam telapak kaki kedalam air hangat dan gosok menggunakan batu apung. Setelah itu oleskan petroleum jelly, Anda juga bisa mencampurkannya dengan perasan air lemon, Gunakan cara ini sebelum tidur dan diamakan selama semalaman.

Petroleum Jelly atau Vaseline

Pemilihan Kaos Kaki dan Sepatu Yang Tepat

Selain menggunakan cara alami diatas kalian juga bisa mengatsi telapak kaki pecah-pecah dengan cara memilih kaos kaki atau penggunaan sepatu yang tepat. Untuk pemilihan kaos kaki sebaiknya Anda mencari kaos kaki yang menggunakan bahan silikon karena bahan ini mampu membuat telapak kaki tetap dalam keadaan lembab. Kalu Anda rasa harganya mahal ana juga bisa menggunakan cara ini, bungkuslah telapak kaki menggunakan plastik baru menggunakan kaos kaki biasa.

Untuk pemilihan sepatu sebaiknya cari sepatu yang bagian belakangnya memiliki penopang tumit dengan baik, dan hindarilah penggunaan alas kaki yang lici atau bisa membuat telapak kaki bergeser karena gesekan tersebut bisa membuat kulit menjadi iritasi dan menyebabkan telapak kaki pecah-pecah. Untuk penggunaan alas kaki biasa seperti sendal, sebaiknya Anda menjaci sendal jepit yang memiliki alas tebal.

Mencaga Cairan Dalam Tubuh

Cara mengatasi yang terakhir adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh agar Anda terhindar dari ma+salh dehidrasi karena jika tubuh kekurangan cairan bisa berdampak buruk pada kulit, bisa-bisa kulit akan menjadi lebih kering dan bisa menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah.

Demikian cara mengatasi masalah telapak kaki pecah-pecah, tapi perlu kalian perhatikan sebelum menggunakan bahan alami diatas, selalu perhatikan bahan yang bisa menyebabkan alergi pada kulit Anda.

Terima kasih telah membaca artikel tentang kaki pecah-pecah saat hamil 7 bulan. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *