Sakit Perut Sebelah Kiri yang Terjadi Pada Wanita Inilah Penyebabnya

Posted on

Penyebab sakit perut itu beragam, sehingga kita tidak dapat sembarangan mendiagnosa sakit perut yang sedang kita rasakan. Gejalah sakit perut merupakan sebuah gejalah gangguan kesehatan yang sering dikeluhkan oleh sebagian orang, seperti hal nya sakit perut sebelah kiri pada wanita.

(Baca Juga : Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah Tanda Kehamilan )

Bagi anda yang sering merasakan nyeri atau sakit pada bagian perut, perlu kiranya anda harus berhati-hati. Sebab akan dikhawatirkan anda akan mengalami gangguan kesehatan yang lebih parah. Banyak jenis gangguan kesehatan yang dapat dikatakan serius dengan diawali tanda-tanda sakit perut.

Memang terlihat biasa saja dan wajar jika anda merasakan sakit perut. Namun, jika hal tersebut dirasakan secara terus menerus, maka anda perlu melakukan pemeriksaan.

Apalagi melihat organ perut yang terdiri atas beberapa bagian. Anda harus cermat merasakan rasa sakit pada sebelah mana di perut anda.

Bagi kaum hawa tentunya jangan membuat sepeleh rasa sakit yang sedang anda rasakan, sebab terdapat organ-organ penting yang dapat menimbulkan rasa nyeri jika sedang mengalami masalah.

Artikel berikut ini akan membahas tentang sakit perut sebelah kiri pada wanita. Sakit perut pada wanita harus lebih diperhatikan lagi sebab melibatkan sistem reproduksi.

Jika, kita bicara tentang rasa sakit pada bagian perut wanita ada beberapa penyebab sakit perut pada wanita yang terjadi. Yang perlu anda ketahui adalah Bagian perut sebelah kiri kita terbagi dua, yaitu bagian atas dan bawah.

Perbedaan ini turut memengaruhi penyebab rasa sakit yang Anda rasakan. Penyebab sakit perut sebalah kiri pada wanita secara umum disebabkan oleh:

  1. Kista ovarium
  2. Rasa sakit karena ovulasi.
  3. Endometriosis
  4. Infeksi pada tuba falopi (ovarium)
  5. Terjadi gangguan pada leher rahim.

Kondisi dari gejalah di atas dapat menjadi kondisi serius jika tidak mendapat penanganan lebih intensif.

(Baca Juga : sakit perut Sebelah Kiri Atas Yang Sering Terjadi Tanpa Sebeb )

Hal ini dapat menadikan beberapa gangguan kesehatan khususnya pada bagian reproduksi wanita. Beberapa penyebab serius dari sakit perut sebelah kiri pada wanita adalah:

  1. Aneurisma Aorta Perut, merupakan kebocoran atau pecahnya pembulu darah yang membawa darah dari jantung ke perut. Kondisi ini biasanya menyebabkan rasa sakit pada bagian perut sebelah kiri.
  2. Endomeriosis, merupakan salah satu penyebab utama sakit perut di bagian kiri bawah pada wanita pada usia reproduksi. Ini merupakan salah satu gangguan reproduksi dimana sel-sel endometrium (selaput bagian dalam rahim) yang berkembang di luar rongga rahim. Rasa sakit ini bisa lebih terasa sakit ketika anda sedang mengalami menstruasi.
  3. Kanker

Kemungkinan terbesar dari penyebab rasa sakit perut sebelah kiri pada wanita adalah kanker. Ketika sel kanker tumbuh dan berkembang pada bagian perut sebelah kiri, maka anda akan merasakan rasa sakit yang luar biasa pada perut anda.

Bagian Perut
Bagian Perut

Gejalh lain yang mungkin juga berhubungan dengan kanker pada bagian perut sebelah kiri pada wanita adalah, perubahan dalam kebiasaan buang air besar, konstipasi, kehilangan nafsu makan dan berat badan.

Apabilah anda mengalami gejalah demikian ada baiknya anda segera melakukan pemeriksaan pada medis.

(Baca Juga : Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Gejala Dari Batu Ginjal)

Untuk penanganan pada sakit perut sebelah kiri pada wania harus disesuaikan dengan penyebabnya. Ada yang ditangani oleh perawatan sederhana misalnya, sakit perut sebelah kiri yang disebabkan oleh kondisi ringan.

Namun ada pula yang perlu ditangani dengan mengkonsumsi obat atau dengan penanganan khusus dari dokter jika golongan serius.

Terima kasih telah membaca artikel tentang sebeb sakit pinggang sebelah kiri. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *