Jangan Sampai Salah Memilih Sabun inilah Cara yang Tepat

Posted on

Sebelum memeilih sabun yang akan anda pakai, alangkah lebih baik jika anda mengenali terlebih dahulu jenis kulit yang anda miliki, jenis sabun, serta kegunaan – kegunaannya. Dan yang paling terpenting adalah memastikan agar sabun yang anda gunakan bukan hanya membersihkan kotoran dari sekujur tubuh kita, tapi juga harus membuat kulit menjadi lebih lembut, indah dan tentunya juga sehat.

cara memilih sabun mandi yang baik
cara memilih sabun mandi yang baik

Kenali Terlebih Dahulu Kulit Anda

Terkadang seseorang membeli sabun bedasarkan referensi, hargany yang murah, atau bahkan karena terpengaruh oleh iklan. Padahal yang paling terpenting adalah memilih sabun atau peroduk berdasarkan kulit yang kita miliki. Terutama untuk orang yang memiliki kulit yang lebih sensitif, kering dan atau lebih berminyak.

Kulit Sensitif

Untuk mencegah atau terhindar dari iritasi pada kulit, alangkah lebih baik jika anda yang memeiliki kulit yang lebih sensitif untuk menggunakan sabun yang sedikit atau bahkan tanpa pewangi. Dan pastikan juga sabun yang akan anda gunakan mengandung tingkat pH yang seimbang (pH balanced). Hindari juga sabun yang memilik kandungan bahan antibakteri dan deodoran.

Kulit Kering

Meskipun sangat ampuh untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri, namun sangat di sayngkan sabun juga menghilangkan minyak alami yang di produksi oleh tubuh. Terutama untuk orang atau bahkan anda yang berkulit kering. Kulit jenis ini di sarankan untuk memakai atau menggunakan sabun yang mengandung pelembab alami. Contohnya sabun yang mengandung minyak bunga matahari, minyak zaitun dll.

Kulit Berminyak

Keuntungan dari kulit berminyak adalah kulit kenyal dan lembab. Tapi kulit yang terlalu berminya juga akan membuat bakteri berkembang biak lebih pesat. Hal ini menyebabkan tubuh anda sedikit bau karena efek bakteri yang berkembang pesat. Pilihlah dan gunakan sabun yang mengandung antibakteri untuk pencegahannya. Sabun yang memiliki kandungan lavender atau chamomile juga sangat bagus untuk kulit yang berminyak. (Baca Juga: Mencerahkan Kulit Wajah)

Kulit Kombinasi

Ciri – ciri kulit kombinasi biasanya adalah kering, bersisik dan mudah teriritasi di bagian tertentu dan secara bersamaan pula terasa berminya di bagian lain. karena miliki kulit yang kering sekaligus berminyak, kulit ini perlu di bersihkan secara khusus dengan menggunakan produk sabun yang berbeda beda pula.

Di anjurkan untuk menggunakan pembersih yang lembut dan mengandung bahan – bahan kimia yang minimal. Dan di area kulit yang kering, anda harus memberikannya pelembab. Dan anda juga memerlukan pembersih yang mengandung kandungan benzoil peroksida pada area berminyak untuk mencegah jerawat atau peradangan pada kulit.

Gunakan Sabun yang Sesuai

Setelah anda mengetahui jenis kulit anda, pilihlah juga sabun yang cocok dengan kebutuhan kulit anda. Sabun yang baik akan membuat kulit anda lebih halus, indah, dan tentunya juga lebih sehat.

Sabun Batang

Kandungan sodium hidroksida yang terkandung dalam sabun batang memang sangat berguna untuk membersih kan tubuh dari kotoran. Namun kandungan sodium hidroksida juga dapat membuat kulit anda kering.

Dan jika anda tetap memilih dan menggunakan sabun batang, sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu sabun batang yang anda beli tidak mengandung alkali yang tinggi yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan kering. Maka dari tiu sebaiknya anda memilih sabun batang yang banyak mengandung emolien untuk menjaga kelembapan kulit anda.

Body Wash

Kandungan pelembab saperti petrolatum berguna untuk menjaga kulit tetap lembut. Body wash sangat cocok di gunakan untuk orang yang memiliki kulit normal karena lebih cair di bandingkan shower gel yang bertekstur lebih kental. Body wash moisturizing adalah pilihan yang sangt baik untuk orang yang berkulit kering, karena mengandung petrolatum dan minyak pelembab alami yang sangat baik untuk orang yang berkulit kering.

Shower Gel

sama halnya dengan body wash, shower gel juga memiliki bentuk yang cair. Sabun jenis ini biasanya lebih kental dan mengandung pewangi yang lebih banyak. Sabun jeni ini sangat cocok untuk orang yang memiliki kulit berminyak.

(Baca Juga: Manfaat bayam untuk kesehatan kulit dan rambut)

Dan jika setelah anda mencoba beberapa jenis sabun dan pelembab yang berbeda, dan kulit anda masih tidak sehat. Lebih baik anda temui dan konsultasi kepada spesialis perawat kulit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Terima kasih telah membaca artikel tentang sabun badan yg mengandung benzoil peroksida, sabun muka yang mengandung benzoil peroksida. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *