Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1 dan Penanganannya

Posted on

Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1 – Kanker payudara merupakan dampak dari sel kanker yang semakin berkembang dan semakin membesar terdapat di dalam payudara manusia, terutama bagi kaum hawa.

Penyebab terjadinya kanker payudara ini sudah kita bahas pada artikel sebelumnya bahwa dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi penyakit yang sangat ditakuti oleh seorang wanita ini.

Salah satu faktor yang sangat umum terjadi di dalam penderita kanker payudara dikarenakan keadaan gen ataupun faktor keturunan yang memang sangat sulit untuk kita hindari.

Selain faktor genetik yang merupakan hasil kodrat alam, faktor gaya hidup juga merupakan faktor penyebab kanker payudara paling banyak diderita oleh penderita kanker payudara saat ini.

Dalam penyakit kanker payudara, terdapat beberapa tahapan sel kanker tersebut berkembang pada payudara seseorang. Sama seperti kebanyakan penyakit lainnya, tahapan-tahapan penyakit ini juga disebut sebagai stadium.

Dimana stadium awal merupakan tahapan dimana sel kanker tersebut mulai menjalar ke bagian-bagian lainnya dari payudara seorang wanita.

Selain itu juga terdapat stadium akhir dimana penyakit tersebut sangat parah dan bisa jadi akan menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Antara stadium awal dan juga stadium akhir terdapat beberapa stadium lainnya dimana tingkat stadium tersebut diukur dari tingkat keparahan penyakit tersebut.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri kanker payudara stadium 1 yang merupakan stadium pertama setelah stadium awal.

Pada stadium 1 ini mungkin gejala penyakit kanker payudara yang diderita belum terlalu parah dan dampaknya belum penuh dirasakan oleh penderitanya.

Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1

Lalu bagaimanakah ciri-ciri kanker payudara stadium 1? Untuk lebih jelasnya kita akan jelaskan pada penjelasan di bawah ini.

Ciri-ciri payudara stadium 1 :

  1. Terdapat benjolan di sekitar payudara, dimana benjolan tersebut berbeda dengan sekitarnya baik dalam hal warna, bentuk, maupun ukuran. Dan yang perlu anda ingat pada kanker payudara stadium 1 bahwa benjolan tersebut tidak memberikan rasa nyeri kepada payudara anda.
  2. Ukuran benjolan yang terdapat di payudara anda tersebut tidak lebih dari 2 cm.
  3. Jika payudara dipencet, maka akan timbul cairan putih yang keluar dari puting anda. Namun tidak berbau dan tidak terasa nyeri.
  4. Kulit payudara menjadi mengkerut dan tampak seperti kulit jeruk

Untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara stadium 1 ini tidaklah terlalu sulit dan tidak mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Karena memang ciri-ciri kanker payudara ini sangat mudah dikenali dan sangat mudah anda rasakan. Bagi kaum hawa jika sudah memiliki ciri-ciri di atas, sebaiknya segera memeriksakan keadaannya ke dokter.

Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1

Waktu yang tepat untuk memeriksa adalah saat seminggu setelah terjadinya menstruasi karena waktu itulah hormon estrogen dan progesteron berada pada kadar yang cukup rendah.

Hormon tersebut mampu mengontrol besar kecilnya ukuran dan bentuk payudara anda. Beberapa hal yang patut anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Perhatikan payudara dengan posisi kedua tangan di atas kepala kemudian kedua tangan di pinggang.
  2. Angkat tangan kiri ke atas kepala.
  3. Gunakan permukaan jari yang rata untuk meraba atau menekan payudara serta pastikan untuk menyentuh seluruh bagian payudara. Pola yang digunakan bisa dengan gerakan arah memutar, gerakan arah naik dan turun atau arah keluar dan masuk area putting. Usahakan menggunakan gerakan yang sama setiap bulannya.
  4. Menekan setiap puting dengan lembut dan memperhatikan apakah ada cairan yang keluar.
  5. Memeriksa daerah antara payudara dan ketiak serta payudara dan tulang dada sambil berbaring.
  6. Mengulangi semua langkah tersebut untuk payudara yang sebelah kanan.

Penanganan kanker payudara stadium 1

Untuk menangani kanker payudara stadium 1 tersebut perlu diperlukan tindakan yang segera dan sebaiknya tidak terlambat dalam penanganannya.

Untuk itu, apabila anda menemukan gejala-gejala kanker payudara yang kami sebutkan di atas pada diri anda, maka sebaiknya segera anda memeriksakannya kepada dokter agar segera diketahui bahwa kanker anda tersebut merupakan tumor jinak atau tumor ganas.

Pemeriksaan secara rutin sebaiknya sudah anda lakukan sejak dini karena memang setiap wanita sangat rentan menderita penyakit ini.

Hal yang perlu anda hindari adalah menambahkan silikon pada payudara anda karena hal itulah yang menjadi salah satu penyebab kanker payudara semakin mudah berkembang.

Terima kasih telah membaca artikel tentang ciri kanker stadium 1. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *