Beberapa Penyakit yang Sering Menyerang Ibu Hamil

Posted on

Penyakit yang Sering Menyerang Ibu Hamil

Memilki anak adalah sebuah kebanggaan. Anak adalah harta dunia yang sangat-sangat dinantikan oleh jutaan rumah  tangga . Dengan memiliki anak , maka sebuah keluarga akan lengkap. Kebahagiaan yang sungguh besar jika memiliki seorang anak, karena anak akan menjadi sosok yang mewarisi apa yang telah kita kerjakan. Mewarisi semua yang anda miliki. Anak tentulah hal yang paling didambakan oleh semua rumah tangga, mendidik Anak Agar Sehat Dan Cerdas. Namun, untuk anda tahu , bahwa penyakit itu bisa datang kapan saja. Penyakit adalah sesuatu yang sangat ingin kita hindari, namun yang namanya penyakit bisa datang kapan saja. Sehebat apapun kita mempersiapkan diri, sebanyak apapun mawas diri, tetap saja yang namanya penyakit bisa datang kapan saja. Apalagi bila penyakit tersebut datangnya mengancam keselamatan calon buah hati anda, dan istri yang anda sayangi. Penyakit adalah sesuatu yang paling ingin kita cegah, namun meskipun beberapa pencegahan dilakukan, bisa saja penyakit itu datang dan menghampiri orang yang anda sayangi . Sungguh pahit rasanya bila penyakit datang, apabila penyakit itu datang maka banyak sekali kerugian yang bisa melanda kehidupan anda, dan ketika , dalam kasusnya adalah istri anda yang terjangkit “ penyakit “ ketika sedang hamil, maka kerugian besar berpotensi anda dapatkan. Seperti kerugian dalam biaya perawatan kesehatan , finansial anda bisa terganggu.

Belum lagi dengan keadaan mental  yang akan membuat anda tidak fokus. Tentu hati manusia gampang sekali mengaalami takut, mengalami yang namanya depresi, apalagi mengalami namanya “ freez “ ketika mengalami kondisi yang demikian. Akan tetapi untuk anda yang sekarang sedang memiliki istri yang terjangkit dengan penyakit ketika sedang hamil, anda tidak perlu cemas. Meskipun, pada dasarnya anda memang diperbolehkan untuk cemas karena yang anda hadapi adalah kondisi dimana kesehatan istri anda, dan keselamatan bayi anda. Meskipun semuanya selamat, belum tentu juga anak anda dapat lahir dengan sempurna, dalam keadaan normal. Anda juga tidak boleh dilematis, apalagi depresi. Serahkan semuanya kepada Tuhan, karena Tuhanlah yang mengatur segalanya. Tuhan yang menentukan keselamatan segala makhluk. Dan sebagai manusia , anda harus memiliki prinsip dalam diri sendiri yakni “ Semua Penyakit Ada Obatnya “ . Bila istri anda sedang mengalami penyakit saat ini di masa kehamilannya ( semoga tidak ) anda harus optimis bahwa keduanya ( istri dan anak anda) akan selamat , dan bayi anda akan selamat lahir ke dunia dengan kesehatan yang baik .

Namun , dalam kondisi berdoa, dan mempersiapkan diri, begitupun untuk menambah wawasan, ada baiknya anda membaca terlebih dahulu penyakit-penyakit apa saja yang bisa menjangkit pada kehamilan di waktu seorang ibu mengandung, dan bukan mendoakan kejadian tersebut, hanya sebatas mempelajari , mengetahui, dan mampu mempersiapkan diri. Banyak sekali peluang istri dan bayi anda akan sehat, juga ada peluang penyakit yang bisa menjangkiti.  Untuk itulah , konsultasikan diri kepada rumah sakit tempat yang akan anda tuju untuk rumah salin anak anda kelak.

 

Beberapa penyakit Yang Sering Menyerang Ibu Hamil sebagai berikut:

1.Anemia

Penyakit anemia biasa sering terjadi pada massa kehamilan, artinya adalah kondisi ibu yang sedang hamil mengalami kadar haemoglobin dibawah 11 gr %  sedangkan kadar haemoglobin yang norma bagi wanita hamil adalah 10,5 g/dL. Apabila kurang maka disebut dengan anemia. Penyebab dari penyakit anemia ini diakibatkan mual selama massa kehamilan, kurang menerima asupan zat besi pada makanan yang di konsumsinya. Gejala anima pada saat kehamilan wajah akan pucat, sakit kepala, letih, rasa lemah, cepat lelah dan kurangnya nafsu makan.

2.Toksoplasma

Toksoplasma adalah Penyakit parasite, parasit ini tidak menyerang manusia akan tetapi dapat berkembang pada tubuh hewan seperti anjing, kambing dan kucing. Biasanya penyakit ini akan menginfeksi seseorang apabila berjalan tanpa alas kaki. Bayahnya parasite ini bisa masuk ke dalam tubuh apabila mengkonsumsi daging yang kurang sempurna kematanganya, sayur – sayur dan buah-buhaan yang belum di cuci saat mengkonsumsinya. Akan tetapi faktanya kebanyakan ibu hamil terserang toksoplasma di karenakan dari hewan peliharaanya salah satu nya kucing. Gejala terkena penyakit toksoplasma bandan akan menjadi demam, badan terasa lemah, sakit kepala, pembengkakan getah bening, tuhub gemetar bahkan bisa terjadi kejang-kerjang dan penglihatan menjadi tergangu.

3.Preeklamsia

Preeklamsia adalah tekanan darah tinggi pada ibu hami dan kelebihan kadar protein dalam urine (proteinuria). Tingginya tekanan darah akan membuat kecilnya pembulu darah di uterus, fungsinya untuk memberikan oksigen dan nutrisi yang di perlukan kepada janin. Hal ini akan mengakibatkan perkembangan bayi pada saat massa kandungan akan menjadi terhambat. Sebaiknya kepada wanita hamil agar untuk terus memrikasakan kandunganya ke dokter sebanyak 3 kali per trimester pertama, kedua dan ketiga. Agar ibu hamil dapat mengetahu perkembangan sang janin.

4.HIV-AIDS

HIV-AIDS bisanya terjadi gangguan pada system kekebalan tubuh dan yang mudah terinfeksi adalah ibu-ibu hamil. Effek dari HIV pada massa kehamilan adalah pertumbuhan intra terhambat dan meningkatnya kelahiran premature, serta berat lebih rendah dari berat normal

5.Malaria

Gejala dari penyakit ini adalah panas tinggi, keluar keringat dan mengigil, sakit kepala dan muntah. Penyakit ini sangat bahaya apabila tidak segera di sembuhkan karena akan menyebabkan keguguran , kematian janin dalam kandungan dan persalinan premature.

6.Kencing Manis

Kencing manis pada saat ibu hami disebut dengan gestational diabetes mellitus. gestational diabetes mellitus adalah Kondisi kadar gula atau glukosa didalam darah melewati batas normal. Kecing manis pada saat ibu hami, biasanya di sebabkan karena saat pancreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin untuk menjaga kadar gula dalam posisi normal.

Penyakit penyakit di atas tadi bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja untuk itu sebaiknya melakukan  Konsultasikanlah ke dokter yang anda percayai. Semoga istri anda sehat, dan anak anda lahir sehat dan normal. Amin…… Semoga membantu !

Terima kasih telah membaca artikel tentang penyakit yang menyerang ibu hamil. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

2 thoughts on “Beberapa Penyakit yang Sering Menyerang Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *