Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

Posted on

Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

index1

Kanker memang salah satu penyakit yang sangat berbahaya, apalagi sudah berada di stadium akhir. Kanker sendiri merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak normal didalam tubuh. Jika terjadi pertumbuhan sel tidak normal pada paru-paru maka dinamakan kanker paru-paru, dan saat ini yang akan dibahas adalah kanker usus besar atau yang sering disebut dengan kanker kolon. Ya, kanker usus besar terjadi karena adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada bagian usus. Usus besar merupakan bagian dari sistem pencernaan manusia yang berfungsi untuk menampung limbah dari makanan yang masuk kesistem pencernaan.

            Kanker usus sebenarnya dibedakan menjadi 2 macam, yakni kanker usus besar dan kanker usus halus. Namun yang sering terjadi adalah kanker usus besar. Menurut statistik, 75 persen kasus kanker yang terjadi pada usus adalah kanker usus besar. Oleh sebab itu disini akan dibahas mengenai ciri-ciri atau gejala kanker usus besar.

            Untuk ciri-ciri kanker usus besar belum bisa diteliti secara pasti. Hal tersebut dikarenakan setiap orang akan memiliki gejala yang berbeda tergantung seberapa lama penyakit tersebut telah bersarang didalam usus besar. Meskipun demikian, terdapat ciri-ciri umum yang biasanya dialami oleh penderita kanker usus besar atau kolon yang antara lain sebagai berikut.

  1. Pendarahan pada usus besar

Ini adalah ciri-ciri yang paling sering dialami oleh penderita kanker usus besar. Para penderita biasanya akan mengeluarkan darah bersamaan dengan fases ketika buang air besar. Hal ini terjadi karena usus besar sudah terluka sehingga mengeluarkan darah

  1. Perubahan pada fungsi usus

Para penderita biasanya akan mengalami diare ataupun sembelit tanpa sebab yang jelas selama kurun waktu enam minggu. Ini terjadi karena usus besar sudah tidak bekerja secara maksimal untuk menampung limbah makanan yang dikonsumsi

  1. Penurunan berat badan

Ciri selanjutnya yakni mengalami penurunan berat badan secara drastis. Para penderita akan terlihat kurus serta lemah yang dikarenakan usus tidak mampu menyerap sari-sari makanan yang dikonsumsi

  1. Timbulnya rasa sakit pada perut

Penderita kanker usus besar akan sering merasakan sakit pada perut, terutama pada perut bagian belakang. Usus besar yang sudah terluka menjadi faktor penyebab utama dari timbulnya rasa sakit ini

  1. Perut selalu terasa penuh

Meskipun sudah buang air besar, para penderita selalu merasakan penuh pada bagian perutnya.

  1. Anemia

Ciri-ciri kanker usus besar yang terakhir yaitu anemia. Para penderita kanker kolon biasanya akan mengalami anemia atau kekurangan darah. Hal ini disebabkan karena penderita sering kehilangan banyak darah terutama ketika buang air besar.

            Semua penyakit kanker bisa dicegah termasuk kanker usus besar. Cara pencegahan yang paling utama untuk kanker besar adalah sering mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. (Baca Juga : Makanan-Makanan Ini yang Membuat Tubuh anda Menjadi Awet Muda dan sehat) Makanan berserat memang sangat baik untuk menjaga kesehatan karena mampu menghilangkan berbagai racun yang terdapat didalam usus. Sehingga mengurangi resiko timbulnya pertumbuhan sel-sel yang tidak wajar pada usus. Selain mengonsumsi makanan berserat, pencegahan kanker usus besar juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium serta vitamin E dan D. Kalsium bisa didapatkan dengan mengonsumsi berbagai produk olahan dari susu seperti halnya yoghurt. Sedangkan vitamin E dan D bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan segar. Menurut penelitian terbaru, tidak merokok juga bisa mengurangi resiko terkena kanker usus besar. Orang yang merokok memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar terkena kanker usus besar jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Terima kasih telah membaca artikel tentang gambar kanker usus. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *