Makanan Terbaik Untuk Meningkatkan Kesehatan Paru

Posted on

Kesehatan tentu saja menjadi keinginan untuk setiap orang, untuk itu berbagai macam cara digunakan guna menjaga agar tubuh terbebas dari segala macam penyakit. Ada banyak makanan berbeda yang bisa membantu tubuh kita dan meningkatkan kesehatan dengan berbagai cara. Dalam artikel wikisehat.com ini akan dibahas tentang makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru. Karena tanpa kita sadari, paru merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi sebagai tempat menampung oksigen saat bernafas. Banyak sekali makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru, misalnya kacang-kacangan, salmon, bayam, labu, jahe, wortel, sayuran collard, bawang putih, jeruk dan banyak lagi.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

Kesehatan Paru

Salah satu organ yang paling penting dan terus-menerus digunakan di tubuh kita adalah paru-paru, hal itu membuatnya sangat penting untuk dilindungi. Setiap saat paruyang kita miliki terus bekerja keras untuk memberi oksigen ke tubuh kita, bahkan saat kita istirahat. Terlepas dari pentingnya organ pemberi kehidupan ini, banyakorang secara sadar atau tidak sadar membuat kesehatan paru mereka dalam bahaya setiap hari, baik dalam bentuk merokok, polusi industri, pola makan yang buruk, kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat, masalah kesehatan yang belum terselesaikan dan masih banyak lagi. Banyak orang tidak menyadari sejauh mana penyakit paru-paru mengancam populasi manusia. Puluhan juta orang menderita penyakit paru di seluruh dunia, dan mereka membunuh jutaan orang setiap tahunnya. Banyak sekali masalah kesehatan yang timbul akibat kondisi paru yang tidak baik, seperti Asma, bronkitis, kanker paru, fibrosis kistik, alergi, COPD, dan banyak lagi masalah kesehatan yang berasal dari gangguan paru yang menyebabkan kualitas waktu hidup lebih singkat.

Banyak sekali macam cara yang dapat digunakan demi menjaga kesehatan paru, contohnya yaitu teknik pembersihan, dengan cara berhenti merokok, mengurangi paparan semua jenis bentuk polusi udara dan banyak strategi lain yang dapat dieksplorasi untuk memperbaiki kesehatan paru dan banyak di antaranya cukup efektif. Namun, tanpa kita sadar cara menjaga kesehatan paru yang paling mudah yaitu dengan makanan. Untuk beberapa alasan, orang tidak segera menerapkan perilaku diet mereka yang sehat untuk menunjang kualitas kesehatan paru mereka, padahal hal itu berkaitan erat. Diet bisa menjadi salah satu cara tercepat dan paling efektif untuk meningkatkan kesehatan paru dan melindungi diri dari segala macam penyakit paru yang mungkin timbul dari kebiasaan hidup yang kurang baik. Sekarang, mari kita menggali sedikit lebih dalam beberapa makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru.

Makanan Terbaik Untuk Meningkatkan Kesehatan Paru

Makanan Terbaik Untuk Meningkatkan Kesehatan Paru

1. Kacang dan biji-bijian

Tanpa kita tahu bahwa kacang dan biji-bijian adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru. Asam folat dalam kacang sangat penting, ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa rendahnya asam folat dalam tubuh berpengaruh pada PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik) yang merupakan salah satu kondisi paru yang paling sering ditemukan dan berbahaya. Anda dapat mengkonsumsi kacang hitam, lentil ataupun polong dalam makanan, dan beberapa jenis kacang tersebut sangat mudah diampur dengan makanan. Kacang dan biji-bijian juga sangat baik karena mengandung magnesium yang tentu sangat baik untuk kesehatan paru yang dapat membantu mencegah terjadinya kejang pada saluran pernapasan yang diakibatkan oleh asma dan dapat membantu relaksasi dan kontraksi pada otot halus yang terdapat di saluran pernapasan.

2. Salmon

Asam lemak omega-3 telah dikaitkan secara ilmiah dengan aktivitas anti-inflamasi di seluruh tubuh, dan banyak organ spesifik, termasuk paru-paru. Asma bisa menjadi penyakit paru-paru yang sangat melemahkan dan berbahaya, namun kualitas anti inflamasi dan antioksidan dari asam lemak omega-3, yang banyak ditemukan pada salmon, makarel, kacang-kacangan dan biji-bijian, dapat membantu mengurangi gejala dan melindungi dari serangan. Untuk itu asam lemak omega-3 yang terdapat dalam salmon dapat membantu secara bertahap penyembuhan asma, dan menjadikan salmon sebagai salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru.

3. Blueberry

Makanan super ini masuk ke daftar makanan wajib dikonsumsi paling banyak, dan dengan alasan yang bagus. Pasokan antioksidan, polifenol, anthocyanin, vitamin E dan senyawa organik kuat lainnya yang terkandung dalam blueberry kecil ini sangat terkenal dengan anti kanker, tidak hanya itu blueberry juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru karena mengandung anti inflamasi yang mampu melindungi paru dan mencegah berbagai macam infeksi umum yang dapat mengancam saluran pernapasan.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

4. Jahe

Jahe merupakan salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru, selama ini jahe dikenal sebagai salah satu makanan yang dapat mendetoksifikasi tubuh dan membersihkan saluran pernapasan. Adanya kandungan antiinflamasi pada jahe mampu membersihkan paru dari lendir yang biasanya terkumpul akibat batuk. Dengan menambahkan jahe dalam masakan dan juga minuman hangat tentu saja memiliki efek yang baik untuk paru. Jahe juga sudah lama terkenal sebagai makanan yang dapat mengeluarkan toksin dari saluran pernapasan dan menjaga paru agar tetap aman.

5. Kale

Seperti kebanyakan sayuran cruciferous lainnya, kale dikemas dengan senyawa dan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Selain kandungan seratnya yang kaya, kale mengandung fitonutrien khusus yang membantu mempertahankan tubuh kita melawan perkembangan sel kanker. Senyawa organik aktif dalam kale, seperti quercetin dan ferulic acid, juga membantu menurunkan stres oksidatif pada sel dan organ tubuh kita, mengurangi risiko kanker. Sayuran terkenal selain kale termasuk bayam dan sayur collard juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru.

6. Bawang putih

Banyak sekali manfaat bawang putih bagi tubuh kita, yaitu sebagai salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru. Bang putih memiliki zat bernama allicin yang dapat membantu untuk melawan infeksi dan juga mengurangi peradangan pada paru. Allicin merupakan zat yang sangat baik terutama untuk penderita asma dan infeksi paru. Bawang putih juga memiliki kandungan antibakteri yang mampu menguragi gangguan yang sering terjadi pada penyakit pernapasan seperti radang tenggorokan. Selain jahe, bawang putih juga dapat digunakan untuk mendetoksifikasi paru.

7. Wortel

Karotenoid sering dikaitkan pada berkurangnya kejadian kanker paru di sejumlah penelitian yang ada, dan salah satu sumber terbaik untuk karotenoid adalah wortel. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat penuh adalah dengan memakan wortel dalam keadaan mentah, bukan mengukus atau memasaknya. Tidak hanya itu saja kandungan antioksidan wortel sangat luar biasa dan bisa menjadi jalur pertahanan yang kuat melawan kanker paru dan menjadikan wortel sebagai salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru.

8. Jambu biji

Buah dan sayuran yang mengandung vitamin C tinggi tidak hanya meningkatkan aktivitas antioksidan yang mencegah kanker, namun juga memiliki khasiat antivirus tertentu yang menjaga kesehatan paru-paru, terutama melawan pneumonia dan penyakit paru umum lainnya. Jambu biji memiliki sejumlah besar vitamin C per porsi, jadi menambahkan buah eksotis ini ke makanan adalah suatu keharusan jika rentan terhadap infeksi paru. Maka tidak heran jika jambu biji termasuk dalam makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru.

9. Labu

Mungkin saja labu tidak termasuk sebagai pilihan utama dalam daftar diet sehat tetapi jangan salah labu termasuk dalam makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru. Labu merupakan sumber potassium, magnesium, vitamin C, dan karotenoid yang terkonsentrasi membuat makanan musiman ini ideal untuk melindungi kesehatan paru. Banyak nutrisi dalam labu telah diidentifikasi dan dikaitkan dengan tingkat stres oksidatif dan kanker paru yang lebih rendah.

10. Biji Rami

Makanan sederhana ini telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat pada paru, termasuk peningkatan regenerasi dan perbaikan jaringan paru, dan bahkan menambahkan kekuatan untuk mencegah kerusakan di masa depan. Biji rami sangat membantu setelah perawatan radiasi untuk kanker paru dan juga mempercepat proses penyembuhan gejala yang timbul setelah radiasi. Menambahkan biji rami ke makanan adalah pilihan yang sangat bijaksana.

11. Apel

Sementara semua buah bermanfaat untuk kesehatan paru-paru karena kandungan vitamin C mereka yang tinggi, apel sangat kaya akan antioksidan, dan juga memiliki banyak serat. Telah ada hubungan penelitian langsung antara terjadinya asma dan kanker paru-paru dengan frekuensi asupan apel. Dalam sebuah apel mengandung betakaroten, vitamin E, vitamin C dan juga flavonoid yang baik untuk kesehatan paru dan terhindar dari berbagai macam radikal bebas seperti polusi udara dan rokok. Untuk itu apel termasuk dalam makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru.

12. Kunyit

Bahan aktif dalam kunyit adalah kurkumin, yang telah dikaitkan berkali-kali dengan pencegahan dan pengobatan kanker. Potensi antioksidan sudah dikenal, namun kapasitas antiinflamasi kunyit juga mengesankan karena dapat membantu mengurangi asma dan infeksi paru-paru lainnya.

13. Air Putih

Hidrasi adalah kunci untuk kesehatan secara keseluruhan, karena memastikan tubuh memiliki cukup air sangat penting untuk kesehatan paru-paru. Penghapusan toksin dan efisiensi fungsi paru-paru didasarkan pada air yang ada di sel dan jaringan paru-paru. Seperti yang sering terjadi, kesehatan manusia selalu dimulai dan berakhir dengan dibutuhkannya air dalam tubuh. Karena air membantu sirkulasi darah ke seluruh tubuh untuk itu air sangat penting sekali dalam kehidupan.

Berikut telah dibahas mengenai berbagai macam makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan paru yang mungkin sering dijumpai tetapi tidak termasuk dalam diet sehat. Ingat jika bukan dari sekarang memulai kapan lagi, karena kesehatan itu berawal dari kesadaran menjaga apa yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.