Ciri-Ciri Mata Minus dan Penyebab Mata Minus

Posted on

Ciri-Ciri Mata Minus dan Penyebab Mata Minus – Memiliki mata minus menjadi suatu hal yang membebani seseorang karena dia tidak dapat melakukan aktivitas sendirian tanpa bantuan kacamata karena bisa saja itu membahayakan dirinya, misalnya saat akan menyebrang jalan tidak dapat melihat kendaraan yang melintas secara jelas. Mata minus pada umumnya terjadi di usia dini. Tidak dipungkiri bahwa saat ini sudah banyak anak yang mengalami masalah pada mata yang menyebabkan mereka tidak dapat melihat secara jelas dan inilah ciri-ciri mata minus, lalu apa penyebabnya hal ini terjadi pada anak-anak? Selanjutnya akan dijelaskan lebih lanjut pada bagian berikutnya.

Apa itu Mata Minus atau Rabu Jauh atau Miopi?

Apa itu mata minus atau rabun jauh atau miopi? Minus adalah suatu keadaan dimana mata mengalami kelainan yang terjadi pada bola mata dan tidak mampu melihat benda-benda di sekitar yang memiliki jarak cukup jauh secara sempurna. Sebagai seseorang yang mengalami masalah rabun jauh atau minus tentu akan merasa sangat tidak nyaman saat harus melihat benda-benda yang jaraknya jauh apabila tidak dibantu dengan kacamata, Inilah salah satu ciri mata minus, dan untuk melakukan pencegahan, anda harus tahu apa yang jadi penyebabnya.

Penyebab Mata Minus

Pada bagian ini, akan dijelaskan mengenai penyebab mata minus yang masih termasuk ke dalam isi dari pembahasan artikel ciri-ciri mata minus dan berbagai penyebab umumnya pada anak-anak, beberapa diantaranya adalah:

1. Menonton atau Membaca Terlalu Dekat

Sudah banyak jenis penyakit mata yang dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak dan penyakit-penyakit mata tersebut ada yang memiliki tingkat mudah disembuhkan dan ada pula yang tingkat pengobatannya sulit. Tanpa disadari, penyebab mata mengalami masalah-masalah yang berakibat pada ketidakjelasan saat melihat terjadi karena ulah dari diri sendiri, misalnya penyebab mata minus yang saat ini sudah banyak dialami anak-anak terjadi karena membaca terlalu dekat.

Cobalah mengatur jarak saat membaca, menonton, bermain games, main komputer, main handphone atau lainnya, hindari jarak pandang yang terlalu dekat, sampai-sampai hal tersebut merusak jaringan mata dan membuat mata tidak dapat berfungsi normal. Oleh sebab itu, saat melakukan berbagai aktivitas yang membebani mata, sebaiknya perhatikan jarak yang aman untuk mata anda.

2. Terlalu Lama Melakukan Aktivitas yang Memforsir Mata

Selain jarak yang terlalu dekat saat melakukan aktivitas yang membutuhkan bantuan mata, terlalu lama melakukan aktivitas yang membebani mata, misalnya bekerja di depan layar komputer dengan waktu yang cukup lama, membaca buku yang banyak dan memiliki tulisan kecil-kecil dalam waktu lama terutama saat pencahayaan dari lampu kurang memadai, dan lain sebagainya. Sebenarnya melakukan aktivitas yang membebani mata memang bukan menjadi masalah, akan tetapi mata tetap butuh istirahat agar jaringannya tidak rusak, sehingga aktivitas yang membebani mata sebaiknya dikurangi.

Ciri-Ciri Mata Minus

1. Tidak Jelas Melihat Objek Jauh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mata minus terjadi karena kebiasaan buruk kita sendiri, jadi untuk membuat mata minus tidak semakin parah adalah mengetahui apa saja kegiatan yang membuat mata menjadi minus, hal ini dimaksudkan agar dapat mengambil tindakan penanganan saat minus mata yang dialami masih sangat kecil.

2. Pusing

Mata minus kerap kali juga kadang akan membuat penderitanya mudah sakit kepala atau mudah pusing, karena ketidakjelasannya dalam melihat.

3. Rasa Tidak Nyaman di Mata

Selain kepala mudah pusing, orang yang memiliki masalah mata minus akan mengalami rasa sakit saat harus melihat tulisan atau huruf yang memiliki jarak jauh dan tentu saja hal itu sangat tidak nyaman. Kemudian ciri yang berikutnya adalah tidak dapat melihat tulisan yang jaraknya cukup jauh dengan jelas karena tulisan yang dilihat menjadi memudar. Selain itu, mata minus pun akan menyebabkan sakit pada mata apabila terlalu sering melihat cahaya matahari dan jarak untuk melihat menjadi terbatas. Inilah ciri-ciri mata minus yang membuat mereka menjadi tidak nyaman karena tidak dapat melihat dengan jelas objek dihadapannya, terutama saat mereka harus belajar di kelas.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan ingatlah bahwa mata memerlukan istirahat cukup. Sekian pembahasan mengenai ciri-ciri mata minus dan penyebab umumnya yang terjadi pada anak-anak.

(WikiSehat.com)

Terima kasih telah membaca artikel tentang ciri ciri penyakit miopi. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *