Obat Kolesterol untuk Ibu Hamil Sayangi Janin mu..

Posted on

Obat Kolesterol untuk Ibu Hamil – Kondisi saat ibu hamil adalah dimana kondisi yang sangat mudah terserang berbagai macam penyakit,

maka dari itu pola makan dan asupan untuk ibu hamil harus benar-benar di jaga demi keselamatan calon ibu dan kandungannya. Kolesterol sangat mudah menyerang ibu hamil.

(Baca Juga : sakit perut sebelah kiri bawah tanda kehamilan)

Kolesterol bagi ibu hamil ternyata meiliki peranan yang penting yaitu bermanfaat untuk pembentukan suatu hornon, pembuatan dinding sel, membuat empedu acids, dan pembentukan vitamin D.

LDL (Low Density Lipoprotein) jenis kolesterol jahat tetapi semua berbanding terblik dengan semua bahaya LDL itu sendiri.

Low Density Lipoprotein
Low Density Lipoprotein

Bagi ibu hamil LDL ternyata sangat di butuhkan dan berperan penting dalam pembentukan steroid (steroidogenesis) yang dapat endukung poses kehamilan,

bahkan jika ibu hamil kekurangan kadar LDL dalam tubuh akan terjadi kelainan pada janin dalam hal pembentkan kelamin dan kelainan-kelainan lainnya.

Tetapi jika telah menderita kolesterol tinggi sebelum hamil dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai macam gangguan antara lain:

  • Saat melakukan pekerjaan sedikit saja akan mudah terasa lelah itu disebabkan karena penyempitan pembuluh darah dan bertambahnya berat badan. Jika dibiarkan saja akan mengakibatkan farises yang timbul di bagian kaki akibat terhambatnya aliran darah tersebut.
  • Bagi ibu hamil yang normal saat melakukan pekerjaan sedikit saja mudah terengah-engah nafasnya itu karena paru-paru terdesak oleh perut yang membesar. Apalagi ibu hambil yang menderita kolesterol tinggi tentu akan bersiko sesak nafas karena pembuluh darah yang menyempit sehingga nafas tidak terkontrol.

Kolesterol Tinggi sebelum Ibu Hamil

Saran untuk wanita yang ingin mengambil program kehamilan sebaiknya sebelum itu konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengukur kadar kolesterol yang ada di dalam darah.

Ibu Hamil

Jika melakukan hal lebih dini akan dapat mencegah kolesterol tinggi sebelum kehamilan dan dapat membuat kehamilan itu berjalan dengan normal.

Sebelum hamil sebaiknya menjaga pola makan dan olahraga teratur utnuk menjaga kadar kolesterol naik.

Sebaiknya pelajari juga jumlah kadar kolesterol dalam darah sebelum dan saat hamil. Kadar kolesterol LDL normal saat ibu hamil adalah 149 mg/dl ±10 dan kadar kolesterol HDL normal bagi ibu hamil adalah 59 mg/dl ±6.

Jadi bisa di ambil kesimpulan kadar kolesterol total normal untuk ibu sekitar 200-259 mg/dl ±10. Ada beberapa cara untuk mengatur kadar kolesterol tetap di angka normal dan tidak semakin tinggi saat hamil, antara lain:

  1. Olahraga secara teratur tetapi jangan mengambil olahraga yang terlalu berat cukup olahraga yang ringan-ringan saja seperti jogging, naik turun tangga, dan olahraga ringan lainnya. Karena dengan olahraga kita dapat bergerak dan aliran darah akan mengalir lancar dan dapat mencegah kadar kolesterol naik dengan cepat.
  2. Hindari makan-makanan yang di goreng jika memang harus di goreng gunakan minyak goreng nabati yang non kolesterol saat memasak. Karena di dalam minyak goreng terdapat lemak jenuh yang sulit mengalir dalam darah.
  3. Pebanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran, karena buah dan sayur memiliki banyak serat dan vitamin yang baik untuk ibu hamil dan baik juga untuk kandungannya.
  4. Kurangi makanan yang memiliki lemak jenuh seperti daging sapi, keju, mentega, telur, susu. Boleh saja mengkonsumsi seperti itu tetapi tetap menjaga pola makan agar tidak berlebihan dan di imbangi dengan makanan yang banyak akan serat.
  5. Selalu kontrol ke dokter guna mengetahui perkembangan dan penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

(Baca Juga : Inilah Manfaat lidah buaya yang jarang diketahui )

Terima kasih telah membaca artikel tentang obat kolestrol untuk i. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *