Cara Mengatasi Penyakit Kanker Paru-Paru

Posted on

Cara Mengatasi Penyakit Kanker Paru-Paru – Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit dimana sel yang ada pada paru-paru, tubuh tanpa terkendali dan paru-paru juga memiliki peran penting dalam tubuh kita yaitu berfungsi untuk menyebarkan oksigen ke darah saat menghirup napas dan membuang karbondioksida saat membuang nafas. Penyakit kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian, penyakit ini juga bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal umur dan jenis kelamin.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Meskipun demikian penyakit ini bisa dicegah dengan mudah dan penyakit ini juga sering dialami oleh seseorang yang aktif dalam merokok. Pada tahap awal penyakit ini tidak bisa dilihat karena memang penyakit ini tidak memiliki tanda apapun, dan berlanjut ke tahap selanjutnya, baru bisa dilihat. Penderita pada tahap kedua biasanya batuk secara berkelanjutan hingga mengalami batuk darah dan tubuh terasa seperti kehabisan udarah, kelelahan tanpa berkativitas, dan penurunan berat badan secara cepat.

Seperti yang dilansir WHO, kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering menyerang laki-laki di indonesia, dan berdasarkan data Globocan dan IARC pada tahun 2012 di indonesia terdapat sekitar 25.322 kasus kanker paru-paru yang menimpa peria dan 9374 kasus menipa wanita. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Rumah sakit di jakarta menunjukan bahwa kanker paru-paru merupakan kanker yang banyak diderita oleh laki-laki dan nomor 4 terbanyak untuk penderita wanita. Angka kejadian kanker paru-paru cukup rendah untuk penderita yang berusia dibawah 40 tahun dan akan semakin banyak untuk penderita yang berusia 70 tahun.

Penyebab Seseorang Terkena Kanker Paru-Paru

Penyabab utama kanker paru-paru adalah seseorang yang perokok aktif, namun ada juga kemungkinan orang yang tidak merokok bisa terkena penyakit ini dikarenakan pernah terkana asap rokok oleh penderita kanker paru-paru. Berikut ini beberapa penyebab timbulnya penyakit kanker paru-paru.

Mengatasi kanker paru-paru

Perokok Aktif dan Perokok Pasif

Sekitar 80% kasus kanker paur-paru disebabkan oleh kebiasaan hidup tidak sehat seperti merokok, dan mengkonsumsi alkohol, dan seseorang yang perokok aktif kemungkinan besar bisa terjangkit penyakit ini, karena kandungan atau zat yang ada pada rokok bisa menyebabkan kinerja organ tubuh terganggu dan diketahui bahwa pada satu batang rokok memiliki 60 zat berbahaya yang bisa memicu perkembangkan kanker. Zat berbahaya dalam rokok dikenal juga dengan nama karsinogenik, seperti nikotin yang digunakan untuk dalam insektisida dan tar yang digunakan untuk pembuatan aspal jalan.

Untuk penedita kanker paru-paru pada awalnya kerusakan yang terjadi pada tubuh bisa diatasi oleh organ dalam tubuh namun jika kerusakan tetap berlanjut yang disebabkan oleh rokok bisa mengakibatkan kerusakan jaringan paru-paru terus bertambah dan bisa saja mengakibatkan sel berekasi secara tidak normal dan akhirnya munculnya sel kanker.

Polusi Udara

Seperti yang ada pada data penelitian yang dilakukan oleh WHO, di Asia Tenggara merupakan penderita kanker paru-paru kedua di dunia, yang disebabkan oleh polusi udara. Seseorang yang sering melakukan aktivitas di luar dan sering terkena polusi udara yang disebabkan oleh asap pabrik atau kendaraan bermotor juga bisa menimbulkan sel kanker. Sekitar 1 dari 100 orang, kematian mereka disebabkan oleh kanker paru-paru yang diakibatkan oleh tingkat polusi udara yang cukup tinggi, dan seseorang yang sering terkena polusi udara sama saja seperti seseroang perokok pasif.

Gejala Kanker Paru-Paru

Seperti yang sudah dibahas diatas, untuk seorang yang baru terjangkit kanker paru-paru pada awalnya tidak memiliki kejala apapun, namun dalam waktu yang lama akan muncul beberapa gejala yang diakbiatakan oleh sel kanker yang sudah lama dan berikut ini beberapa gelaja yang perlu anda waspadai untuk mencegah keparahan yang diakibatkan oleh kanker paru-paru.

  • Batuk biasa yang berkelanjutan dan akhirnya mengalami batuk darah
  • Sesak napas yang diikuti oleh rasa nyeri di dada
  • Kelelahan tanpa berakitivtas
  • Pembekakan pada area muka dan leher
  • Sakit kepala
  • Sakit pada tulang, bahu, lengan atau tangan
  • Berat badan menurun drastis
  • Selera makan menghilang
  • Suara menjadi serak
  • Sulit menelan
  • Perubahan pada bentuk jari

Cara Mengobati Kanker Paru-Paru

Cara mengatasi atau mengobati kanker paru-paru cukup mudah namun anda beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam penanganannya seperti jenis kanker yang diderita, ukuran kanker, posisi kanker dan stadium kanker yang diderita. Saat mengobati penyakit ini, kesehatan pasien juga menentukan keberhasilannya. Untuk mengatasi penyakit ini biasanya banyak orang melakukan operasi untuk mengangkatan kanker. Berikut ini beberapa cara mengatasi atau mengobati kanker paru-paru ini.

Pengangkatan Kanker Paru-Paru Dengan Melakukan Operasi

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Operasi biasanya dilakukan untuk penderita kanker paru-paru yang beberapa jaringannya masih dalam kondisi bagus/baik dan sel kanker belum menyebar. Ada beberapa metode operasi untuk mengagkat sel kanker seperti :

Widge resection merupakan proses operasi yang dilakukan dokter untuk mengangkat sebagian jaringan paru-paru dikarenakan tumor yang berukuran kecil dan kinerja paru-paru penderita telah menurun karena operasi lobektomi yang telah dijalankan sebelumnya.

Lobektomi merupakan proses pengangkatan pada semua bagian di lobus dalam satu paru-paru. Lobus sendiri merupakan bagian dari paru-paru yang memiliki batas dan bisa dilihat secara jelas, Seperti paru-paru kanan terdiri dari 3 lobus sedangkan paru-paru kiri terdiri dari 2 lobus. Saat pengangkatan sel kanker menggunakan cara operasi lobektomi, walapun semua lobus diangkat yang sudah terserang kanker biasa diangkat semua. walapun lobus diangat sistem kerja paru-paru masih bisa berjalan dengan sisa lobus yang ada.

Pneumonektomi merupakan proses opersi pengangkatan satu sisi paru-paru secara menyeluruh. Operasi ini biasanya dilakukan jika terpaksa, misalkan sel kanker berada di semua sisi paru-paru kanan atau kiri dan bisa juga dilakukan seandainya sel kanker sudah menyebar kesemua bagian paru-paru.

Radioterapi

Radioterapa merupakan proses penyembuhan sel kanker terutama saat penderita dalam kondisi pascaoperasi, dan proses ini biasanya dilakukan untuk membunuh sel kanker yang masih diderita, Jika kanker paru-paru sudah tidak bisa diatasi dengan cara operasi, anda juga bisa melakukan radioterapi yang berfungsi untuk membunuh sel kanker yang sudah tidak memungkinkan untuk di operasi. Radioterapi juga bisa dilakukan untuk meredakan gejala atau rasa sakit dan bisa juga dilakukan untuk menghambat tingkat penyebaran kanker. Namun ada beberapa efek samping yang bisa diakibatkan jika mengobati kanker paru-paru dengan menggunakan cara radioterapi, sebagai berikut.

  • Batu berdahak yang tercampur dengan darah
  • Sakit pada bagian dada’
  • Susah untuk menelan
  • Kulit akan memerah dan terasa perik
  • Rontok bulu pada area dada
  • Sering merasa kelelahan

Kemoterapi

Mengatasi kanker paru-paru dengan cara keoterapi juga bisa dilakukan namun anda harus secara rutin setiap minggunya untuk melakukan penyembuhan menggunakan cara ini dan tentunya anda juga akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikti. Kemoterapi merupkan suatu proses pembunuhan sel kanker menggunakan obat-obatan. Kemoterapi juga bisa anda lakukan sebelum melakukan operasi yang berfungsi untuk mengambat penyebaran kanker yang akan semakin parah dan bertujuan untuk memperkecil ukuran kanker agar mudah untuk diangat saat di operasi. Namun ada beberapa efek samping jika melakukan cara ini seperti, cepat merasa lelah, mual, muntah, sariawan, dan rambut rontok.

Terapi Fotodinamik

Cara ini bisa anda gunakan untuk penderita kanke paru-paru stadium awal, dan bisa juga dilakukan untuk penderita yang takut melakukan operasi. Proses terapi ini adalah memasukkan tabung pipih ke area tumor kemudian akan ditembak menggunakan sinar laser melalui tabung tersebut untuk menghancurkan sel kanker yang ada pada paru-paru.

Terapi Biologi

Cara ini merupakan langkah alternatif, sama halnya dengan kemoterapi proses ini menggunakan obat-obatan seperti erlotinib dan geftinib yang bermanfaat untuk mengambat pertumbuhan sel kanker. terapi ini direkomendasikan untuk anda yang mengidap kanker paru-paru non sel kecil yang sudah menyebar dan sulit untuk diatasi dengan menggunakan cara radioterapi atau operasi.

Cara Mencegah Kanker Paru-Paru

Untuk anda yang belum tejangkit penyakit berbahaya ini kalian bisa melakukan pencegahan dini dengan beberapa cara, seperti berikut ini :

Berhenti Merokok Mulai Dari Sekarang

Cara yang paling penting untuk mencegah terjadinya kanker paru-paru pada anda adalah dengan cara berhenti merokok aktif ataupun pasif seperti menghirup asap rokok orang lain dan menghirup pencemaran udara. Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk berhenti merokok, seperti mengantikan rokok dengan permen.

Merokok

Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Cara mencegah selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi makan makanan yang sehat dan perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin yang di butuhkan oleh tubuh. Usahakan untuk menkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari sekali untuk mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Olahraga Dengan Teratur

Cara ini juga bisa menjadi salah satu cara pencegahan munculnya kanker paru-paru. Usahakan anda melakukan olahraga secara teratur setidaknya 2-3 jam dalam seminggu.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi timbulnya kanker paru-paru dan jika sudah terlanjut, anda bisa melakukan beberapa cara di atas yang sudah kita bahas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.