Kenapa Harus Mandi Dengan Air Dingin pada Pagi Hari

Posted on

Manfaat Mandi Pagi Hari Mengunakan Air Dingin

Manfaat Mandi Pagi Hari – Ada sebagian orang yang tidak menyukai mandi pagi dengan menggunakan air dingin, dan lebih terbiasa mandi dengan air hangat. Padahal Manfaat Mandi Pagi Hari menggunakan air dingin memiliki banyak manfaat. Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak boleh mandi dengan air hangat, sesekali mandi menggunakan air hangat bisa anda lakukan jika tubuh benar-benar membutuhkannya untuk relaksasi.

Terlalu sering mandi dengan air hangat dipagi hari juga akan menimbulkan berbagai dampak negatif. Diantara dampak negatif yang ditimbulkan, sakit kepala adalah dampak yang sering muncul jika terlalu sering mandi dengan air hangat. Hal itu bisa terjadi dikarenakan adanya perbedaan suhu yang mencolok antara dinginnya udara dipagi hari dengan air yang hangat sehingga menyebabkan tekanan darah dalam tubuh bisa berubah. Selain itu, sering mengunakan dengan air hangat juga bisa menyebabkan pori-pori kulit semakin membesar serta menurunkan kualitas kesuburan.

Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan lebih baik selalu mandi menggunakan air dingin. Selain mendapatkan kesegaran, anda juga bisa memperoleh banyak manfaat jika sering mandi menggunakan air dingin dipagi hari.

Adapun Manfaat Mandi Pagi Hari Sebagai berikut.

1.Sirkulasi darah berjalan lebih baik

Menggunakan air dingin ketika mandi diwaktu pagi hari akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Selain itu, darah juga akan mengalir lebih sempurna menuju ke berbagai organ yang ada didalam tubuh. Hal ini akan sangat berbeda jika anda mandi menggunakan air hangat yang membuat darah bergerak menuju kepermukaan kulit. Dengan memiliki aliran darah yang lancar, maka tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit seperti halnya varises atau hipertensi.

2.Kulit menjadi lebih sehat

Mandi dengan air dingin dipagi hari juga bisa menyebabkan pori-pori kulit mengecil . Dengan mengecilnya pori-pori kulit maka bisa mencegah masuknya berbagai kotoran serta kuman yang bisa menyumbat pori-pori serta menimbulkan jerawat. Selain itu, mandi dengan menggunakan air dingin bisa mengurangi terjadinya pembengkakan pembuluh darah yang menjadi salah satu penyebab munculnya lingkaran hitam pada bagian bawah kelopak mata.

3.Menjadikan rambut lebih sehat

Mandi dengan air dingin juga bisa membuat rambut lebih sehat dan kuat. Hal ini disebabkan karena kutikula pada rambut bisa tertutupi ketika mandi dengan air dingin. Jika kutikula tertutupi, maka kotoran yang akan masuk ke kulit kepala dapat dicegah sehingga rambut menjadi kuat.

4.Bisa meningkatkan kesuburan

Manfaat selanjutnya yaitu meningkatkan kesuburan pada organ reproduksi manusia baik itu hormon estrogen pada wanita maupun hormon testosteron pada pria.  Oleh sebab itu mandi dipagi hari bisa meningkatkan gairah seksual. Sangat di recommendation bagi pasangan yang baru nikah agar cepat memiliki momongan.

5.Meredakan depresi

Mandi pagi dengan menggunakan air dingin sering dijadikan ritual oleh pejuang samurai Jepang pada zaman dahulu. Ritual ini sendiri disebut dengan  misogi dalam bahasa setempat. Misogi dilakukan oleh para pejuang samurai dengan tujuan untuk membersihkan jiwa sehingga membuat pikiran jauh lebih tenang dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

Nah itulah beberapa Manfaat Mandi Pagi Hari yang bisa kita ambil dari mandi air dingin diwaktu pagi hari. Tentunya setelah membaca berbagai manfaat yang telah disebutkan diatas, maka dapat disimpulkan jika mandi pagi dengan air dingin merupakan salah satu kebiasaan yang menyehatkan. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika anda menjadikannya sebagai rutinitas dipagi hari. Dengan memiliki badan yang sehat, maka anda bisa menjalankan rutinitas sehari-hari dengan lancar dan penuh semangat.

Terima kasih telah membaca artikel tentang kenapa harus mandi pagi. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *