Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Dan Cara Mengobatinya

Posted on

Penyebab Sakit Pinggang – Beberapa orang yang setiap harinya melakukan aktivitas berat mungkin akan tiba-tiba terserang sakit pinggang. Hampir setiap hari ada bayak orang yang mengeluhkan sakit pinggang, mulai dari tengah, kanan, dan sakit pinggang sebelah kiri.

Penyebab Sakit Pinggang
Penyebab Sakit Pinggang

Mereka yang merasakan sakit tersebut sering bertanya apa penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang sering mereka alami? Lalu, adakah sesuatu yang berbahaya jika tidak segera diobati atau bagaimana cara mengobati rasa sakit pinggang sebelah kiri tersebut.

Ada banyaknya pertanyaan seputarsakit pinggang sebelah kiri tersebut, pada kesempatan ini, artikel berikut akan membahas dan memberikan informasi seputar penyebab-penyabab yang di pengaruhi dari sakit pinggang sebelah kiri tersebut.

(Baca Juga : Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Tanda Kehamilan )

Keluhan sakit pinggang biasanya ada banyak rasa sakit yang dirasakan, mulai dari merasakan rasa sakit pada pinggang bagian tengah dan menjalar dan akhirnya merasakan rasa sakit pinggang sebelah kiri.

Tidak hanya itu, jika anda merasakan sakit pinggang sebelah kiri kemungkinan juga anda akan merasakan rasa sakit dari pinggang sebelah kiri yang akan menjalar pada bagian paha hingga ke kaki, kemudian juga disertai rasa panas dan kesemutan.

Gejalah lain yang juga bisa dialami adalah sakit perut, sakit saat berkemih (kencing), bahkan ada pula yang mengalami demam. Beberapa gejalah yang dialami tersebut nantinya dapatdigunakan untuk mendiagnosa letak gangguan kesehatan pada pinggang anda, terutama pada bagian pinggang yang sakit sebelah kiri.

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri dan cara mengobatinya

Bagian tubuh pinggang tepatnya pinggang sebelah kiri terdiri atas beberapa jaringan dan organ. Dimana pada bagian tiap-tiap organ memiliki gangguan sehingga mengalami cidera, peradangan, atau bahkan infeksi yang dapat menimbulkan rasa sakit.

Berikut ini akan dibahas tentang penyebab rasa sakit pinggang sebelah kiri yang sering terjadi:

1.Strain, gejalah strain ini dapat diartikan sebagai ketegangan, cidera ringan atau keseleo tepatnya pada alat gerak tubuh pada pinggang sebelah kiri.

Gejalah Strain pada pinggang ini memliki gejala rasa sakit berupa nyeri yang akan memburuk dengan gerakan, batuk, tertawa dan bersin. Nyeri biasanya terlokalisir pada pinggang yang terkena saja.

Srain vs sprain
Srain vs sprain

Beberapa kelompok ototndan ligamen pada tulang belakang yang memiliki fungsi memberikan dukungan dan gerakan pada pinggang suatu ketika dapat mengalami cidera.

Apabilah anda mengalami hal ini anda dapat mengatasinya dengan langkah pertama adalah beristirahat sejenak untuk melakukan peregangan otot.

Atau anda bisa mengompres pinggang sebelah kiri anda dengan es batu selama 20 menit, anda dapat melakukan beberapa kali sehari.

2.Gejalah herniated disc dan skiatika merupakan gejalah dimana tulang-tulang belakang kita memiliki struktur yang memberikan bantalan yang sering disebut disc atau diskus.

Diskus pada tulang belakang ini sewaktu-waktu akan menyusut bahkan juga dapat pecah. Hal ini yang membuat diskus dipaksa untuk keluar dari posisi normal.

Tonjolan diskus menekan saraf
Tonjolan diskus menekan saraf

Sehingga menghasilkan kompresi atau penekanan pada saraf yang berdekatan dalam hal ini yang membuat sayraf pinggang sebelah kiri menjadi sakit.  Untuk pengobatan pada gejalah ini dapat dilakukan dengan pendekatan konservatif, yakni dengan menggunakan terapi fisik.

3.Gejalah infeksi ginjal, infeksi ginjal dapat menyebabkan nyeri pinggang serius. Infeksi biasanya dimulai dari kandung kemih kemudian naik ke ginjal, sehingga ginjal mengalami peradangan dan tentunya timbul rasa sakit pada pinggang sebelah kiri.

(Baca Juga : Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Gejala Batu Ginjal

Rasa sakit tersebut akan semakin memburuk ketika melakukan gerakan atau tekanan pada pinggang. Jika sudah mengalami infeksi ginjal ini anda memerlukan pengobatan dengan bantuan dokter.

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara mengobati sakit pinggang sebelah kiri atau strain pada saat hamil, sakit pada pinggang sebelah kiri dan sakit pada payudara. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *