Kanker Payudara Stadium 4 : Kondisi, Ciri-Ciri, dan Metode Pengobatannya

Posted on

Kanker Payudara Stadium 4 – Setelah sebelumnya kita sempat membahas tentang ciri-ciri kanker payudara stadium 1 yang merupakan fase awal dimana sel kanker masih berusaha menyebar,

kita pada saat ini akan membahas tentang kanker payudara stadium 4 yang merupakan fase dimana kondisi penyakit kanker payudara tersebut menjadi sangat parah, akan timbul rasa sakit yang berlebihan di dada kita, dan bahkan bisa menyebabkan terjadi kematian.

Walaupun kesempatan sembuh bisa dibilang sangat tipis, namun penderita diharapkan tetap semangat dan berjuang untuk memulihkan kondisinya karena faktor psikologis juga merupakan salah satu faktor yang bisa menyembuhkan suatu penyakit.

Pada penyakit kanker payudara stadium 4 ataupun merupakan fase paling parah ini sel kanker mengalami fase metastasis.

Kanker Payudara Stadium 4
Kanker Payudara Stadium 4

Fase metastasis ini merupakan fase dimana sel kanker melakukan penyebaran kepada jaringan yang semakin luas, bahkan kepada bagian tubuh yang lainnya.

Penyebaran kanker tersebut akan menjalar ke kelenjar getah bening dan bahkan sel kanker tersebut akan menyebar di bagian zona vital kita misalnya tulang, otak, paru-paru, dan juga hati.

Jika sel kanker tersebut sudah menyebar, maka dikhawatirkan akan terjadi komplikasi dan bahkan menyebabkan timbulnya penyakit yang baru.

Sejauh ini memang belum ditemukan bagaimana cara mengobati penyakit kanker payudara yang sudah stadium 4 dan juga belum ditemukan bagaimana obatnya.

Namun dengan kondisi psikologis yang semangat untuk sembuh, diharapkan penyakit tersebut tidak menjalar ke bagian tubuh lainnya dan akan segera hilang dengan sendirinya.

Kita semua pastinya sangat penasaran dengan ciri-ciri kanker payudara stadium 4 yang merupakan kondisi terparah dalam penyakit kanker payudara.

Untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri, dan metode pengobatan kanker payudara silahkan dapat anda simak dari informasi yang akan kit bagikan di bawah ini.

Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 4 :

  • Terdapat luka (borok) pada payudara
  • Rasa nyeri yang sangat sakit pada payudara
  • Payudara mengeluarkan nanah dan bahkan darah
  • Terdapat benjolan sangat besar di payudara
  • Payudara terasa perih dan panas
  • Berat badan menurun drastis pada waktu yang singkat
  • Terjadi komplikasi dengan penyakit lainnya, atau timbul penyakit baru

Metode Pengobatan Kanker Payudara Stadium 4 :

1.Kemoterapi

Metode ini merupakan salah satu cara mengurangi rasa sakit akibat kanker payudara yang sudah stadium 4 karena metode ini merupakan pengobatan yang dikhususkan bagi penderita penyakit kanker.

Namun tentunya terapi ini memiliki efek samping yang sangat tidak disukai oleh semua orang, yaitu kebotakan dan juga mual-mual.

2.Terapi Hormonal

Terapi hormonal ini bisa membantu anda terutama seorang wanita untuk menumbuhkan hormon yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh anda agar tidak rentan sel kanker kembali menyebar dengan mudah ke tubuh anda.

3.Terapi Biologi

Pada terapi biologi ini, anda diberikan obat yaitu Herceptin yang berfungsi sebagai penyeimbangan protein agar tidak hanya sebagai penyebar sel kanker namun juga sebagai zat pelindung tubuh anda dan melawan keberadaan sel kanker tersebut.

4.Uji Klinis

Uji klinis merupakan metode penelitian dengan menggunakan obat-obatan jenis terbaru ataupun juga menggabungkan jenis obat-obatan yang ada namun juga menurut standart kesehatan yang sudah disetujui bersama.

5.Operasi dan Radiasi

Tindakan operasi adalah salah satu cara yang tidak bisa dihindari untuk mencegah resiko yang lebih besar akibat penyakit kanker payudara yang diderita oleh seseorang.

Karena dengan operasi akan mengangkat sel kanker dan bertujuan agar sel tersebut tidak menyebar kepada bagian tubuh anda yang lainnya.

6.Obat-obatan lain

Obat-obatan lainnya baik itu jamu, maupun obatan herbal yang lainnya mungkin juga dibutuhkan untuk menghindari dan mencegah penyebaran yang lebih parah dari sel kanker yang terdapat dalam payudara anda tersebut.

(Baca Juga : Penyebab Kanker Payudara Yang Perlu Diwaspadai Dibahas Secara Lengkap)

Pencegahan Kanker Payudara Stadium 4

Jika diatas merupakan cara yang bisa anda gunakan untuk mengobati, maka kami juga akan memberikan cara mencegah kanker payudara stadium 4 sebagai berikut.

  • Rajin berolahraga
  • Menjaga berat badan
  • Tidak mengonsumsi makanan yang berbahaya
  • Tidak merokok
  • Tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol
  • Banyak minum air putih
  • Banyak makan buah dan sayuran secara rutin
  • Sering memeriksakan kondisi tubuh ke dokter

Oleh karena itu wajib bagi kita untuk selalu menjalani pola hidup yang sehat dan selalu menjaga kesehatan tubuh kita.

Terima kasih telah membaca artikel tentang kanker payudara stadium 4, ciri ciri kanker payudara stadium 4. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *