9 Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Untuk Tubuh

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan pisang ?, pasti seluruh masyarakat Indonesia sudah mengenal buah yang satu ini. Sebelumnya sudah membahas tentang Manfaat Buah Naga Untuk Tubuh Kita  Saat ini pisang juga banyak dikonsumsi dan mudah ditemukan di Indonesia.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]

 

Bahkan hampir seluruh pulau di Indonesia ditumbuhi oleh pohon pisang. Semua bagian dari tumbuhan pisang juga dapat dimanfaatkan, mulai dari jantung pisang, batang, dan tentu juga buahnya. Selain itu, daun pisang juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia menjadi bungkus atau alas makanan tradisional.

Manfaat Buah Pisang

  Buah pisang sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu tumbuh kembangnya janin dalam kandungan. Hal tersebut dikarenakan buah pisang mengandung banyak nutrisi seperti halnya asam folat dan kalium. Selain itu pisang juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin B kompleks, magnesium, zat besi, fosfor, dan kalsium. Untuk lebih mengetahui tentang manfaat buah pisang, (baca juga: Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh)  anda bisa simak yang berikut ini.

  1. Sumber energi

Buah pisang mengandung berbagai jenis gula alami seperti fruktosa, sukrosa, dan juga glukosa. Kandungan gula alami tersebut mampu dengan cepat diubah oleh tubuh menjadi suatu energi. Oleh sebab itu pisang bisa menjadi salah satu sumber energi alternatif selain nasi.

  1. Mengobati maag

Siapa sangka jika pisang bisa menjadi salah satu solusi untuk meredakan rasa perih pada bagian perut. Hal ini disebabkan karena pisang memiliki kandungan zat anti asam sehingga bisa mengurangi asam lambung berlebih yang bisa menyebabkan sakit maag.

  1. Baik untuk darah

Pisang banyak mengandung vitamin B6 yang sangat baik untuk darah. Vitamin B6 sendiri memiliki peran yang sangat dalam hal produksi hemoglobin serta antibodi didalam darah. Oleh sebab itu mengonsumsi pisang secara teratur bisa menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang.

[device] [/device] [notdevice] [/notdevice]
  1. Menurunkan resiko serangan stroke

Kandungan potasium yang terdapat pada buah pisang dipercaya mampu mencegah terjadinya stroke. Hal tersebut sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian, dimana orang yang sering mengonsumsi pisang dapat menurunkan resiko kematian akibat stroke hingga mencapai 40 persen.

  1. Menjaga kesehatan usus

Buah pisang mempunyai serat sekitar 2,5 gram dan sebagian besar dari serat tersebut merupakan serat larut. Maka dari itu mengonsumsi pisang bisa membantu usus untuk mengeluarkan sesuatu yang dianggap buruk dalam sistem pencernaan.

  1. Mengontrol fungsi jantung

Buah pisang mengandung potasium yang berperan penting untuk menjaga keseimbangan cairan serta elektrisitas yang terjadi didalam aliran darah. Selain itu, vitamin C dan flavonoid yang terdapat pada buah pisang juga bersifat antioksidan sehingga bisa mencegah proses oksidasi lemak yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung anda.

  1. Menjaga kesehatan mata

Selain wortel, pisang ternyata memiliki banyak kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Setidaknya terdapat 10 mikrogram vitamin A yang terdapat pada buah pisang. (Baca Juga : Makanan-Makanan Ini yang Membuat Tubuh anda Menjadi Awet Muda)

  1. Mengatasi anemia

Terdapat banyak kandungan zat besi pada buah pisang. Zat besi inilah yang sangat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Jika anda mulai merasa anemi, segera konsumsilah buah yang berwarna kuning ini.

  1. Mudah dicerna

Bagi anda yang sedang mengalami gangguan pencernaan, anda bisa coba mengonsumsi pisang. Karena menurut penelitian terbaru, pisang adalah buah-buahan yang paling mudah untuk dicerna.

Nah itulah beberapa manfaat buah pisang yang harus anda ketahui. Mengingat banyaknya manfaat yang diperoleh, maka tidak heran jika saat ini pisang menjadi buah-buahan yang wajib dikonsumsi setiap hari. Namun untuk menjaga kesehatan tetap prima, anda juga harus membarenginya dengan melakukan olahraga secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.