Tips Menjaga kesehatan Mata Menurut Para Ahli

Posted on

WikiSehat.com – Mata merupakan salah satu alat indera yang memilki peranan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Untuk itu menjaga kesehatan mata sangat penting untuk dilakukan agar mata tetap sehat dan mampu bekerja secara maksimal. Beberapa orang mungkin sudah mengerti bagaimana cara menjaga dan merawat kesehatan mata. Namun, sebagian yang lainnya mungkin masih belum mengerti bagaimana cara dan tips menjaga kesehatan mata. Semua organ tubuh berasal dari satu lapisan lempeng ebrional yang terdiri dari lapisan endoderm, mesoderm, dan ektoderm. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang dikemukakan seorang ahli mata yairu Prof. Dr. KH Salamun Sastra yang mengatakan bahwa mata secara utuh berasal dari lapisan-lapisan tersebut. Dengan begitu, penyakit atau kelainan dan gangguan pada mata juga berasal dari ketiga lapisan tersebut. Sebenarnya keseahatan pada mata untuk menghindari serangan dari infeksi penyakit telah diciptakan sendiri oleh mata yaitu dengan diproduksinya air mata secara terus menerus. Air mata yang mengalir secara terus menerus dan keluar dari bagian mata dapat membersihkan sisa metabolisme dan bibit penyakit. Zat yang dapat melawan bibit penyakit yang dapat menyerang kesehatan mata adalah Lyzozim. Artikel kali ini akan membahas mengenai tips dan cara menjaga kesehatan mata menurut para ahli.

Cara Menjaga Kesehatan Mata menurut Para Ahli

Walaupun mata dapat menjaga kesehatannya sendiri dengan mengeluarkan zat Lyzozim yang dapat membunuh bibit penyakit, kita juga harus menjaga kesehatan mata melalui cara-cara eksternal. Untuk menjaga kesehatan mata berikut beberapa tips menjaga kesehatan mata menurut para ahli

Periksa Mata secara rutin

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan cara melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Pemeriksaan mata secara rutin dapat anda lakukan untuk menjaga agar mata sehat dan terawat. Anda dapat memeriksanya ke dokter spesialis mata, dengan melakukan pemeriksaan anda akan mengetahui apakah mata sedang dalam keadaan sehat ataukah terindikasi oleh bibit penyakit yang dapat menyerang mata anda dan dapat menyebabkan gangguan pada mata. Dengan melakukan pemeriksaan mata kepada para ahli atau spesialis mata, anda juga dapat mendapatkan solusi dari dokter ahli tentang bagaimana cara menjaga dan merawat mata agar tetap sehat. pemeriksaan mata tidak memandang usia, anda dapat memeriksakan mata setidaknya 2 tahun sekali, untuk orang dewasa yang berumur 40 tahun ke atas dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan 1 tahun sekali untuk menghindari penyakit mata akibat faktor usia seperti glaukoma dan juga katarak.

Jangan biarkan mata lelah

Sama halnya dengan organ tubuh lainnya, mata juga dapat mengalami kelelahan jika terus menerus digunakan dan dipaksa untuk bekerja. Hal yang dapat membuat mata lelah misalnya bekerja di depan layar monitor atau pekerjaan lainnya seperti menulis, menggambar, dan hal lainnya yang membuat otot mata bekerja dan fokus terus menerus. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat menggunakan metode berikut ini untuk mengindari mata lelah.

1. Jurus 20 – 20

Mengatasi mata lelah dapat dilakukan dengan menggunakan jurus 20-20. Maksudnya adalah, setelah 20 menit bekerja di depan layar komputer, sebaiknya anda beristirahat selama kurang lebih 20 detik dengan melihat benda atau objek yang memiliki jarak 6 meter atau setara dengan 20 kaki, akan lebih baik jika anda melihat objek yang berwarna hijau agar mata menjadi segar kembali.

2. Jurus 60 – 10

Anda juga dapat menggunakan jurus ini, sama dengan cara sebelumnya jadi setiap anda bekerja di depan komputer selama 60 menit, usahakan untuk mengistirahatkan mata anda selama 10 menit dengan memandangi objek yang berwarna hijau.

Makan-makanan yang baik Untuk Mata

Menjaga kesehatan mata dapat anda lakukan dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang terbukti dapat bermanfaat dan berkhasiat untuk menjaga mata agar tetap sehat. berikut ini makanan yang dianggap dapat menjaga kesehatan mata menurut para ahli:

1. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A

Untuk menjaga kesehatan mata anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, tomat, pepaya, labu kuning dan buah-buahan yang berwarna kemerahan. Sejumlah makanan yang mengandung vitamin A mengansung beta karotenoid yang dapat membantu untuk menjaga mata anda tetap sehat.

2. Konsumsi sayuran berwarna Hijau

Selain wortel, ternayata sayuran yang memiliki warna gelap juga dapat anda jadikan pilihan untuk menjaga kesehatan mata anda seperti bayam, brokoli, dan kangkung. Hal ini karena sayuran yang memiliki warna gelap mengandung zat lutein dan zeaxanthin yang merupakan karotenoid yang diketahui dapat mengurangi risiko berkembangnya penyakit katarak pada mata dan penurunan penglihatan yang ada pada pusat retina.

3. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Mengkonsumsi makanan yang memilki kandungan antioksidan juga dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan mata misalnya buah berry, jeruk, ceri, dan pulm. Makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu anda meminimalkan terjadinya kerusakan mata akibat radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi. Selain itu makanan yang mengandung anti oksidan juga dapat menurunkan risiko terjadinya pengerasan pada lensa mata yang dapat mengakibatkan mata katarak.

4. Konsumsi asam lemak dan omega-3

Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan omega 3 juga dapat anda jadikan cara agar mata tetap sehat. Ikan salmon, halibut, dan tuna dapat anda konsumsi karena didalamnya terdapat lemak dan omega 3 yang tinggi. Asam lemak dan omega 3 bermanfaat untuk melindungi lensa dan air mata untuk tetap melembabkan mata sehingga dapat menegah terjadinya mata kering dan mencegah proses terjadinya katarak dan penyakit mata lainnya.

5. Multivitamin

Anda dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung multivitamin seperti vitamin B6, C, E, dan B12 serta beta karoten serta mineral seperti temabaga dan seng yang bermanfaat untuk memperlambat perkembangan penurunan fungsi mata dan gangguan pada pusat retina.

Hindari menggosok mata secara kasar

Menggosok mata secara kasar dapat membuat mata anda tidak sehat. sehingga cara untuk merawat dan menjaga mata agar tetap sehat dapat anda lakukan dengan menghindari penggosokan mata secara kasar terutama pada saat mengalami kelilipan atau mata gatal. Pada saat anda menggosok mata secara kasar, ada kemungkinan mata anda akan mengalami goresan dan anda tidak mengatahui bahwa sebenarnya mata anda terluka. Hal ini akan membuat mata rentan terserang virus yang dapat gangguan mata.

Menghindari paparan sinar UV (Ultraviolet)

Salah satu penyebab terjadinya kerusakan mata adalah sinar UV yang dapat menyebabkan pengerasan pada lensa, katarak, dan penurunan fungsi mata lainnya. untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat menggunakan kacamata berwarna gelap saat keluar rumah atau menggunakan kacamata yang memilki lensa anti radiasi yang berfungsi untuk menyaring sinar UV hingga 100%. Selain menggunakan kacamata anda juga dapat menggunakan topi untuk menggunakan topi.

Pola hidup sehat

Selain dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan mata, anda juga dapat melakukan olahraga secara rutin. Penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan olahraga secara rutin, anda dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh berbagai macam penyakit seperti darah tinggi, penyempitan pembuluh darah, dan daibetes.

Itulah beberapa cara dan tip yang dapat anda gunakan untuk menjaga kesehatan mata menurut para ahli. Semoga artikel ini bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel tentang artikel tentang kesehatan mata menurut para tokoh. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *