Apakah Penyakit Mata Floater atau Eye Floater Bisa Disembuhkan

Posted on

WikiSehat.com – Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting bagi manusia karena mata merupakan sumber dari keindahan di dunia. Anda dapat melihat keindahan yang ada disekitar anda dengan menggunakan mata. begitu sangat pentingnya untuk menjaga kesehatan mata agar tidak terjadi hal-hal buruk yang dapat mengganggu penglihatan kita. Gangguan penglihatan dapat terjadi akibat adanya penyakit mata yang disebabkan oleh infeksi atau bakteri yang menyerang mata atau hal-hal lainnya yang dapat membuat syaraf mata menjadi rusak. Salah satu gangguan mata yang harus anda ketahui adalah eye floater. Gangguan mata floater mungkin masih jarang dikenal oleh masyarakat secara umum Artikel kali ini akan membahas secara mendalam mengenai eye floater atau penyakit mata floater dan cara penyembuhan Eye Floater

Apa itu Eye Floater?

Eye floater merupakan gangguan mata secara ilmu kedokteran dapat diartikan sebagai suatu endapan atau kondensasi yang berada di dalam selai mata seperti sebuag kaca. Orang biasa menyebutnya eye floater untuk menggambarkan noda-noda yang mengambang di dalam penglihatan yang merkea lihat di sekelilingnya. Eye floater biasanya ditandai dengan adanya gangguan semacam tahi lalat atau noda-noda hitam yang beterbangan di daerah pandangan anda. pengertian dari floater sebenarnya diambil dari kata float dalam bahasa inggris yang artinya melayang atau mengambang yang digunakan dalam istilah kesehatan. Gejala floater biasanya akan sangat jelas terlihat pada saat kita memandang atau melihat objek berwarna putih misalnya kertas putih, layar komputer, dinding berwarna putih dan lainnya. adanya gejala floater ini memang sangat mengganggu dan memberi ketidaknyamanan bagi si penderitanya.

Penyebab Eye Floater

Floaters merupakan gumpalan serbuk atau jel kecil yang ada di dalam vitreous (cairan serupa Jel). Vitreous humor merupakan selai yang menempati 2/3 bagian belakang mata yang mengisi rongga mata. floaters akan tampak seperti berada di bagian depan mata, namun sebenarnya floater terjadi di dalam cairan vtreous yang menyebabkan bayangan mengapung di dalam mata sehingga bayangan akan jatuh pada retina. Retina merupakan lapisan dalam mata yang sangat sensitiv sekali terhadap cahaya. Dengan menggerakkan mata ke atas dan ke bawah floaters yang ada dalam vitreous akan bergerak menjauhi garis pandang lurus di mata anda. Floaters biasanya terjadi akibat proses penuaan yang normal terjadi karena cairan vitreous mengalami degenerasi.

Bentuk Eye Floater

Hal yang diungkapkan oleh penderita eye floaters menjelaskan bahwa bentuk floaters dapat berupa noda-noda, garis-garis berliku, benang-benang dan juga gumpalan-gumpalan yang berbentuk C dan O. Warna dari noda –noda hitam atau bintik-bintik yang dilihat oleh penderita ada yang berwarna hitam dan ada juga yang berwarna abu-abu. Kepadatan dari eye floaters dapat berbeda-beda dan bervariasi di setiap mata individu. Eye floaters secara jelas dapat terlihat pada kondisi dan cahaya tertentu. Eye floaters biasanya akan selalu tampak lebih gelap dari pada background yang kita lihat didalam kegelapan atau dengan mata tertutup.

Penyebab terjadinya Eye floaters

Beberapa hal yang menjadi penyebab adanya gangguan mata seperti eye floaters adalah sebagai berikut:

1. Faktor Usia / Penuaan

Proses penuaan dapat menjadi penyebab terjadinya eye floaters. Hal ini karena pada saat kita mengalami proses penuaan secara tidak langsung cairan vitreos yang merupakan cairan dalam bola mata mulai berkurang kekenyalannya dan terjadinya pendarahan pada mata yang dapat disebabkan oleh beberapa hal misalnya trauma, diabetes, hipertensi, komplikasi dan lainnnya, abalsi retina yaitu terlepasnya retina dari tempatnya, dan adanya uveitis posterior. penyebab adanya floaters salah satunya terjadi karena adanya penciutan atau pengerutan pada badan kaca (Aquos Humor) yang disebabkan oleh faktor usia sehingga badan kaca menempel pada retina akibat pengerutan badan kaca.

2. Penderita Miopi (rabun Jauh)

Rabun jauh (miopi) yang terlalu tinggi (minus tingkat tinggi) yang diderita oleh seseorang dapat pula menjadi penyebab adanya eye floaters. Floaters pada mata dapat menunjukkan terjadinya gangguan pada bagian retina mata. Munculnya floaters disebabkan oleh adanya penggumpalan cairan pada bagian vitreous yang ada di bagian dalam rongga mata pada penderita miopi/rabun jauh

3. Operasi Mata

Beberapa hal lainnya yang juga dapat dianggap sebagai penyebab terjadinya floaters adalah orang yang baru saja melakukan operasi mata. operasi mata yang dapat dilakukan misalnya operasi katarak yang dapat menyebabkan radang pada badan kaca. Selain itu penyabab lainnya adalah faktor bawaan yang sudah ia dapatkan sejak lahir.

Cara mencegah dan menangani Gejala Floaters pada Mata

Untuk mencegah terjadinya floaters anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

1. Perbanyak konsumsi makanan sehat

Salah satu cara mencegah terjadinya eye floaters adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung antioksidan seperti makanan laut, wortel dan pocai. Makanan laut dapat anda jadika pilihan untuk mencegah terjadinya eye floaters karena makanan laut mengandung banyak zat yodium yang dapat mencegah timbulnya sindrom floaters

2. Perhatikan cahaya yang ditangkap oleh retina mata

Ketika keluar di hari yang panas, hindari sorotan langsung sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari terhadap bagian mata karena intensitas cahay yang berlebihan juga dapat menjadi pemicu terjadinya eye floater. Begitu juga bagi seseorang yang sering menatap layar komputer perlu untuk melindungi matanya dengan cara memeriksakan mata secara rutin dan mengkonsumsi makanan sehat seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Untuk penderita rabun jauh, agar tidak terkena eye floaters gunakanlah kacamata yang cocok sehingga dapat meminimalisir adanya kepenatan daya lihat. Selain itu perhatikan juga intensitas cahaya disekitar anda dan lakukan olah raga secara rutin agar badan anda segar bugar dan memperkuat stamina.

Cara menyembuhkan Floaters Eye

Floaters eye ternyata dapat disembuhkan. Anda dapat menyembuhkannya dengan melakukan hal-hal berikut ini

1. Bedah atau Operasi

Untuk menghilangkan gangguan floaters eye anda dapat melakukan operasi laser atau emvitrectomy. Operasi emvitrectomy dapat dijadikan pilihan untuk menghilangkan vitreous humor bersama dengan puing-puing atau gumpalan yang mengapung di dalamnya dengan mengantikannya dengan larutan garam. Operasi ini dianggap sebagai operasi yang secara efektif eye floaters tetapi tidak termasuk untuk mengatasi komplikasi gangguan mata seperti infeksi mata, katarak yang berkembang dan kerusakan pada retina.

2. Perawatan secara Holistik / secara Herbal

Untuk menyembuhkan eye floaters anda dapat mencoba alternatif perawatan holistik. Perawatan holistic merupakan jenis perawatan yang melibatkan gizi dan nutrisi dan perubahan gaya hidup dengan menggunakan suplemen alami. termasuk di dalamnya adalah pengobatan secara alami. Anda dapat melakukannya dengan beberapa hal berikut ini:

  • Mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung ekstrak herbal.
    Pada saat ini, banyak perusahaan yang memproduksi obat herbal yang dapat digunakan untuk mengobati floaters eye. obat herbal dapat merevitalisasi vitreous humor sehingga pemulihan fluiditas dan mata menjadi normal
  • Vitamin C dan Kolagen
    Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan kolagen untuk memperbaiki protein yang hadir di mata dan dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk mata.

Itulah beberapa penjelasan mengenai floaters eye. semoga artikel ini bermanfaat, jika berkenan share artikel ini kepada teman kalian lainya. Terimakasih.

Terima kasih telah membaca artikel tentang kata lai dari penyakit beda warna bola mata. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *