Diet Pasca Melahirkan Secara Alami

Posted on

Diet Pasca Melahirkan Secara Alami

Usai melahirkan, banyak sekali keluhan yang dirasakan sang ibu, seperti tubuh yang melebar alias gemuk. Banyak sekali cara yang dilakukan agar tubuh kembali ideal, salah satunya yaitu dengan melakukan diet pasca melahirkan serta melakukan berbagai tips menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan setiap orang, khususnya bagi perempuan. Kegemukan merupakan salah satu hal buruk yang menghambat keidealan tubuh. Tak terkecuali bagi ibu yang baru saja melewati masa melahirkan.

Menurut survey, seorang ibu lebih banyak mengalami kenaikan berat badan pasca melahirkan. Banyak penyebab terjadinya kenaikan berat badan pada ibu pasca melahirkan, seperti pola makan yang tidak teratur saat masa kehamilan. 

Saat masa kehamilan, tidak sedikit para ibu yang salah paham bahkan salah kaprah dalam mengatur pola makannya. Saat hamil, ibu cenderung makan dengan porsi yang lebih banyak. Padahal yang terpenting adalah seberapa banyak asupan nutrisi yang ibu hamil konsumsi.

Sehingga setelah melahirkan, banyak sekali ibu-ibu yang mengalami kenaikan berat badan. Selain pola makan yang tidak teratur, masih banyak lagi penyebab kegemukan yang dialami ibu pasca melahirkan.

Beberapa penyebab terjadinya kenaikan berat badan pada ibu setelah melahirkan yaitu sering mengkonsumsi makanan junk food saat hamil, sehingga terjadinya penumpukan lemak serta gula pada tubuh. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung gula saat hamil.

Dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kadar gula terlalu tinggi dapat mengakibatkan diabetes saat hamil. Sedangkan diabetes sendiri dapat merangsang nafsu makan yang berlebih, sehingga cenderung lebih banyak makan.

Saat hamil bahkan melahirkan, seorang ibu cenderung kurang tidur atau istirahat. Hal tersebut dapat memicu kenaikan berat badan. Tidak hanya soal makanan, rasa stres yang dialami ibu saat hamil maupun pasca melahirkan pun dapat menaikkan berat badan secara drastis.

Penyebab kenaikan berat badan yang dialami ibu hamil selain yang telah dijelaskan diatas yaitu Hypothyroidism. Dimana kenaikan berat badan yang drastis disebabkan karena terjadinya sekresi hormon tiroid. Satu lagi yang menjadi penyebab kegemukan paada ibu pasca melahirkan yaitu jarang atau tidak pernah melakukan olahraga.

Nah, agar tubuh Anda kembali ideal seperti sedia kala, lakukanlah beberapa tips diet pasca melahirkan yang dapat menurunkan berat badan Anda setelah melahirkan sang buah hati.

 

Berikut ini beberapa tips diet pasca melahirkan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan :

1. Menyusui

Seorang ibu memiliki kewajiban memberikan ASI kepada sang buah hati. Dibalik semua itu, ternyata menyusui memiliki banyak sekali dampak positif baik untuk si kecil maupun bagi ibu yang menyusuinya sendiri.

Selain bayi mendapat nutrisi yang baik dari ASI tersebut. Ternyata dengan menyusui dapat menurunkan berat badan. Dengan memberikan ASI eksklusif kepada bayi, dapat mengurangi timbunan lemak yang ada pada tubuh Anda.

Lemak tersebut digunakan untuk memproduksi ASI tersebut, sehingga jika Anda rutin memberikan ASI eksklusif kepada bayi Anda, Anda tidak perlu repot-repot melakukan diet.

Cukup dengan menyusui atau memberikan ASI eksklusif kepada sang buah hati, menjadi alternatif diet yang ramah di kantung alias tidak perlu mengeluarkan banyak biaya namun cukup amuh untuk menurunkan berat badan.

 

2. Mengatur Pola Makan

Pola makan sangat berpengaruh bukan hanya terhadap kesehatan tubuh, melainkan terhadap berat badan Anda. Waktu atau jam makanpun ternyata berpengaruh sekali terhadap kenaikan berat badan. Jadi, usahakan makan secara teratur serta dalam waktu yang tepat.

Hindari makan di atas jam 8 malam. Karena pada waktu tersebut, kemungkinan untuk beraktivitas lagi sangat minim. 

 

3. Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Asupan  makanan yang dikonsumsi sangatlah berpengaruh, baik terhadap kesehatan maupun berat badan. Usahakan untuk mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan setiap hari, khususnya sayuran hijau. 

Sayur dan buah kaya akan nutrisi serta rendah kalori sehingga baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami. Jadi mengkonsumsi sayur dan buah cocok sekali diijadikan tips diet pasca melahirkan agar dapat menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Beberapa sayur dan buah yang cocok dikonsumsi untuk menu diet pasca melahirkan yaitu seperti brokoli, bayam, pisang, buah berry serta jeruk lemon.

 

4. Beraktifitas di rumah

Sebelum melakukan olahraga ekstrim untuk menurunkan berat badan, alangkah baiknya lakukangerakan ringan terlebih dahulu. Karena usai melahirkan, biasanya sang ibu dituntut agar tidak beraktifitas terlalu berat.

Saat Anda sudah merasa vit serta siap beraktifitas, lakukan pekerjaan rumah seperti membersihkan lantai (menyapu dan mengepel), mencuci baju, mencuci piring sebagai bentuk olahraga kecil yang dapat membakar kalori pada tubuh Anda.

 

5. Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang bisa Anda pilih untuk menurunkan berat badan secara cepat setelah melahirkan. Selain menyehatkan, berenang merupakan salah satu olahraga yang mengasyikkan.

Gerakan saat berenang berfungsi untuk membakar kalori atau lemak yang menumpuk pada tubuh Anda. Sehingga dengan melakukan renang secara rutin dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

 

6. Senam Kegel

Olahraga yang sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan setelah melahirkan yaitu senam kegel. Senam kegel merupakan olahraga yang dilakukan dengan tujuan untuk mengencangkan otot, khhusunya otot panggul, otot bawah rahim, kantung kemih serta usus besar.

Dengan  melakukan senam kegel secara rutin, tidak hanya dapat menurunkan berat badan setelah melahirkan. Melainkan dapat mengencangkan otot-otot bawah rahim serta area vagina yang tentunya sangat bermanfaat bagi para ibu.

 

7. Melakukan  Push up

Salah satu bagian tubuh yang paling banyak terdapat lemak adalah perut. Seusai melahirkan biasanya bagian otot perut mengendur bahkan perut mengalami kebuncitan karena banyaknya lemak yang bertumpuk di are tersebut.

Salah satu cara untuk menghilangkan tumpukan lemak padabagian perut adalah dengan melakukan push up secara rutin. Dengan push up otot perut kembali kentang, perut menjadi kempis dan tidak buncit serta dapat menurunkan berat badan seingga tubuh menjadi lebih ideal.

 

8.   Hindari Mengkonsumsi makanan Junk Food

Salah satu penyebab kegemukan adalah terlalu sering atau banyak mengkonsumsi makanan siap saji atau junk food. Agar tubuh Anda tidak mengalami kenaikan berat badan yang membuat tubuh semakin melebar pasca melahirkan adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food.

Makanan siap saji atau junk food selain tidak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, memberikan efek yang kurang baik juga bagi kesehatan tubuh serta menghalangi Anda untuk mendapatkan tubuh yang ideal setelah melahirkan.

 

9. Mengasuh Bayi

Mengasuh atau mengurus anak adalah kewajiban orang tua, apalagi anaknya masih bayi. Mengurus bayi adalah kewajiban bagi sang ibu. Mengasuh anak bayi Anda bisa dijadikan salah satu tips untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Jadi usahakan untuk mengurus bayi Anda sendiri, jangan menyuruh atau membayar orang seperti baby siter untuk mengasuh anak Anda. Dengan mengasuh bayi Anda sendiri, cukup menguras tenaga. Dengan begitu Anda bisa mengasuh anak sekaligus sebagai bentuk olahraga untuk membakar lemak pada tubuh Anda.

Tips diet pasca melahirkan secara alami ini cukup sederhana bahkan tidak memerlukan biaya namun cukup ampuh dalam menurunkan berat badan setelah melahirkan.

(WikiSehat.com)

Terima kasih telah membaca artikel tentang diet pasca melahirkan. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *