Cemilan Sehat Untuk Diet

Posted on

Wikisehat.com – Kata siapa pengen kurus tidak boleh ngemil? Ngemil memang dapat membuat berat badan anda mengalami kenaikan. Namun memilih cemilan sehat untuk diet menjadi sebuah solusi bagi Anda yang  ingin melakukan diet tapi tetap bisa ngemil. Berbagai macam cemilan memang menjadi ketakutan terbesar untuk orang-orang, terutam yang mudah mengalami kenaikan berat badan. Terutama apabila anda memakan cemilan pada malam hari, karena itu dapat membuat berat badan anda naik secara signifikan.

Cemilan yang kurang baik seperti gorengan, snack, coklat dan makanan lain cenderung mengandung jumlah kalori yang banyak. Sehingga cemilan adalah musuh berat bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Salah satu kebiasaan buruk yag susah dihilangkan bagi mereka yang bertubuh besar adalah mengkonsumsi cemilan. Sehingga saat melakukan program diet, rasanya berat atau susah sekali untuk tidak melakukan hal tersebut. 

Nah, bagi Anda yang sedang melakukan program diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal, namun susah sekali untuk menghilangkan kebiasaan buruk yaitu mengkonsumsi cemilan, solusinya adalah memilih cemilan sehat untuk diet atau snack sehat untuk diet. Cemilan sehat disamping bisa mengontrol pola makan anda yang besar juga dapat sebagai obat pelangsing alami. Makanan sehat yang cocok yang bisa anda konsumsi dan jadikan cemilan sehat untuk diet atau snack sehat untuk diet adalah sebagai berikut:

Cemilan Sehat Untuk Diet

1. Buah-buahan

Buah-buahan memang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Maka ganti atau ubahlah cemilan Anda dengan buah-buahan segar, buah-buahan ini dapat digunakan sebagai cemilan sehat untuk diet yang nikmat atau sebagai snack sehat, karena selain mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, buah memiliki kandungan kalori yang cukup rendah sehingga cocok untuk dijadikan cemilan sehat untuk dietBuah-buahan yang cocok dikonsumsi sebagai cemilan sehat yaitu buah pisang, apel, strawberry, aprikot, melon, mangga, pepaya. Meskipun buah cukup baik untuk kesehatan, tetap harus hati-hati. Hindari mengkonsumsi buah yang terlalu manis karena mengandung kadar gula dan karbohidrat terlalu tinggi.

 

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan baik dijadikan untuk pengganti cemilan yang selama ini cenderug kurang sehat. Kacang-kacangan termasuk cemilan sehat untuk diet atau snack sehat karena mengandung serat dan lemak sehat yang memberikan efek kenyang sehingga mengurangi konsumsi makan yang berlebih. Dengan mengkonsumsi kacang dapat mencukupi kebutuhan energi dari kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi sehingga diolah menjadi energi. Kandungan nutrsi pada kacang berfungsi untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh sehingga lebih stabil. Beberapa jenis kacang yang bisa dijadikan cemilan sehat untuk diet yaitu Kacang Tanah, Almond, Mete, Walnut, Hezelnut, Kacang Brazil, dan Kacang Pistachio.Untuk cemilan sehat untuk diet di malam hari, kamu bisa mengkonsumsi kacang tanah yang direbus untuk menggantikan cemilan di malam hari.Namun perlu diingat, meskipun kacang bisa dijadikan teman sehat bagi program diet Anda, bukan berarti Anda bisa sepuasnya mengkonsumsi kacang dengan jumlah yang banyak.

 

3. Yoghurt

Yoghurt mengandung nutrisi yang tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain dikenal khasiatnya yang baik untuk kulit, ternyata mengkonsumsi yoghurt dapat melangsingkan tubuh atau dapat digunakan sebagai obat pelangsing alami. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam yoghurt menjadikannya sebagai cemilan sehat untuk diet atau snack sehat karena yoghurt diantaranya terdiri dari karbohidrat, protein, kalori, kalium, potasium. Sedangkan kandungan lemak serta kalori pada yoghurt cenderung rendah. Meski begitu, Anda harus mengatur waktu dan jumlahnya. Karena bagaimanapun Yogurt dibuat dengan proses fermentasi.

 

4. Agar-agar

Agar-agar selain memiliki rasa yang nikmat, ternyata agar-agar merupakan makanan yang aman dikonsumsi sebagai cemilan sehat untuk diet atau sebagai snack sehat untuk diet.Kandungan serat pada makanan yang bertekstur cenderung kenyal ini cukup tinggi sehingga memberikan efek mudah kenyang.Selain mudah dibuat, kandungan kalori pada agar-agar atau jelly cukup rendah sehingga tidak berbahaya bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Dalam satu bungkus agar-agar mengandung 10 kalori. Sedangkan kandungan kalori pada agar-agar jika dibuatnya dengan ditambahkan buah, gula, ataupun susu yaitu sekitar 70 sampai 80 kalori.

 

5. Es Krim

Tahukah Anda kalau es krim ternyata mampu menurunkan berat badan Anda? Sebagian orang menganggap bahwa mengkonsumsi es krim dapat mengakibatkan naiknya berat badan.Namun kenyataannya justru sebaliknya karena es krim dapat digunakan sebagai cemilah sehat untuk diet. Kebanyakan orang melakukan program diet yaitu diet rendah kalsium.Padahal, kekurangan kalsium pada tubuh justru akan mengurangi kemampuan pembakaran lemak pada tubuh, yang pada akhirnya akan menyebabkan kegemukan.Nah, dengan mengkonsumsi es krim sebagai pengganti cemilan, dapat menyeimbangkan kadar kalsium pada tubuh Anda.Namun perlu diperhatikan, pilihlah es krim yang rendah kalori. Jangan mengkonsumsi es krim terlalu banyak karena dapat mengakibatkan penyakit jantung serta diabetes.Cukup konsumsi es krim sekitar setengah cangkir atau tidak boleh lebih dari 125 kalori.

 

6. Sayuran

Sayuran ternyata tidak hanya bisa dibuat dan dimasak untuk dijadikan lauk. Sayuran khususnya sayuran hijau ternyata bisa dijadikan cemilan sehat untuk dietCaranya yaitu dengan mengolah sayuran tersebut menjadi salad. Jika tidak, Anda bisa membuat smoothie atau jus yang terbuat dari sayur-sayuran.

 

7. Pop Corn

Pop Corn yang diolah tanpa penambahan rasa apapun ternyata cukup mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Makanan yang biasa dikonsumsi pada saat nonton di Bioskop ini ternyata cocok untuk dijadikan cemilan sehat untuk diet dengan catatan tidak menambahkan bumbu apapun seperti pemanis yaitu gula atau rasa lain seperti keju dll. Pop Corn merupakan cemilan sehat untuk diet yang terbuat dari biji-bijian khususnya biji jagung. Pop Corn mengandung banyak nutrisi yang cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet.Kandungan nutrisi tersebut diantaranya yaitu serat yang berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan, mencegah penyakit kardioveskular, penyakit jantung, diabetes tipe 2 serta menurunkan kolesterol. Selain mengandung serat yang tinggi, Pop Corn cukup banyak mengandung antioksidan serta polifenol yang berfungsi untuk mencegah penyakit jantung, osteoporosis, dan diabetes.

 

8. Biskuit dan Roti Gandum

Cemilan sehat untuk diet berikutnya yang bisa dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet yaitu biskuit dan roti gandum.Gandum merupakan salah satu sumber makanan dengan kandungan serat yang sangat tinggi. Makanan yang mengandung serat tinggi berfungsi untuk megurangi rasa lapar atau memberikan efek kenyang yang lama sehingga baik sekali untuk menu diet. Selain dapat menurunkan berat badan, gandum memiliki kandungan nutrisi lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti mencegah diabetes tipe 2, mencegah  penyakit jantung, meningkatkan metaboisme tubuh.Selain itu masih banyak manfaat lainnya seperti mengurangi peradangan kronis, mencegah asma pada anak, menurunkan kadar kolesterol, serta melawan penyakit kanker payudara.

 

9. Smoothie

Cemilan sehat untuk diet berikutnya yaitu smoothie. Selain nikmat jenis minuman yang satu ini cukup sehat dan mengenyangkan tentunya. Smothie merupakan minuman yang baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Selain untuk sarapan, Anda bisa mengganti menu makan siang dan malam dengan Smoothie agar tidak bosan. Sejak lama Smoothie terbukti mampu mengibati penyakit-penyakit tertentu dan sangat bermanfaat untuk kecantikan, seperti untuk menghaluskan dan kelembutkan kulit, masker dan masih banyak lagi. Karena Smoothie terbuat dari bahan-bahan alami, maka smoothie aman dikonsumsi siapapun, selama buah atau sayur yang digunakan tepat.

 

 

Terima kasih telah membaca artikel tentang cemilan untuk orang diet. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *